Penyebab Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun

Saat ini 'Kesehatan Baterai' merupakan salah satu fitur pada iPhone yang sering menarik perhatian penggunanya. Indikator 'Kapasitas Maksimum' pada menu Kesehatan Baterai menunjukkan kapasitas maksimal yang masih dapat ditampung oleh baterai dalam iPhone, semakin kecil angka Kapasitas Maksimum mengindikasikan semakin kecil juga daya tampung ataupun kesehatan dari baterai itu sendiri.


Normalnya ketika pertama kali membeli iPhone tentu saja kalian akan mendapatkan Kesehatan Baterai dengan Kapasitas Maksimum 100%, namun seiring dengan berjalannya waktu dalam penggunaan iPhone sehari-hari, kesehatan baterai ( kapasitas maksimum ) pada iPhone dapat menurun bahkan penurunan kesehatan baterai tersebut bisa terasa sangat cepat.

Baca Juga : Berikut Batas Kesehatan Baterai iPhone Yang Baik Sebelum Perlu Diganti

Lalu apa saja faktor yang menyebabkan Kesehatan Baterai ( kapasitas maksimum ) pada iPhone ataupun iPad yang cepat menurun? faktor menurunnya kesehatan baterai pada iPhone diakibatkan oleh kebiasaan buruk dalam menggunakan iPhone sehari-hari, bahkan hal tersebut sering tidak disadari oleh pemiliknya. Nah berikut adalah hal-hal yang sering menjadi faktor cepat menurunnya kesehatan baterai pada iPhone.

Menggunakan iPhone Sambil Diisi Daya / Dicharge

Kebiasaan saat menggunakan iPhone saat sedang diisi daya, merupakan salah satu penyebab cepat menurunnya kesehatan baterai pada iPhone. Hal ini dikarenakan baterai pada iPhone akan bekerja lebih keras ketika dicharge sambil digunakan, akibatnya suhu pada baterai akan meningkat dan berdampak pada kesehatan pada baterai itu sendiri yang cepat menurun.

Suhu iPhone Yang Sering Panas

Panas merupakan salah satu musuh utama komponen baterai, semakin sering baterai pada iPhone mengalami panas bahkan sampai overheat ( kelewat panas ). Dampaknya kesehatan baterai akan sangat cepat menurun, bahkan menurut Apple sendiri baterai yang sering mengalami panas berlebih dapat merusak komponen baterai secara permanen. Sangat disarankan untuk menggunakan iPhone dalam kondisi ruangan yang sejuk dan tidak terlalu panas.

Sering Membiarkan iPhone Hampir Kehabisan Daya Baterai

Salah satu kebiasaan lainnya adalah sering membiarkan daya baterai pada iPhone hampir habis. Baterai lithium-ion yang digunakan iPhone merupakan salah satu komponen yang paling kompleks dan rumit, menurut beberapa penelitian membiarkan baterai iPhone hingga benar-benar pada level terendah atau sampai benar-benar kosong dapat menurunkan daya tampung dari iPhone itu sendiri, tentu saja dampaknya kesehatan baterai pada iPhone akan jauh lebih cepat menurun. Sangat disarankan untuk segera melakukan pengisian daya apabila level baterai pada iPhone sudah mendekati 20%.

Baca Juga : Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang Boros / Cepat Habis

Membiarkan iPhone Diisi Daya Selama Berjam-jam Walaupun Sudah Penuh

Hampir sama seperti diatas, karena kompleks dan rumitnya susunan komponen pada baterai, dalam beberapa penelitian ditemukan bahwa sering melakukan pengisian daya pada iPhone hingga benar-benar penuh 100% setiap waktu dapat menurunkan daya tampungnya secara perlahan-lahan. Sebagai bukti Apple, menanamkan fitur Pengoptimalan Penggunaan Baterai pada iOS 13 yang bekerja secara cerdas untuk membatasi pengisian daya hanya sampai 80% saja dalam kondisi tertentu. Jadi untuk kedepannya jika sedang tidak jauh dengan sumber listrik, batasi pengisian daya sampai 80% saja untuk menjaga agar kesehatan baterai tidak cepat menurun.

Menggunakan Charger Tidak Asli

Menggunakan charger tidak asli alias palsu dapat memperburuk kesehatan baterai pada iPhone. Hal ini disebabkan charger palsu yang seringkali tidak memenuhi standar keamanan untuk melakukan pengisian daya pada iPhone. Untuk dampaknya sendiri dalam jangka waktu dekat ataupun jauh, dapat merusak komponen baterai secara permanen. Jadi pastikan untuk selalu menggunakan charger iPhone yang asli entah itu adaptor maupun kabelnya.

Tips dan Trik Mengatasi Kesehatan Baterai iPhone yang Cepat Menurun


Untuk merawat agar kesehatan baterai pada iPhone agar tidak cepat menurun, kalian dapat menerapkan beberapa tips dan trik berikut :

  • Pastikan selalu menggunakan charger yang asli
  • Hindari memainkan iPhone sambil diisi daya
  • Hindari menggunakan iPhone terlalu lama pada suhu ruangan yang panas
  • Isi daya iPhone apabila level baterai sudah menunjukkan angka 20%
  • Apabila tidak dalam kondisi penting isi daya iPhone sampai 80% saja
  • Lepas case iPhone saat diisi daya untuk mengurangi panas
  • Gunakan 'kecerahan otomatis' atau kurangi kecerahan layar untuk menghemat penggunaan baterai
  • Gunakan juga 'Mode Daya Rendah' untuk menghemat penggunaan baterai
  • Selalu update versi iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia
  • Nonaktifkan 'Segarkan App di Latar' di Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar
  • Gunakan pengambilan data email terbaru secara manual di Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Fetch Data Baru lalu pilih Secara Manual
  • Nonaktifkan Layanan Lokasi apabila tidak digunakan di Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi
  • Kurangi waktu kunci layar iPhone di Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Kunci-Otomatis
  • Nonaktifkan update aplikasi otomatis di Pengaturan > iTunes & App Store

Dengan menerapkan tips diatas dapat membantu agar kesehatan baterai pada iPhone tidak cepat menurun, sehingga jangka penggunaan iPhone bisa lebih lama dan awet.

Baca Juga : Berapa Lama Waktu Kesehatan Baterai iPhone Biasanya Menurun?

Baik sekian informasi dari penyebab kesehatan baterai iPhone yang cepat menurun beserta tips mengatasinya, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!