5 Cara Unik Menyalakan iPhone Tanpa Tombol Power atau Home

Bagi kalian yang sedang apes karena kedua tombol pada iPhone atau iPad kalian sekarang tidak berfungsi (kalau iPhone atau iPad seri terbaru dengan face id hanya tombol Power saja), nah pada postingan kali ini saya akan membagikan alternatif bagaimana caranya mematikan dan menyalakan layar iPhone kalian tanpa tombol apapun.


Sebelum melanjutkan ada baiknya kita nyalakan fitur AssitiveTouch terlebih dahulu, caranya silakan baca artikel berikut : 


Gunakan Fitur Angkat-Bangun / Raise to Wake

(hanya khusus iPhone 6S atau lebih baru)

Alternatif pertama kita akan menggunakan fitur Angka-Bangun atau Raise to Wake, jadi dengan fitur ini untuk menyalakan layar iPhone kalian hanya perlu menangkat iPhone yang diletakkan dan secara ajaib layar iPhone kalian akan otomatis menyala.

Cara Menyalakan fitur ini silakan masuk ke Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Angkat-Bangun


Setelah layar iPhone berhasil menyala silakan gunakan AssitiveTouch untuk dapat masuk ke Homescreen atau layar Password.

Fitur Ketuk-Bangun atau Tap to Wake

(hanya khusus iPhone X atau lebih baru)

Yang kedua kalian dapat memanfaatkan fitur Ketuk-Bangun atau Tap to Wake, jadi untuk menyalakan layar iPhone kalian tinggal mengetuk saja layarnya dengan jari dan iPhone otomatis akan langsung menyala.

Untuk menyalakan fitur Ketuk-Bangun silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Aksesbilitas > Sentuh > Ketuk-Bangun


Manfaatkan fitur Dengarkan "Hey Siri"

(hanya khusus iPhone 6S atau lebih baru)

Fitur Dengarkan "Hey Siri" berfungsi untuk memanggil virtual assistant iOS walaupun layar iPhone dalam keadaan mati, jadi ketika kita menyebutkan " Hey Siri " maka otomatis layar iPhone akan menyala dan menampilkan virtual assistant Siri.

Nah fitur ini bisa kita manfaatkan untuk membangunkan iPhone dan untuk mengakses layar lock screen tinggal gunakan fitur tombol yang ada pada AssitiveTouch.

Berikut cara menyalakan fitur Dengarkan " Hey Siri " :

Pertama masuk ke Pengaturan > Siri & Pencarian kemudian nyalakan menu Dengarkan " Hey Siri ", setelah itu nanti kalian akan diarahkan ke menu dimana kalian hanya menyebutkan kata-kata yang ada di layar, fungsinya agar siri dapat mengenali suara kalian.



Sebelum melanjutkan pastikan kalian sudah menyalakan fitur AssitiveTouch juga, kalau belum silakan nyalakan di Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssitiveTouch.

Sekarang apabila layar pada iPhone kalian sudah dalam keadaan off / mati silakan sebutkan kata " Hey Siri " untuk membangunkan layar iPhone, jika sudah bangun tinggal buka AssitiveTouch lalu pilih tombol Home / Utama dan sekarang tinggal masukkan password pada iPhone kalian deh (kalau tidak menggunakan password akan langsung masuk ke homescreen).



Nyalakan dengan Cara Dicas

Cara ini terbilang Anti-Mainstream, ya kalian tinggal sambungkan iPhone kalian ke Charger atau ke Laptop menggunakan kabel data dan ketika layar iPhone kalian menyala tinggal gunakan AssitiveTouch atau Gestur khusus iPhone dengan Face ID untuk mengakses menu iPhone atau menu password.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan power bank sebagai alternatifnya.


Nyalakan dengan Cara Ditelepon / SMS / Chat

Cara Anti-Mainstream ke #2 adalah dengan cara menelpon / sms / chat dari hp lain ke iPhone dan ketika layar menyala silakan gunakan AssitiveTouch untuk mengakses layar depan iPhone / layar Password.


Menyalakan iPhone dalam Keadaan Mati

Cara satu-satunya yang dapat kalian lakukan adalah dengan menyambungkan iPhone kalian ke Charger (di cas) atau sambungkan ke PC / Laptop / Mac menggunakan kabel sambungan data USB, setelah mendapat power maka iPhone kalian akan menyala secara otomatis, jika sudah menyala silakan gunakan cara-cara di atas untuk membuka akses masuk ke dalam iPhone atau iPad.

Ya itu saja cara-cara menyalakan iPhone tanpa menggunakan tombol apa-apa, tentu cara ini sangat berguna bagi yang kedua tombolnya benar-benar mati atau tidak ada tombol apa-apa lagi yang dapat digunakan untuk menyalakan iPhone.