Berapa Lama Waktu Kesehatan Baterai iPhone Biasanya Menurun?

Kesehatan Baterai/Battery Health pada iPhone kalian turun 1%? tidak perlu khawatir hal tersebut adalah hal yang cukup normal dan wajar, mengingat baterai lithium-ion yang digunakan oleh iPhone maupun iPad memiliki masa pakai sehingga kesehatannya secara pasti akan menurun seiring dengan waktu.


Namun, banyak pertanyaan yang sering Admin dapatkan tentang waktu turunnya kesehatan baterai pada iPhone, seperti contoh:  Berapa lamakah kesehatan baterai pada iPhone sampai menurun? kira-kira berapa lama durasi berkurangnya 1% pada kesehatan baterai iPhone?

Untuk jawaban singkat dari pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah, Tidak Pasti.

Tetapi untuk jawaban detailnya semua tergantung pada beberapa faktor seperti kebiasaan dalam menggunakan iPhone hingga model iPhone yang digunakan. Sebelum membahas lebih jauh silakan perhatikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi cepat atau lambatnya waktu penurunan kesehatan baterai pada iPhone.

Faktor yang Mempercepat Penurunan Kesehatan Baterai


1. Kebiasaan Buruk Dalam Mengisi Daya Baterai iPhone

Ada beberapa kebiasaan dalam mengisi daya yang membuat kesehatan baterai iPhone cepat menurun, di antaranya seperti: sering membiarkan iPhone terus diisi daya meskipun sudah penuh (100%), sering membiarkan baterai iPhone hingga berada di bawah 10%, menggunakan charger yang tidak asli/berkualitas, dan menggunakan sembarangan sumber daya untuk mengisi daya iPhone (misalnya PowerBank berkualitas rendah).

2. Panas

Panas pada iPhone memiliki dampak yang cukup besar bagi kesehatan baterai, semakin sering iPhone mengalami panas yang berlebih (overheat) semakin cepat juga kesehatan baterai berpotensi menurun.

Salah satu contohnya adalah menggunakan iPhone untuk tugas berat seperti bermain game sambil diisi daya yang diperparah suhu ruangan sekitar yang panas.

3. Model dan Generasi iPhone

Model dan seri iPhone sangat berperan penting dalam menentukan seberapa lama kesehatan baterai pada iPhone dapat menurun, untuk iPhone keluaran terbaru sendiri Apple menanamkan komponen, fitur, hingga manajemen baterai yang canggih sehingga dapat memperlambat menurunnya kesehatan baterai.

Fitur-fitur tersebut mulai digunakan oleh Apple melalui iPhone 8, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, dan lebih baru.

4. Kapasitas Baterai

iPhone memiliki kapasitas baterai yang berbeda-beda disetiap modelnya, semakin besar kapasitas baterai iPhone maka penurunan kesehatannya juga terasa menjadi lebih lambat jika dibandingkan dengan baterai iPhone berkapasitas kecil.

Mengapa? sebab iPhone dengan kapasitas baterai besar memiliki masa pemakaian yang lebih panjang dan cukup jarang melakukan pengisian daya.

Berbeda dengan iPhone yang memiliki kapasitas baterai kecil, masa pemakaian yang lebih singkat memaksa pengguna harus sering melakukan pengisian daya yang dalam jangka panjang dapat berdampak pada usia baterai.

5. Versi iOS yang Digunakan

Semakin baru versi iOS yang digunakan semakin baik juga kesehatan baterai kalian ditangani, karena Apple sendiri sering mengoptimalkan fitur yang dapat memanajemen kesehatan baterai iPhone dengan baik melalui update iOS terbaru, jadi pastikan iPhone selalu diupdate ke iOS versi terbaru yang tersedia.

6. Faktor Usia iPhone

Semakin tua usia iPhone maka semakin cepat juga kesehatan baterainya untuk menurun, hal ini dikarenakan semakin lama ukuran aplikasi dan games akan terasa semakin berat sehingga menguras performa dan daya baterai pada iPhone lebih banyak, akibatnya iPhone akan lebih sering mengisi daya dan kesehatan baterai akan lebih cepat menurun.

Berapa Lama Waktu Kesehatan Baterai iPhone Biasanya Menurun?


Sekali lagi, tidak pasti, namun berikut ini adalah perkiraannya penurunan kesehatan baterai pada iPhone yang diambil beradasarkan model dan keluaran iPhone, kapasitas baterai, laporan beberapa pengguna, serta dari pengalaman cukup banyak generasi iPhone yang Admin miliki sendiri.

Ingat, perkiraan tetaplah perkiraan, informasi di bawah berikut tidak bisa menjadi acuan mutlak, setiap iPhone memiliki atau hadir dengan kondisi baterai yang berbeda-beda tergantung dari banyak faktor yang mungkin sebagian agak sulit dijelaskan.

*Perkiraan Penurunan Dihitung Selama Penggunaan dalam jangka 1 Tahun

iPhone 7 Plus, iPhone 7, iPhone SE 2016, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 6, dan iPhone 6 Plus

  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 5 - 6% setiap tahunnya dalam Status "Jarang Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 3 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 6 - 9% setiap tahunnya dalam Status "Penggunaan Normal" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 6 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 10 - 12% setiap tahunnya dalam Status "Sering Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya lebih dari 8 jam setiap harinya.

Perkiraan di atas mungkin lebih tinggi untuk iPhone dengan baterai berkapasitas kecil, seperti iPhone 7, iPhone SE 2016, dan iPhone 6.

iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X

  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 4 - 6% setiap tahunnya dalam Status "Jarang Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 3 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 6 - 8% setiap tahunnya dalam Status "Penggunaan Normal" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 6 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 8 - 10% setiap tahunnya dalam Status "Sering Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya lebih dari 8 jam setiap harinya.

Perkiraan di atas mungkin lebih tinggi untuk iPhone dengan baterai berkapasitas kecil, seperti iPhone 8.

iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, dan iPhone SE 2020

  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 3 - 5% setiap tahunnya dalam Status "Jarang Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 3 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 5 - 7% setiap tahunnya dalam Status "Penggunaan Normal" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 6 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 7 - 8% setiap tahunnya dalam Status "Sering Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya lebih dari 8 jam setiap harinya.

Perkiraan di atas mungkin lebih tinggi untuk iPhone dengan baterai berkapasitas kecil, seperti iPhone SE 2020.

iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max

  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 2 - 4% setiap tahunnya dalam Status "Jarang Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 3 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 4 - 5% setiap tahunnya dalam Status "Penggunaan Normal" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 6 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 5 - 6% setiap tahunnya dalam Status "Sering Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya lebih dari 8 jam setiap harinya.

Perkiraan di atas mungkin lebih tinggi untuk iPhone dengan baterai berkapasitas kecil, seperti iPhone 12 mini.

iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max

  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 2 - 3% setiap tahunnya dalam Status "Jarang Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 3 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 3 - 4% setiap tahunnya dalam Status "Penggunaan Normal" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 6 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 4 - 5% setiap tahunnya dalam Status "Sering Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya lebih dari 8 jam setiap harinya.

Perkiraan di atas mungkin lebih tinggi untuk iPhone dengan baterai berkapasitas kecil, seperti iPhone 13 mini.

iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 1 - 2% setiap tahunnya dalam Status "Jarang Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 3 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 2 - 4% setiap tahunnya dalam Status "Penggunaan Normal" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya tidak lebih dari 6 jam setiap harinya.
  • Kesehatan Baterai (Battery Health) dapat menurun sekitar 4 - 6% setiap tahunnya dalam Status "Sering Digunakan" atau Screen Time (Waktu Penggunaan) biasanya lebih dari 8 jam setiap harinya.

Semakin baru model iPhone dan semakin besar kapasitas baterainya, maka seharusnya penurunan kesehatan baterai akan menjadi semakin melambat.

Namun sekali lagi perkiraan di atas tidak bisa dijadikan patokan mutlak ya, karena ada berbagai macam faktor yang mempengaruhi termasuk yang sudah dijelaskan di awal.

Penyebab Kesehatan Baterai Menurun Drastis

Selain itu tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan kesehatan baterai iPhone yang tiba-tiba saja menurun secara drastis, biasanya hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

1. Bug pada iOS yang menyebabkan kalkulasi kesehatan baterai tidak berjalan dengan baik (stuck), sehingga ketika iPhone mulai mengkalkulasi ulang angka kesehatan baterai seolah-olah mengalami penurunan secara drastis

2. Khusus untuk iPhone yang baru saja digunakan/dibeli, ada kemungkinan sejak diproduksi oleh Apple kesehatan baterai iPhone menurun secara perlahan-lahan karena terlalu lama disimpan.

3. Kemungkinan masalah dari baterai itu sendiri yang memang dalam kondisi kurang baik atau defect

Apakah Harus Khawatir Soal Penurunan Battery Health?

Semua komponen yang menggunakan baterai pasti akan mengalami penurunan kemampuan seiring waktu, termasuk iPhone.

Jadi selama iPhone berfungsi dengan normal, tidak boros atau sering drop, tidak mati/restart sendiri, maka kalian tidak perlu khawatir soal Battery Health.

Ingat, meski 80% adalah batas yang direkomendasikan namun nyatanya banyak iPhone yang masih berfungsi dengan normal setelah Battery Health-nya mencapai 70%, termasuk dari pengalaman Admin sendiri.

Penutup...

Ya, kira-kira itu saja informasi serta perkiraan yang dapat Admin bagikan. Sebagai penutup, apabila ada informasi yang ingin ditanyakan seputar kesehatan baterai pada iPhone, jangan ragu untuk meninggalkannya melalui kolom komentar di bawah, Terima Kasih.


Update!!! karena banyaknya keluhan dari pengguna, khususnya bagi yang baru saja mendapatkan iPhone dalam kondisi "Second" atau "Ex-Inter" kemudian menemukan bahwa Battery Health-nya menurun sangat cepat. Ada kemungkinan bahwa Battery Health di iPhone kalian telah dipalsukan. Selengkapnya: Battery Health iPhone Bisa Dipalsukan, Ini Rahasianya