Tips Penting Merawat iPhone agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

iPhone merupakan salah satu smartphone premium dengan harga yang tidak bisa diremehkan "mahalnya" begitu juga apabila iPhone kalian mengalami kerusakan, sebagai contoh mengganti layar iPhone dengan yang resmi, asli dan baru, harganya kurang lebih setengah dari harga iPhone tersebut.


Nah maka dari itu merawat dan menjaga iPhone agar tetap awet dan tidak cepat rusak sampai upgrade ke iPhone selanjutnya, sangatlah penting untuk diketahui dan diterapkan dalam penggunaan sehari-hari. Kalau begitu langsung saja, berikut Tips Penting merawat iPhone agar Tidak Cepat Rusak!


1. Gunakan Case dan Pelindung Layar

Menggunakan Case dan Pelindung Layar (tempered glass) merupakan awal yang baik untuk menjaga iPhone dari beragam benturan. Case dapat membantu mengurangi risiko iPhone mengalami kerusakan saat terjatuh atau terbentur. Saat ini case sudah tersedia dalam beragam pilihan, namun untuk perlindungan lebih gunakan case dengan label "Protective Case".

Selain itu Pelindung Layar atau Tempered Glass juga dapat sangat membantu mengurangi risiko layar pecah akibat terjatuh. 

2. Gunakan Aksesoris dan Charger yang Asli

Untuk menjaga agar baterai iPhone beserta komponen didalamnya tetap awet, sangat disarankan untuk menggunakan aksesoris terutama Charger yang asli dan dirancang khusus untuk iPhone.

Sebisa mungkin hindari melakukan pengisian daya pada sembarang sumber, contohnya saja power bank berkualitas rendah atau sembarang port usb charger lainnya. Usahakan selalu mengisi daya menggunakan adapter charger iPhone yang asli.

3. Hindari Menggunakan iPhone Sambil Diisi Daya

Mengisi daya sambil dimainkan apalagi dimainkan game berat, sangat membebani kinerja baterai pada iPhone sehingga menghasilkan panas berlebih. Nah panas berlebih inilah yang dapat menyebabkan kualitas komponen pada iPhone terutama baterai cepat menurun dan mengalami kerusakan.

Jadi sebisa mungkin hindari menggunakan iPhone ketika sedang diisi daya, terutama untuk tujuan bermain game.

4. Jaga Kesehatan Baterai

Kesehatan Baterai saat ini bisa dikatakan merupakan salah satu indikator dari kualitas penggunaan iPhone itu sendiri dalam jangka panjang.

Rendahnya kesehatan baterai sangat berdampak pada pengalaman dalam menggunakan iPhone, seperti waktu penggunaan yang lebih singkat (cepat habis) hingga penurunan performa pada iPhone. Bahkan dalam kasus terparah iPhone dapat mati secara tiba-tiba karena baterai sudah tidak sanggup lagi menyuplai daya yang dibutuhkan oleh iPhone.

Nah untuk menjaga Kesehatan Baterai pada iPhone agar tidak cepat menurun, kalian dapat mengikuti beberapa tips sederhana berikut:

  • Pastikan selalu menggunakan charger yang asli
  • Hindari memainkan iPhone sambil diisi daya
  • Hindari menggunakan iPhone terlalu lama pada suhu ruangan yang panas
  • Isi daya iPhone apabila level baterai sudah menunjukkan angka 20%
  • Apabila tidak dalam kondisi penting isi daya iPhone sampai 80% saja
  • Lepas case iPhone saat diisi daya untuk mengurangi panas
  • Gunakan 'kecerahan otomatis' atau kurangi kecerahan layar untuk menghemat penggunaan baterai
  • Gunakan juga 'Mode Daya Rendah' untuk menghemat penggunaan baterai
  • Selalu update versi iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia
  • Nonaktifkan 'Segarkan App di Latar' di Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar
  • Gunakan pengambilan data email terbaru secara manual di Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Fetch Data Baru lalu pilih Secara Manual
  • Nonaktifkan Layanan Lokasi apabila tidak digunakan di Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi
  • Kurangi waktu kunci layar iPhone di Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci-Otomatis
  • Nonaktifkan update aplikasi otomatis di Pengaturan > iTunes & App Store

Selain itu perlu diperhatikan juga bahwa panas berlebih merupakan salah satu faktor penyebab kesehatan baterai yang cepat menurun.


5. Rutin Melakukan Update ke iOS Terbaru

Apple seringkali memperbaiki dan mengoptimalkan iPhone melalui update iOS terbaru, maka dari itu sangat disarankan untuk secara rutin melakukan update ke iOS terbaru demi menjaga iPhone agar tetap optimal dan tentunya awet.

6. Hindari Suhu Panas Berlebih dan Air

Hindari panas berlebih ini dalam artian, sebisa mungkin hindari menggunakan iPhone dalam waktu lama apabila iPhone terpapar sinar matahari langsung atau sedang berada ditempat dengan suhu panas seperti Sauna, dan satu lagi hal penting lainnya, yaitu hindari meletekan iPhone di dashboard mobil yang terpapar sinar matahari langsung apalagi dalam jangka waktu yang lama disiang hari.

Selain itu, meskipun iPhone saat ini sudah dibekali fitur tahan terhadap air, tetapi alangkah baiknya untuk menghindari iPhone dari air untuk mengurangi risiko iPhone rusak. Sebab perlu kalian ketahui bahwa Apple tidak menerima garansi untuk iPhone yang rusak akibat terkena air, selain itu pelindung tahan air pada iPhone (seal/adhesive tape) dapat berkurang kemampuannya seiring dengan waktu.

7. Rutin Bersihkan iPhone

Terakhir, rutinlah membersihkan iPhone kalian setiap beberapa minggu sekali. Sehingga iPhone tetap dalam kondisi prima dan tetap terlihat menarik.

Bonus Tips Lainnya..

Tips tambahan lainnya yang mungkin dapat kalian terapkan juga seperti:

  • Hindari sering menggunakan Speaker iPhone dengan Volume Penuh untuk mendengarkan Musik
  • Kurangi atau Hapus aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan
  • Hindari bermain game saat iPhone terpapar sinar matahari langsung
  • Rutinlah membersihkan port charger atau speaker iPhone dengan kuas halus (jangan gunakan bahan yang menghantarkan listrik)
  • Hindari membersihkan iPhone dengan mencucinya dengan air
  • Usahakan sebisa mungkin untuk tidak menggunakan power bank berkualitas rendah

Oke, itu saja tips merawat dan menjaga iPhone agar tetap awet, terutama untuk penggunaan jangka panjang.

Selain iPhone sendiri memiliki garansi hingga 1 tahun sehingga apabila iPhone kalian mengalami kerusakan yang tidak disengaja (misalnya mati sendiri) kalian bisa langsung menggaransikannya. Ingat garansi iPhone tidak mencakup kesalahan akibat penggunaan seperti terjatuh atau terendam air.