Cara Mengatur Auto Brightness / Kecerahan Otomatis di iPhone iOS 13

Saat pertama kali kalian menggunakan iPhone pasti kalian akan bingung kenapa layar iPhone redup dan terang dengan sendirinya, ya.. hal ini tidak lain dan tidak bukan disebabkan oleh fitur Auto Brightness atau Kecerahan Otomatis pada iPhone yang menyala.


Fitur Auto Brightness akan menyesuaikan kondisi kecerahan pada layar iPhone dengan kondisi pencahayaan disekitar kalian, selain dapat menghemat penggunaan baterai fitur ini akan memudahkan kalian dalam menatap layar pada kondisi ruangan tertentu karena sudah diatur secara otomatis.

Mungkin bagi sebagian besar orang ( termasuk saya :P ) menggunakan fitur Kecerahan Otomatis adalah hal yang menyebalkan, kenapa begitu? karena pada saat-saat tertentu tampilan layar akan menjadi sangat gelap dan sulit untuk menatap layar pokoknya tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, nah untuk mengatasi hal tersebut kalian dapat menonaktifkan fitur Kecerahan Otomatis ini terutama bagi yang berada pada iOS 13 kalau begitu langsung saja berikut caranya :

#1 : Buka aplikasi Pengaturan

#2 : Pilih menu Aksesbilitas

#3 : Kemudain pilih Layar & Ukuran Teks

#4 : Seret ke bawah kemudian nonaktifkan menu " Kecerahan Otomatis "


Sekarang kecerahan pada layar kalian sudah tidak lagi berubah secara otomatis, kalian dapat mengatur kecerahan secara manual sesuka kalian melalui menu Control Center atau Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.

Bagi yang menggunakan iOS 13 jangan lupa gunakan juga fitur Dark Mode atau Mode Gelap yang dapat merubah tampilan iPhone menjadi lebih keren, selain itu fitur ini juga dapat menghemat baterai tapi khusus iPhone dengan layar OLED seperti iPhone X, iPhone XS, iPhone 11 Pro dan lain-lain, caranya silahkan baca pada artikel berikut : Cara Mudah Menyalakan Dark Mode / Mode Gelap di iPhone iOS 13

Baik sekian dulu informasi yang dapat saya berikan, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!