Alternatif Mode Gelap / Dark Mode untuk Pengguna iPhone 6, 6 Plus dan 5S iOS 12

Dark Mode atau Mode Gelap merupakan salah satu fitur yang hadir dan terdapat pada update iOS 13, mode gelap sendiri berfungsi untuk merubah warna tampilan pada aplikasi tetentu menjadi lebih gelap (berwarna hitam) selain dapat membuat mata lebih mudah melihat tulisan mode gelap juga dapat menghemat penggunaan baterai pada iPhone yang menggunakan layar OLED seperti iPhone X, iPhone XS dan iPhone 11 Pro.


Sayangnya Mode Gelap ini tidak hadir untuk pengguna iPhone 5S dan iPhone 6 / Plus, penyebabnya absennya update iOS 13 menjadikan iPhone 5S dan iPhone 6 / Plus harus tertahan pada iOS 12 sebagai versi iOS terakhir.

Baca Juga : Cara Foto Night Mode di Kamera iPhone 6, 7, 8, X, XR, XS dan XS Max

Sebagai Alternatif kalian bisa menggunakan fitur " Balikkan Warna " atau " Invert Colors " yang berfungsi hampir sama seperti mode gelap / dark mode, yaitu membalikkan warna, penasaran? langsung saja berikut cara menyalakan fitur Balikkan Warna / Invert Colors :

1. Buka aplikasi Pengaturan kemudian pilih menu Umum > Aksesibilitas > Akomodasi Tampilan > Balikkan Warna


2. Setelah itu nyalakan menu Pembalikan Cerdas dan lihat hasilnya...



Bagaimana keren kan? walaupun begitu fitur ini tidak dapat disamakan seutuhnya dengan dark mode / mode gelap ya.. karena memang fitur ini hanya membalikkan warna saja yang putih jadi hitam begitu juga sebaliknya, beberapa media seharusnya tidak berpengaruh seperti foto dan video.

Ya setidaknya ada lah.. dari pada tidak meskipun membalikkan warna hanya warna pada UI saja alias tampilan menu aplikasi.

Jika kalian kurang puas dengan fitur ini kalian dapat melakukan Jailbreaking dan menginstall tweak seperti Noctis12, Eclipse Dark Mode dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Jailbreak Semua iPhone Termasuk Xr, Xs, Xs Max dan iPad Pro iOS 12.4 Menggunakan Unc0ver

Kalau tidak mau melakukan jailbreaking langkah terakhir untuk mendapatkan dark mode adalah upgrade, tentu saja dengan mengupgrade iPhone kalian ke iPhone terbaru ada banyak fitur menarik lainnya yang kalian dapatkan, belum lagi peningkatan performa, kamera dan lain sebagainya, jadi bagi yang masih menggunakan iPhone 5S atau iPhone 6 saya sarankan untuk upgrade ke iPhone terbaru jika mampu, all up to you.

Baik sekian dulu postingan kali ini jika ada yang ingin ditanyakan, sampaikan atau ada yang mau menambahkan? silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!