Cara Mematikan, Mengunci dan Screenshot di iPhone Tanpa Tombol Power

Tombol Power pada iPhone dan iPad merupakan tombol yang penting karena berfungsi sebagai jalur untuk mematikan, mengunci, screenshot bahkan untuk melakukan konfirmasi pembayaran (khusus seri iPhone dengan Face ID).


Tetapi apa jadinya jika tombol power tersebut ternyata mengalami kerusakan?

Rusaknya tombol power bukanlah akhir dari perjalanan iPhone tersebut, Apple sudah menanamkan banyak fitur yang dapat di jadikan akses pengganti tombol Power, salah satunya adalah :

Baca Juga : 5 Cara Unik Menyalakan iPhone Tanpa Tombol Power atau Home

AssitiveTouch

Assitive Touch pada iPhone memiliki fungsi untuk menggantikan tombol Home dan Power, seluruh fitur pada iPhone yang menggunakan tombol Power dan Home sudah di gantikan dengan menu-menu yang terdapat pada Assitive Touch.

Contohnya saja, menu untuk Mengunci Layar, Mematikan / Restart, Screenshot, Mengatur Volume, Membuka Control Center dan Panel Notifikasi, Gestur pengganti Jari, Lock rotasi Layar sampai dengan Menggoyangkan iPhone pun dapat di gantikan fungsinya oleh AssitiveTouch.

Berikut adalah tampilan dari AssitiveTouch :




Cara Mengaktifkan AssitiveTouch :

Caranya mudah silahkan buka menu Pengaturan > Aksesibilitas > Sentuh > AssitiveTouch kemudian nyalakan.


Menu Pengaturan

Kalian juga dapat mematikan iPhone dari dalam menu Pengaturan, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Matikan.


Bagaimana mudah bukan? sebenarnya jika di kutip dari Apple bahwa fitur AssitiveTouch ini berfungsi sebagai pengganti tombol Home atau Power ketika kita menggunakan aksesoris pihak ketiga yang menutupi kedua tombol tersebut, tapi nyatanya fitur ini lebih berfungsi sebagai pengganti kedua tombol tersebut jika mengalami kerusakan. :)

Baik sekian dulu postingan kali ini semoga dapat bermanfaat, Terima Kasih!

Baca Juga : Fitur 'Hapus Untuk Semua Orang' WhatsApp Tidak Menghapus Media Yang Terkirim pada Pengguna iPhone