Arti dan Maksud dari iPhone All Provider / Operator

Dalam dunia juga beli (biasanya Online) tidak jarang ditemukan produk iPhone dengan deskripsi "All Provider" atau "All Operator". Meski begitu, tidak sedikit juga pengguna yang masih bingung dengan soal istilah tersebut, padahal sebenarnya cukup sederhana.


Arti dari iPhone All Provider atau All Operator

iPhone dengan istilah All Operator atau All Provider, menunjukkan bahwa iPhone tersebut dapat menggunakan kartu SIM atau Jaringan dari Provider atau Operator manapun.

"All" artinya: Semua, sedangkan "Provider / Operator" merupakan penyedia layanan jaringan internet untuk perangkat seluler (contoh, Telkomsel, XL, 3, Axis, Smartfren, By.u, Indosat, dll.)

Jadi, iPhone + All + Provider / Operator = iPhone yang dapat menggunakan semua jaringan seluler yang berasal dari operator manapun di dunia ini.

Istilah Serupa Lainnya...

Selain istilah di atas, ada juga isitilah lainnya yang biasanya digunakan untuk mendeskripsikan tujuan serupa, yaitu "iPhone Unlock" atau "iPhone Factory Unlock (FU)".

Sama seperti di atas istilah iPhone Unlock atau iPhone Factory Unlock (biasa disingkat iPhone FU), merupakan jenis iPhone yang dapat menggunakan jaringan dari operator atau provider manapun, tanpa adanya batasan.

Mengapa Harus ada Istilah All Provider, All Operator hingga iPhone FU?

Hal ini tidak lain dikarenakan ada iPhone yang dijual sudah dalam kondisi terikat kontrak dengan salah satu provider / operator jaringan. Sehingga secara otomatis iPhone tersebut hanya bisa menggunakan layanan jaringan dari operator yang sudah mengikatkan kontraknya tersebut saja, tidak bisa yang lain.

Nah, bagi yang mau mencari dan menggunakan iPhone, tidak mau kan terbatas hanya menggunakan satu operator saja? maka dari itu pilihlah iPhone yang bebas menggunakan jaringan dari operator manapun.

Baca Juga: