Dari mana Asal iPhone LL/A, ZP/A, ZA/A, X/A, VC/A, J/A, KH/A dan Lain Sebagainya?

Pada postingan kali ini admin akan menjawab beberapa pertanyaan yang masih seringkali ditanyakan banyak orang soal asal-usul negara dari mana iPhone berasal melalui Nomor Model.

Beberapa Nomor Model iPhone yang seringkali dipertanyakan asalnya sebagai contoh LL/A, ZP/A, X/A, VC/A, J/A, KH/A, TA/A, ZA/A, MY/A dan CH/A.


Daftar Kode Negara Asal iPhone

Berikut adalah daftar kode negara yang terdapat pada Nomor Model iPhone yang menunjukkan asal iPhone tersebut ditujukan.


Untuk mengetahui asal negara iPhone melalui kode di atas, kalian cukup memperhatikan satu atau dua huruf sebelum tanda slash (slash) "/" yang ada pada Nomor Model iPhone.

Nomor Model iPhone bisa ditemukan melalui aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai.


Sebagai contoh, apabila Nomor Model iPhone menunjukkan "MT512ZP/A" maka iPhone tersebut berasal dari Hong Kong atau Macau merujuk pada kode "ZP" sebelum tanda Slash "/".

Contoh lainnya, apabila Nomor Model iPhone menunjukkan "NZQ72LL/A" maka iPhone tersebut berasal dari Amerika Serikat merujuk pada kode "LL" sebelum tanda Slash "/". 

Begitu juga dengan kode ZA (Singapura), X (Australia atau Selandia Baru), J (Jepang), KH (Korea Selatan), CH (China), dan seterusnya.


Bagaimana, cukup mudah bukan?

Mengapa Nomor Model iPhone Berbeda-Beda?

Kemungkinan besar perbedaan Nomor Model pada iPhone ini bertujuan sebagai informasi penjualan, untuk membedakan aksesoris bawaan seperti charger (menyesuaikan colokan di negara tujuan), bahasa pada kemasan dus, hingga untuk menyesuaikan peraturan yang berlaku di negara tertentu.

Contoh peraturan tersebut seperti iPhone yang berasal dari Jepang dan Korea yang suara kameranya tidak bisa dimatikan untuk alasan Privasi.

Penutup...

Oke, itu saja informasi yang dapat Admin sampaikan seputar asal iPhone dengan beragam Nomor Model-nya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.