Cara Mencegah Penurunan Angka Kesehatan Baterai iPhone

Pada postingan saya sebelumnya soal dampak dan pengaruh dari penurunan Kesehatan Baterai pada iPhone kali ini saya akan membagikan tips cara mencegah penurunan angka kesehatan baterai (battery health) iPhone yang semakin lama semakin cepat menurun.


Perlu diketahui terlebih dahulu penyebab menurunnya angka kesehatan baterai iPhone dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, seperti :

  • Usia baterai yang sudah tua
  • Jumlah pengisian baterai sudah ratusan kali
  • Penggunaan yang lama untuk performa berat (misalnya : gaming)
  • Suhu baterai sering panas
  • Baterai sering dalam keadaan sangat kosong


Untuk mencegah angka kesehatan baterai yang semakin menurun setidaknya memperlambat penurunannya agar dapat bertahan lebih lama silakan ikuti tips-tips berikut :

Hindari Penggunaan iPhone Pada Ruangan Yang Panas

Menggunakan iPhone di ruang dengan suhu yang panas dapat menyebabkan baterai iPhone ikut menjadi panas juga, akibat dari panas baterai akan cepat mengalami kerusakan atau setidaknya tidak sekuat dengan kapasitas aslinya.

Lepas Case Ketika Mengisi Daya

Melepas case ketika mengisi daya akan membantu iPhone tetap menjadi dingin karena udara segar dari luar yang mengalir, ketika iPhone dicas suhu baterai akan meningkat, maka dari itu jika kalian merasa iPhone kalian panas saat dicas silakan lepas case dan biarkan teraliri udara segar agar iPhone menjadi lebih dingin.

Hindari Main Sambil Cas

Main sambil cas dapat menyiksa baterai dan membuat suhu baterai menjadi sangat panas, apalagi saat kalian berada pada suhu ruangan yang panas, bukan hanya itu main sambil cas juga dapat berdampak pada kualitas kesehatan komponen pada lainnya pada iPhone.

Jangan Tunggu Hingga Kosong Baru di Cas

Membiarkan baterai iPhone benar-benar kosong akan membuat kinerja baterai menurun dan kehilangan sebagian dari kapasitas yang bisa ditampungnya, pastikan jika baterai sudah menunjukan angka 20 - 30% itulah saat yang tepat untuk melakukan pengisian daya.

Cas Sampai 80% Saja

Menurut beberapa penelitian melakukan pengisian daya hingga 80% saja dapat meningkatkan kesehatan baterai iPhone hingga lebih dari 200%. Jadi bagi yang sedang tidak ingin bepergian melakukan pengisian daya sampai 80% saja adalah hal yang patut dilakukan.

Update ke iOS Terbaru

Mengupdate ke iOS Terbaru (caranya : Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak), hal ini berguna untuk mendapatkan manajemen pegaturan baru yang canggih dari Apple untuk memaksimalkan kinerja baterai.


Jika Menyimpan iPhone Dalam Waktu Yang Lama

Jika kalian tidak ingin menggunakan iPhone tersebut untuk beberapa minggu bahkan bulan ke depan, pastikan kalian menyimpan iPhone dengan keadaan mati dan daya baterai terisi separuh saja, baterai yang kosong akan membuat baterai kehilangan daya tampungnya seiring dengan waktu dan jika terisi penuh dalam waktu yang lama akan mengurangi daya tampungnya.

Hindari iPhone Terapapar Sinar Matahari Terlalu Lama

iPhone yang terapapr sinar matahari terlalu lama bukan hanya menyebabkan Baterai menjadi sangat panas melainkan dapat merusak komponen lainnya dalam iPhone, sebisa mungkin menghindari menaruh iPhone yang terpapar langsung dengan sinar matahari.

Gunakan Mode Hemat Daya

Mode hemat daya berguna untuk membatasi kinerja penggunaan Baterai berlebihan, fitur ini juga dapat menonaktifkan proses latar belakang yang tidak diperlukan, mengurangi kecerahan pada layar dan mematikan fitur penyegaran aplikasi di latar belakang.

Kurangi Kecerahan Layar

Mengurangi Kecerahan layar akan membantu iPhone kalian bertahan lebih lama karena penggunaan baterai yang lebih sedikit, selain itu cara ini akan membantu memperpanjang usia baterai.

Gunakan Charger Asli

Menggunakan charger tidak original / asli akan menyebabkan usia baterai pada iPhone semakin menurun karena tidak dialiri arus yang sesuai seperti yang telah ditetapkan oleh Apple, jadi pastikan kalian menggunakan charger original dari Apple, termasuk kabel dan adaptornya.

Baik itu saja tips cara mencegah penurunan kesehatan baterai iPhone yang semakin parah, satu lagi jika memang baterai kalian sudah menyebabkan iPhone mengalami hal-hal yang aneh seperti mati / restart sendiri, aplikasi mulai lag (tidak seperti biasanya), iPhone cepat panas dan lain-lain.

Usahakan untuk mengganti baterai pada iPhone dengan yang baru untuk mendapatkan kinerja normalnya kembali.

Baca Juga : 5 Cara Unik Menyalakan iPhone Tanpa Tombol Power atau Home