Cara Install Aplikasi IPA di iOS Tanpa Jailbreak

iOS adalah sistem operasi yang di gunakan oleh iPhone, iPod dan iPad, iOS merupakan sistem operasi tertutup dan sangat sulit untuk melakukan modifikasi termasuk menginstall aplikasi di luar toko resmi App Store, seiring berjalannya waktu komunitas-komunitas pengguna iOS tidak kehilangan akal, munculah dunia iOS jailbreaking yang bisa membuka secara luas sistem operasi iOS sehingga mudah di modifikasi ataupun menginstall aplikasi di luar App Store.


Lalu bagaimana jika tidak melakukan jailbreak apakah masih bisa menginstall aplikasi di luar App Store?

UPDATE : Cydia Impactor sedang mengalami masalah, sebagai alternatif lainnya kalian dapat menggunakan AltStore : Cara Install File IPA Di iPhone Dengan AltStore Tanpa Komputer / Jailbreak

Cydia Impactor

Jailbreaking dari hari ke hari semakin sulit karena apple sendiri tidak menyukai sistem operasinya di acak-acak, maka dari itu hadirlah solusi untuk menginstall aplikasi tanpa jailbreaking seorang hacker yang terkenal dalam dunia jailbreaking, Jay Freeman menciptakan sebuah program yang mampu menginstall aplikasi IPA ke dalam perangkat iOS, program ini bernama Cydia Impactor.


Cydia Impactor merupakan sebuah program gratis yang dapat di install oleh pengguna Windows, Linux maupun Mac,

Kelebihan dan Kekurangan dari Aplikasi Cydia Impactor

Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam menggunakan aplikasi Cydia Impactor yang perlu kalian ketahui, diantaranya :

> Aplikasi IPA yang di install hanya bertahan 7 hari jadi setelah 7 hari aplikasi harus di install ulang, kecuali kalian memiliki Apple ID dengan status developer sehingga aplikasi bisa bertahan sampai 1 tahun, harga untuk program developer sendiri adalah $99 atau 1.4 jutaan.

> Program ini hanya tersedia melalui komputer dan tidak dapat langsung digunakan melalui perangkat smartphone.

> Cydia Impactor membutuhkan Apple ID, jadi silahkan siapkan dulu Apple ID kalian atau jika ragu dengan keamanan, kalian bisa membuat Apple ID baru.

> Cydia Impactor juga membutuhkan koneksi internet.

Siapkan Juga...

Jika sudah bisa menerima kekurangan dan kelebihan cara ini, sebelum melanjutkan silahkan siapkan dulu :

  1. Komputer / Laptop yang sudah terinstall iTunes
  2. Apple ID baru ( rekomendasi ) atau milik kalian ( resiko tanggung sendiri )
  3. Koneksi internet
  4. Kabel Data
  5. File dengan format .IPA yang akan di install
  6. Program Cydia Impactor yang bisa di dapatkan melalui link berikut :

DOWNLOAD program Cydia Impactor

Bagi yang belum menginstall dan memiliki aplikasi iTunes kalian bisa download pada link berikut DOWNLOAD 

Kalau sudah langsung saja kita praktikkan :

Install .IPA via Cydia Impactor

#1 : Pertama sambungkan perangkat menggunakan kabel data ke dalam komputer, kemudian buka dulu perangkatnya jika di password sampai masuk ke homescreen

#2 : Jika baru pertama kali disambungkan ke komputer silahkan pilih menu Trust this computer yang muncul pada layar perangkat

#3 : Buka program Cydia Impactor maka otomatis akan terdeteksi perangkat kalian disana

#4 : Sekarang tahan dan seret aplikasi IPA yang akan di install ke dalam program Cydia Impactor, contohnya bisa kalian lihat pada gambar berikut

#5 : Jika sudah akan muncul jendela untuk memasukan Email dan Password Apple ID, silahkan di masukan terlebih dahulu


#6 : Jika sudah klik OK dan tunggu hingga proses Installasi selesai


#7 : Kalau sudah selesai maka akan muncul status Complete


Pada tahap ini tutup saja program Cydia Impactornya dan fokus ke Perangkat kalian ( sambungan kabel boleh dicabut )

#8 : Sekarang bisa kalian lihat di homescreen perangkat kalian akan muncul aplikasi IPA yang sudah kalian install menggunakan Cydia Impactor, tapi aplikasi tersebut belum langsung bisa di buka karena kalau langsung di buka akan muncul peringatan Untrusted Developer seperti pada gambar berikut


#9 : Untuk mengatasinya cukup mudah, silahkan masuk ke bagian Pengaturan > Umum > Profil atau Manajemen Profil & Perangkat, secara otomatis akan muncul menu dengan nama email Apple ID yang kalian gunakan pada saat menggunakan Cydia Impactor


#10 : Silahkan pilih menu email tersebut kemudian pilih lagi menu Trust emailkalian@contoh.com dan pilih lagi Trust


#11 : Setelah selesai sekarang kembali ke menu Homescreen dan coba buka aplikasinya kembali

Sampai disini aplikasi kalian sudah berhasil terinstall dan dapat digunakan seperti biasa dalam jangka waktu 7 hari, jadi setelah 7 hari kalian harus mengulang dari langkah ke #4 pada tutorial di atas.

Dalam satu email / account yang digunakan untuk menginstall aplikasi melalui Cydia Impactor dibatasi kalau tidak salah hanya sampai 4 aplikasi berbeda saja, jadi untuk menginstall lebih dari 4 jenis aplikasi berbeda kalian harus menggunakan account Apple ID yang baru.

Untuk keamanan saya sarankan untuk berhati-hati dalam login account apapun ke dalam aplikasi yang kira-kira meragukan apalagi aplikasi dengan bahasa aneh-aneh, kenapa begitu? karena setiap aplikasi dari luar App Store ada kemungkinan mengandung konten Phising yang dapat mencuri password maupun program Malware yang bisa merusak sistem.

Oke segitu saja, jika ada yang ingin disampaikan atau tanyakan terkait langkah-langkah yang masih kurang mengerti silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih! :)