Penyebab dan Cara Memperbaiki iPhone atau iPad yang Tiba-Tiba Mati

iPhone atau iPad yang tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh berbagai macam hal mulai dari hal sepele hinggal hal yang fatal, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah berusaha untuk tidak panik dan melakukan cara-cara yang saya berikan di bawah.


Restart Paksa iPhone


Cara ini akan membantu iPhone atau iPad kembali menyala jika memang disebabkan oleh masalah iOS ( bug, stuck, tidak responsive dll ), Cara Force Restart :

iPhone 5S, 6, 6S, SE dan iPad

Tekan dan Tahan tombol Power bersama dengan tombol Home secara bersamaan sekitar 10 - 15 detik sampai muncul logo Apple.

Khusus seri iPhone 7

Tekan dan Tahan tombol Power bersama dengan tombol Volume Bawah secara bersamaan sekitar 10 - 15 detik sampai muncul logo Apple.

iPhone 8, X, XS, XS Max, Xr, 11, 11 Pro, 11 Pro Max dan iPad Pro

  • Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
  • Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
  • Sekarang tekan dan tahan tombol Power sampai sekitar 10 - 15 detik hingga muncul logo Apple

Ulangi langkah di atas beberapa kali hingga berhasil, jika sudah berhasil berarti iPhone atau iPad kalian hanya mengalami freeze (stuck), tetapi jika tidak berhasil dan tidak muncul tanda-tanda kehidupan (layar menyala dan menunjukkan logo Apple), silakan gunakan cara kedua berikut :

Cas Hingga Beberapa Jam

Langkah selanjutnya untuk memastikan bahwa iPhone dan iPad kalian hanya kekurangan daya atau kehilangan daya baterai silakan cas perangkat hingga setidaknya 2 jam dan lihat hasilnya apakah iPhone menyala atau tidak.

Jika iPhone Tercebur ke Air

Jika iPhone atau iPad kalian mati dan tidak bisa menyala lagi akibat tercebur ke air, silakan keringkan terlebih dahulu menggunakan kipas hingga satu hari penuh atau hingga benar-benar kering, cabut juga simtraynya supaya angin dari luar dapat mengeringkan komponen yang ada di dalam iPhone atau iPad, gunakan juga handuk kering untuk mengeringkat bagian terluarnya.

Jangan pernah coba menyalakan iPhone atau iPad dalam keadaan basah, tunggu hingga benar-benar kering dan coba nyalakan kembali dengan cara menekan tombol power atau dicas.

Tidak Berhasil?


Jika iPhone atau iPad tidak kunjung menyala ada kemungkinan besar masalah datang dari mesin atau baterainya, jika iPhone atau iPad berusia kurang dari 1 tahun dan masih dalam masa garansi silakan pertimbangkan untuk digaransikan, tetapi jika sudah tidak dalam masa garansi langkah terbaik adalah membawanya service center Apple resmi atau tempat reparasi iPhone terpercaya agar iPhone dapat didiagnosa penyebab dan kerusakannya.