Cara Mudah Menyalakan Dark Mode / Mode Gelap di iPhone iOS 13

Dark Mode atau Mode Gelap adalah fitur yang baru dirilis oleh Apple pada iOS 13, fitur ini berfungsi untuk merubah tampilan iPhone menjadi gelap, dalam artian beberapa tampilan iPhone seperti menu pada Pengaturan, Aplikasi, Pesan, Instagram, Browser Safari dan lain sebagainya akan berubah menjadi lebih gelap atau tampilan yang tadinya putih berubah jadi hitam begitu pula sebaliknya.


Fitur ini tentu saja bukan tanpa manfaat, Android sudah lama mengusung fitur ini lebih dulu ketimbang di iOS, beberapa fugsi dari Dark Mode antara lain :

> Membaca teks lebih mudah saat dalam keadaan gelap
> Memiliki tampilan teks yang lebih jelas dan mudah di baca
> Dapat menghemat baterai secara signifikan ( hanya layar OLED )
> Tampilan yang lebih elegan, bagi beberapa orang dark mode sangat nyaman untuk dipandang

Untuk menyalakan fitur Dark Mode ini caranya sangatlah mudah, berikut caranya :

Menyalakan Dark Mode di IOS

#1 : Silahkan buka aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian pilih menu Tampilan & Kecerahan

#3 : Pada menu Tampilan ubah dari Terang ke Gelap dan lihat hasilnya...


Selain itu kalian juga dapat mengaktifkan fitur Otomatis yang berfungsi untuk menjadwalkan pergantian antara mode Gelap dan Terang secara otomatis sesuai dengan jadwal yang sudah di atur.

Mode Gelap ini juga akan otomatis merubah tampilan aplikasi yang mendukung menjadi gelap juga contohnya saja aplikasi Instagram.

Khusus pengguna iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max dan lain-lain yang menggunakan layar OLED, dengan menggunakan tampilan mode gelap kalian dapat menghemat penggunaan baterai kira-kira hingga lebih dari 20%, loh kok bisa? hal ini disebabkan teknologi yang ada pada layar OLED itu sendiri, penjelasannya seperti berikut :

Layar tersusun dari susunan pixel yang berjumlah sangat banyak hingga membentuk satu layar, yang isitimewa dari pixel yang dimiliki layar OLED adalah warna hitam yang di tampilkan sebenarnya adalah tampilan pixel dalam kondisi tidak menyala, hal inilah yang membuat OLED dapat menghemat penggunaan baterai saat menampilkan tampilan hitam / gelap.

Baca Juga : Alternatif Mode Gelap / Dark Mode untuk Pengguna iPhone 6, 6 Plus dan 5S iOS 12

Bagaimana gampang kan? apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!