Arti dan Maksud dari Model iPhone LL/A, ZP/A, ZA/A, dll.

Dalam jual beli (khususnya Online), seringkali kita menemukan iPhone yang dijual dengan keterangan tambahan nomor model, seperti LL/A, ZP/A, ZA/A, J/A, KH/A dan lain sebagainya. Lalu apa maksud dari nomor model tersebut dan apa artinya?



Arti dan Maksud dari Nomor Model pada iPhone

Nomor Model pada iPhone khususnya seperti LL/A, ZP/A dan seterusnnya, merupakan indikator yang menunjukan negara asal iPhone tersebut ditujukan. Berikut adalah daftar lengkap kode model beserta asal negaranya:


Kode-kode tersebut bisa kalian temukan sebelum tanda (slash) "XX/A" dibagian belakang nomor model, sebagai contoh, apabila kalian menemukan Nomor Model pada iPhone yang menunjukan: MKTZ2LL/A, hal tersebut pertanda bahwa iPhone tersebut berasal dari negara Amerika Serikat, Kanada atau kemungkinan perangkat Replacement.


Cara Cek Nomor Model iPhone

Untuk melihat nomor model iPhone, kalian harus memiliki akses terhadap iPhone tersebut, jika sudah langsung saja buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai lalu cari menu Nomor Model.


Perbedaan, Kekurangan dan Kelebihan dari Masing-masing Nomor Model iPhone

Beberapa negara menerapkan kebijakannya teresendiri untuk iPhone yang beredar di negara mereka, contohnya saja khusus iPhone yang berasal Jepang dan Korea yang tidak mengizinkan penggunanya untuk mematikan suara saat mengambil foto untuk alasan Privasi.

Sedangkan iPhone yang berasal dari Amerika (LL/A) Singapura (ZA/A) dan Hong Kong / Macau (ZP/A) tidak memiliki larangan apapun.

Selain itu biasanya juga terdapat perbedaan aksesoris seperti colokan adapter charger karena mengikuti bentuk / model colokan yang digunakan oleh negara tujuan.

Kualitas iPhone LL/A, ZP/A, ZA/A dll.?

Meskipun berasal dan ditujukan untuk beragam negara, namun semua model iPhone tersebut tetap memiliki kualitas yang sama dan dirancang oleh Apple sendiri. Jadi tidak perlu khawatir soal perbedaan model / negara yang akan memengaruhi kualitas iPhone.

Tak terkecuali kalian ingin membeli iPhone dengan status Second / Bekas Pakai, nah ini tergantung dari si pemakai sebelumnya apakah merawat iPhone tersebut dengan baik atau tidak :)


Nah bagaimana sudah mengerti kan apa maksud dari LL/A, ZP/A ataupun model-model lainnya pada iPhone? apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya, terima kasih.