Cara Mengatasi Layar iPhone Berkedip / Flickering

Tidak sedikit pengguna iPhone yang mengalami masalah pada layar yang berkedip-kedip dan seringkali berubah-ubah warna serta muncul garis-garis halus. Kondisi tersebut dapat terjadi akibat beragam faktor, seperti kesalahan software (bug), hingga pertanda adanya kerusakan pada layar. Semua kembali lagi tergantung dari bagaimana kronologi sebelum masalah tersebut terjadi.


Layar yang berkedip akibat benturan apalagi hingga mengalami keretakan dan pecah. Sudah bisa dipastikan masalah tersebut diakibatkan oleh kerusakan pada layar. Silakan bawa iPhone kalian ke service center Apple untuk ditangani lebih lanjut.

Apabila masalah datang sendiri, kalian dapat mengikuti beberapa cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

Force Restart iPhone

Penanganan pertama untuk mengatasi layar iPhone yang berkedip adalah Force Restart (Restart Paksa). Mengapa? untuk mencegah adanya Bug yang menyebabkan masalah tersebut melakukan Restart adalah solusi terbaik untuk menyegarkan kembali sistem pada iPhone. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini:

Khusus iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro atau lebih baru.

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus.

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Volume Bawah.
  2. Kemudain Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

iPhone 6S, 6S Plus, SE 2016, 6, 6 Plus, 5S, atau lebih lama.

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Home.
  2. Kemudian Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Setelah restart selesai, coba cek apakah layar iPhone masih berkedip? jika tidak, maka selamat! namun jika belum silakan lanjutkan cara di bawah berikut.

Nonaktifkan Auto-Brightness (Kecerahan-Otomatis)

iPhone secara otomatis akan mengatur tingkat kecerahan pada layar mengikuti keadaan pencahayaan disekitarnya. Dalam beberapa kasus, masalah ini malah menimbulkan Bug yang mengakibatkan layar berkedip.

Sudah banyak pengguna yang sudah berhasil mengatasi masalah layar yang berkedip dengan menonaktifkan fitur Auto-Brightness (Kecerahan-Otomatis). Kalau begitu lanngsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings).

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas (Accessibility) > Layar & Ukuran Teks (Display & Text Size).

3. Terakhir silakan nonaktifkan menu Auto-Brightness / Kecerahan-Otomatis.

Jika sudah, silakan lihat sendiri hasilnya.

Atur Brightness ke Tingkat Paling Rendah / Tinggi

Menurut beberapa laporan pengguna yang mengalami hal yang sama, mengatur tingkat kecerahan / brightness hingga ke titik paling tinggi maupun palign rendah akan membantu menghilangkan kedipan pada layar. Sebagai solusi sementara, coba tingkatkan kecerahan layar ke tingkat paling tinggi atau paling rendah dan lihat hasilnya.

Apabila berhasil, ada dua kemungkinan yang terjadi. Pertama diakibatkan oleh bug pada iOS (silakan tunggu update iOS versi terbaru atau lakukan proses restore), dan yang kedua merupakan pertanda kerusakan atau masalah pada layar.

Nonaktifkan Shake to Undo (Goyang untuk Urung)

Sama seperti cara di atas, menurut beberapa laporan pengguna tertentu, dengan menonaktifkan fitur Shake to Undo (Goyang untuk Urung) dapat memperbaiki masalah layar iPhone yang berkedip. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings).

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas (Accessibility) > Sentuh (Touch).

3. Lalu nonaktifkan fitur Shake to Undo / Goyang untuk Urung.

Aktifkan Reduce White Point (Kurangi Titik Putih)

Reduce White Point atau Kurangi Titik Putih, merupakan salah satu fitur pada iPhone yang berfungsi untuk mengurangi titik cerah berwarna putih pada layar. Khusus layar OLED seperti yang dimiliki oleh iPhone X, iPhone 11 Pro, dan jajaran iPhone 12, fitur ini dapat membantu mengurangi kelelahan pada mata akibat kedipan layar (PWM) saat kecerahan diatur ke tingkat yang rendah.

Untuk itu, silakan coba aktifkan fitur ini. Berikut caranya.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings).

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas (Accessibility) > Layar & Ukuran Teks (Display & Text Size)

3. Lalu aktifkan fitur Kurangi Titik Putih (Reduce White Point).

Nonaktifkan Fitur Layar True Tone, Raise to Wake dan Tap to Wake

Untuk mencegah adanya bug pada salah satu fitur pada layar iPhone, silakan coba nonaktifkan fitur-fitur seperti True Tone, Raise to Wake (Angkat-Bangun), dan Tap to Wake (Ketuk-Bangun).

Berikut caranya:

  • True Tone - khusus iPhone 8 atau lebih baru: Pengaturan (Settings) > Tampilan & Kecerahan (Display & Brightness) > True Tone
  • Raise to Wake - khusus iPhone 6S atau lebih baru: Pengaturan (Settings) > Tampilan & Kecerahan (Display & Brightness) > Angkat-Bangun (Raise to Wake).
  • Tap to Wake - khusus iPhone tanpa tombol Home: Pengaturan (Settings) > Aksesibilitas (Accessibility) > Sentuh (Touch) > Ketuk Bangung (Tap to Wake).

Reset Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, coba reset pengaturan di iPhone kalian kembali ke pengaturan awal (tanpa menghapus data). Berikut caranya.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPad.

2. Kemudian masuk ke menu Umum (General) > Atur Ulang (Reset).

3. Lalu pilih menu Atur Ulang Pengaturan (Reset All Settings).

Setelah reset berhasil, silakan lihat hasilnya.

Update ke iOS versi Terbaru

Tidak sedikit juga pengguna yang berhasil mengatasi masalah pada layar yang berkedip dengan mengupdate software / iOS ke versi terbaru. Sebab, di iOS versi terbaru Apple biasanya membawa sejumlah perbaikan yang kemungkinan besar akan memperbaiki masalah pada layar iPhone kalian yang berkedip.

Untuk cek dan update ke iOS versi terbaru, silakan ikuti cara-cara berikut ini.

1. Siapkan koneksi WiFi atau bisa juga menggunakan jaringan 5G

2. Kemudian buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update).

3. Apabila tersedia silakan download dan install update iOS versi terbaru tersebut.

Restore iPhone ke Pengaturan Pabrik

Cara-cara di atas belum juga membuahkan hasil? cara terakhir ini dapat menjadi pilihan selanjutnya sebelum memastikan bahwa masalah mungkin diakibatkan oleh kerusakan pada layar.

Pada cara ini kita akan melakukan restorasi (restore) iPhone, dengan menghapus seluruh data kembali ke pengaturan pabrik layaknya menjadi iPhone baru. Jadi Penting! sebelum melanjutkan silakan backup atau simpan data-data penting kalian terlebih dahulu, sebab seluruh data pada iPhone akan dihapus permanen.

Sekali lagi, ingat! sebelum melanjutkan, silakan backup (simpan) data-data penting pada iPhone kalian. Seperti foto dan lain sebagainya (disarankan melalui iCloud atau iTunes). Sebab seluruh data pada iPhone akan dihapus total kembali ke kondisi pabrik (awal).

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPad.

2. Kemudian masuk ke menu Umum (General) > Atur Ulang (Reset).

3. Lalu pilih menu Hapus Konten & Pengaturan (Erase All Content & Settings).

4. Selanjutnya masukkan password iCloud kalian untuk mengonfirmasi reset.

Untuk hasil yang jauh lebih baik, kalian dapat menggunakan proses Restore melalui aplikasi iTunes di komputer.

Solusi Terakhir...

Jika tidak ada satupun cara di atas yang membuahkan hasil, kalian memiliki dua pilihan. Pertama menunggu harapan akan adanya perbaikan di iOS versi terbaru nantinya, atau membawa iPhone tersebut ke service center Apple untuk dicek apakah ada masalah (kerusakan) pada layar.

Good Luck!