Cara Menghindari Burn-In Pada Layar OLED iPhone / Smartphone Android

Layar OLED atau Organic Light-Emitting Diode adalah teknologi layar dengan ketajaman gambar dan akurasi warna yang sangat tinggi namun tetap menggunakan daya baterai yang lebih rendah, kebanyakan hanya smartphone kelas menengah hingga kelas atas saja yang biasanya menggunakan layar OLED ini karena harganya yang cukup mahal dibandingkan dengan layar LCD, contohnya saja seri iPhone X, Samsung Galaxy S / Note, Huawei, Oppo, Xiaomi dan lain sebagainya yang menggunakan layar OLED juga.


Namun dibalik keindahan layar OLED ini tersimpan satu masalah yang cukup sering dikeluhkan pengguna, yaitu layar OLED mengalami Burn-In atau retensi gambar, masalah ini terjadi ketika layar OLED terus menerus menampilkan tampilan gambar yang sama dalam waktu yang cukup lama tanpa bergerak sehingga ketika layar berubah tampilan maka layar sebelumnya seperti masih ada pada layar dalam bentuk bayangan tipis atau bercak.

Nah bagi kalian pengguna Smartphone dengan layar OLED perlu diperhatikan untuk tetap menjaga agar smartphone kalian tidak mengalami layar Burn-In, berikut adalah tips untuk pencegahan layar Burn-In atau Retensi Gambar:

Update ke iOS atau OS Android Terbaru

Biasanya dengan mengupdate ke OS versi terbaru masing-masing platform akan mencegah terjadinya masalah Burn-In pada layar.

Jangan Gunakan Kecerahan Penuh Terus Menerus


Menggunakan Kecerahan penuh pada layar OLED secara terus-menerus adalah salah satu hal yang harus dihindari, dengan penuhnya kecerahan layar akan mempercepat proses burn-in pada layar OLED.

Kurangi Waktu Kunci Otomatis


Kunci otomatis atau Auto Lock merupakan fitur penguncian layar secara otomatis apabila tidak digunakan dalam rentang waktu tertentu, sangat disarankan untuk menggunakan kunci layar otomatis dengan durasi lebih pendek.

Gunakan Kecerahan otomatis


Kecerahan otomatis dapat menyesuaikan tingkat kecerahan layar dengan keadaan sekitar, fitur ini sangat berguna untuk menjaga agar layar tidak menjadi terlalu terang, untuk menyalakan kecerahan otomatis untuk pengguna iOS silakan masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks, untuk pengguna Android masuk ke Pengaturan > Tampilan.

Ya itu saja beberapa tips yang dapat kalian ingat untuk menjaga agar layar smartphone OLED kalian tidak mengalami Burn-In, perlu diketahui juga Burn-In ini tidak berlaku bagi pengguna smartphone yang masih menggunakan layar LCD.

Sekian dulu informasi yang dapat saya bagikan, apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau bahkan ada yang mau menambahkan? silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!