Cara Mengatur Volume Suara Notifikasi di iPhone dan iPad

Pada umumnya (secara default) di iPhone dan iPad, kalian tidak dapat mengatur suara notifikasi aplikasi maupun panggilan masuk dengan menggunakan Tombol Volume maupun melalui Pusat Kontrol. Sebab, suara notifikasi dan panggilan masuk memiliki menu pengaturannya sendiri.


Untuk membesar-kecilkan suara notifikasi termasuk panggilan telepon, kalian harus melakukannya secara manual melalui aplikasi Pengaturan. Namun begitu, nantinya kalian juga bisa mengatur agar Tombol Volume dapat difungsikan untuk membesar-kecilkan suara notifikasi.

Cara Mengatur Suara Notifikasi di iPhone dan iPad

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone atau iPad.

2. Kemudian masuk ke menu Bunyi & Haptik (Sounds & Haptics).

3. Sekarang silakan geser menu Silder yang terdapat di bawah menu Dering dan Peringatan.


4. Geser ke arah Kiri (untuk mengecilkan) dan geser ke arah Kanan (untuk membesarkan).

Perlu diketahui, mengecilkan Volume Notifikasi sampai ke paling rendah (hingga mentok), tidak akan sepenuhnya mematikan suara notifikasi. Untuk mematikan total suara notifikasi, silakan gunakan tombol Silent pada iPhone.

Atau kalian dapat mematikan suara notifikasi untuk aplikasi tertentu melalui cara di bawah berikut.

Mengatur Suara Notifikasi untuk Setiap Aplikasi

Mengatur suara untuk setiap notifikasi aplikasi, hanya terbatas pada mematikan atau menyalakannya saja. Hal ini dapat kalian lakukan melalui pengaturan notifikasi yang terletak di Pengaturan (Settings) > Pemberitahuan (Notification), lalu nonaktifkan menu Bunyi untuk mematikan suara notifikasi pada aplikasi yang dipilih.


Cara Mengatur agar Suara Notifikasi dapat Diatur dengan Tombol Volume 

Masih dimenu yang sama, yaitu Pengaturan (Settings) > Bunyi & Haptik (Sounds & Haptics). Silakan aktifkan menu Ubah dengan Tombol.


Jika sudah maka kalian dapat mengatur suara notifikasi maupun panggilan pada iPhone dan iPad, melalui Tombol Volume.

Bagaimaan gampang kan? apabila mengalami kesulitan atau mungkin ada yang ingin ditanyakan seputar notifikasi iPhone dan iPad. Jangan ragu, langsung saja tinggalkan pada kolom komentar di bawah.