Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang Boros / Cepat Habis

Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas " penyebab dari borosnya baterai pada iPhone ", nah pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara mengatasi baterai iPhone yang sangat boros dan cepat habis.



Ada banyak cara yang dapat kalian gunakan untuk menghemat baterai pada iPhone, kalau begitu langsung saja terapkan cara-cara di bawah berikut :

Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Jika kalian menyimpan aplikasi tidak terpakai terutama aplikasi sosial media sebaiknya kalian menghapusnya karena aplikasi tersebut akan terus menerus memakan daya di latar belakang.

Kurangi Kecerahan Layar

Mengurangi kecerahan layar dapat membantu memperpanjang daya baterai hingga 30% lebih hemat, atau kalian bisa menggunakan fitur Kecerahan Otomatis yang ada pada menu Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis.

Matikan fitur Segarkan App di Latar


Segarkan App di Latar berfungsi agar aplikasi yang sedang tidak kalian buka dapat berjalan sendiri dan terus bekerja mengirim dan mengambil informasi, dengan mematikan fitur ini iPhone kalian akan terasa jauh lebih hemat, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Segarkan App di Latar > Segarkan App di Latar > Mati.

Matikan fitur Pengunduhan Otomatis


Mendownload Aplikasi secara otomatis akan membuat iPhone memakan daya lebih banyak, silakan matikan fitur Pengunduhan Otomatis, caranya masuk ke Pengaturan > iTunes & App Store.

Matikan Fetch Data Baru


Fetch Data Baru berfungsi untuk mengambil data terbaru dari Email secara berkala, jika kalian tidak memerlukannya kalian bisa menonaktifkan fitur ini melalui : Pengaturan > Kata Sandi & Akun > Fetch Data Baru > Push.

Atur Juga Fetch dan yang lainnya ke dalam mode Manual, contohnya seperti gambar di atas.

Matikan Fitur AirDrop dan Handoff

Jika tidak digunakan silakan dinonaktifkan caranya masuk ke Pengaturan > Umum > AirDrop > Penerimaan Mati, kemudian untuk Handoff ada di Pengaturan > Umum > Handoff.

Nyalakan Fitur Kurangi Transparansi


Hal ini akan membantu meringankan kinerja iPhone dengan cara mematikan fitur Transparan, caranya silakan masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kurangi Transparansi.

Baca Juga : Dampak dan Pengaruh dari Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

Nyalakan Fitur Kurangi Gerakan


Mengurangi gerakan animasi akan memperingan kinerja iPhone sehingga berdampak pada penggunaan baterai yang lebih sedikit, caranya masuk ke Pengaturan > Aksesibilitas > Gerakan > Kurangi Gerakan.

Nonaktifkan Siri


Jarang atau tidak menggunakan Siri? silakan matikan melalui menu Pengaturan > Siri & Pencarian Kemudian matikan seluruh menu mengikuti gambar di atas.

Gunakan Wallpaper Diam


Pastikan kalian tidak menggunakan Wallpaper dengan Mode Perspektif, Live atau Dinamis, silakan gunakan mode Diam untuk Wallpaper yang kalian pakai, menunya biasanya terdapat setelah kalian akan menerapkan wallpaper (lihat gambar di atas).

Matikan Pemberitahuan Untuk Aplikasi Tidak Terpakai


Jika kalian tidak mementingkan notifikasi dari salah satu aplikasi kalian ini tandanya lebih baik kalian matikan notifikasinya pada menu Pengaturan > Pemberitahuan.

Matikan Bluetooth atau Wifi

Jika kalian sedang tidak memakai Bluetooth atau Wifi silakan dimatikan melalui panel Control Center atau Pengaturan.

Matikan GPS / Layanan Lokasi

GPS atau Layanan Lokasi adalah salah satu fitur yang biasa digunakan untuk menetukan lokasi kalian, jika layanan lokasi sedang tidak digunakan silakan matikan melalui menu Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.

Gunakan Mode Daya Rendah


Fitur ini akan membantu iPhone mengoptimalkan kinerja baterai pada iPhone denga mematikan fitur-fitur yang banyak menguras baterai, cara menyalakan Mode Daya Rendah silakan masuk ke Pengaturan > Baterai > Mode Daya Rendah atau akses melalui Control Center.

Jangan Tutup Aplikasi dari Latar Belakang!

Menutup aplikasi di latar belakang hanya akan membankan kinerja iPhone lagi untuk membukanya dari awal, biarkan saja dia berada di latar belakang tak terkecuali ingin membuka game yang membutuhkan daya performa yang besar.

Dengan cara-cara di atas ini saya sendiri mengalami efek penghematan baterai sekitar 20%, tentu saja jika memang baterai kalian sudah berusia lama (lebih dari 2 tahun) ada baiknya untuk segera diganti.

Baik sekian dulu tips lengkap mengatasi baterai iPhone yang cepat boros, semoga tips dan cara di atas dapat membantu daya baterai di iPhone kalian agar tidak cepat habis.

Baca Juga : Cara Mencegah Penurunan Angka Kesehatan Baterai iPhone