Ini dia Daftar Game PC yang Tersedia Juga di iPhone dan Android

Perkembangan teknologi memang sangat cepat, jaman dulu orang lebih tertarik memainkan game-game yang ada di PC ataupun Konsol ( PS 1, PS 2, Nintendo dll ) karena memiliki kualitas permainan dan kontrol yang jauh lebih menyenangkan.

Tahun demi tahun berlalu perkembangan teknologi pun tidak terasa sudah secanggih sekarang ini, banyak judul-judul game yang ada di PC akhirnya bermigrasi ke smartphone iPhone maupun Android, hal ini tidak lepas dari kemampuan hardware yang ada pada Smartphone itu sendiri sudah sangat memungkinkan menjalankan game-game 'berat' dengan kualitas grafik yang tinggi.

Pada postingan kali ini saya akan membagikan daftar game-game iPhone maupun Android yang ternyata ada juga di PC, bisa di bilang game kualitas sekelas PC sudah sangat membanggakan bisa di mainkan pada Smartphone, berikut adalah daftarnya :

#1 : GTA San Andreas, GTA Vice City, GTA III


Game ini sengaja saya taruh pada daftar pertama, siapa sih yang tidak pernah mengenal serial game besutan Rockstar ini? trio Grand Theft Auto ini memiliki penggemar dan pecintanya dari seluruh dunia walaupun terkesan sudah jadul dan kuno, pada masanya game ini merupakan game yang cukup berat untuk di jalankan, bahkan di notebook pertama saya pun game ini masih sangat lag, tidak di sangka pada tahun 2013 GTA San Andreas pertama kali di rilis untuk perangkat iOS tidak lama kemudian di susul untuk Android, untuk saat ini game ini bukanlah masalah bahkan iPhone 5 dan Smartphone Android keluaran tahun 2012 saja masih mampu menjalankan game ini dengan baik.

#2 : Minecraft


Jika kalian ingin menuangkan imajinasi kalian game yang satu ini wajib di mainkan, Minecraft adalah game Sandbox ( bebas berpetualang sesuka hati ) di mana kalian dapat membangun bangunan apapun dari kotak-kotak kubus kecil hingga menjadi sebuah dunia yang mana dunia itu adalah hasil dari imajinasi kalian. Game yang di kembangkan oleh Mojang ini pertama kali di rilis untuk PC dan Mac pada tahun 2011 kemudian berlanjut ke Android dan iOS pada tahun yang sama. Jika di suruh memilih hanya satu game offline yang dapat di mainkan, game ini adalah pilihan saya hehe..

#3 : PUBG Mobile


Siapa sih yang tidak tahun game yang satu ini? ya game PUBG merupakan game yang sedang naik daun berkat kualitas permainan dan grafiknya yang sangat memukau, di dalam game ini kalian di akan bertahan hidup dalam satu pulau yang bisa di isi hingga 100 pemain, dengan memanfaatkan senjata yang sudah di sediakan secara random pada bangunan-bangunan tertentu siapa yang yang bertahan hingga akhir ia adalah pemenangnya. Game ini awalnya berasal dari platform PC yang di rilis pada tahun 2017 kemudian di desain untuk versi smartphonenya dengan nama PUBG Mobile pada tahun 2018 dan hingga kini sudah tersedia untuk iPhone dan Android.

#4 : Limbo


Game Arcade bergenre Puzzle ini bukanlah game sembarang puzzle, dalam game ini kalian akan menjalankan satu karakter seperti 'anak kecil' yang akan melewati berbagai macam rintangan yang sangat menguras otak, yang menjadikan game Puzzle ini spesial adalah Latar, Soundtrack dan Gameplaynya yang sangat-sangat menarik dan tidak membosankan. Game ini di kembangkan oleh developer Indie 'PlayDead' dan dirilis pertama kali untuk Xbox pada tahun 2010, PC pada tahun 2011, iOS pada tahun 2013 dan yang terakhir Android pada tahun 2015.

#5 : Bully: Anniversary Edition


Bully adalah game yang di kembangkan dan dirilis oleh Rockstar pada sekitar tahun 2006 untuk PlayStation2 dan PC pada tahun 2008, game petualangan ini menceritakan seorang remaja yatim piatu nakal bernama Jimmy Hopkins yang sudah beberapa kali di usir dari sekolah lamanya sampai berakhir kedalam akademi Bullworth dan menundukan satu per satu geng yang ada di sana. Bisa di bilang alur cerita dan gameplay dari Bully ini sangatlah menarik, di sisi lain game ini mempunyai banyak hal yang dapat kalian lakukan secara bebas. Pada tahun 2016 War Drum Studios mengembangkan game ini untuk dirilis pada iOS dan Android.

#6 : PES / Pro Evolution Soccer


Siapa sih pecinta game bola yang tidak kenal dengan Pro Evolution Soccer disingkat PES, game bola ini adalah game yang pasti sering kalian temukan pada rental-rental PlayStation, game bola pesaing FIFA ini sangatlah di minati kebanyakan gamers bola di Indonesia selain gameplaynya yang semakin tahun semakin realistis grafiknya pun tidak kalah nyatanya. Game PES dengan nama Winning Eleven ini sudah dirilis pertama kali pada tahun 1996 untuk PlayStation, PC pada tahun 2003 hingga iOS pada tahun 2010 dan Android pada tahun 2011. Walaupun begitu kualitas game PES yang ada di Smartphone tidak kalah dengan yang ada pada PC dan PlayStation walaupun tidak begitu memuaskan.

#7 : FIFA Mobile


Sama seperti di atas, FIFA Mobile ( game ) adalah permainan yang pertama kali di rilis sudah sejak tahun 1993, FIFA Soccer merupakan game pertama yang mendapatkan lisensi pertama dari FIFA dan paling banyak mengoleksi jumlah konsol yang di dukung. Game FIFA sendiri pertama kali hadir untuk iOS dan Android sekitar tahun 2009 dan hingga kini game FIFA masih merupakan game pesaing ketat dari PES. Secara gameplay kedua seri game bola ini mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

#8 : Rome: Total War


Game Turn-Based Strategy / Game berbasis giliran ini menceritakan perang pada masa kerajaan Romawi ( 270 SM - 14 M ), dalam game ini kalian di tuntut untuk menuntun pasukan dalam menghadapi pasukan musuh, game ini membebaskan kalian untuk memilih taktik bertempur, tempo menyerang dan lain sebagainya. Game ini pertama kali di rilis untuk PC pada tahun 2004 dan hadir untuk iOS iPad pada tahun 2016, iPhone dan Android pada tahun 2018.

Dan masih banyak lagi yang tidak bisa ( capek ) saya deskripsikan satu-per-satu seperti :

#9 : XCOM: Enemy Within

#10 : NBA 2K20

#11 : F1 2016


#12 : Thimbleweed Park


#13 : The Room

#14 : Civilization Revolution

#15 : Reigns

#16 : Terraria

#17 : Farming Simulator

#18 : Five Nights at Freddy's

#19 : This War of Mine

#20 : Oddworld: New 'n' Tasty!

#21 : To the Moon

#22 : DISTRAINT: Deluxe Edition

#23 : Plants vs. Zombies

#24 : The Last Warlord

#25 : Through the Ages

#26 : Animus - Stand Alone

#27 : Goat Simulator

#28 : Dead Rain - New Zombie Virus

#29 : Need for Speed

#30 : Identity V

#31 : Angry Birds

#32 : Mortal Kombat

#33 : The Banner Saga

#34 : Crashlands

#35 : Hidden Folks

#36 : Portal Knights

#37 : Party Hard Go

#38 : The Inner World

#39 : Rusty Lake Paradise

#40 : 80 Days

#41 : Oceanhorn

#42 : The Wolf Among Us

#43 : Batman: The Enemy Within

#44 : ICEY

#45 : Construction Simulator

#46 : Transport Tycoon

#47 : RollerCoaster Tycoon

#48 : Youtubers Life

#49 : Final Fantasy

#50 : Football Manager

Sebenarnya masih sangat banyak game yang di port dari PC ke Smartphone lainnya bahkan ada yang hanya hadir untuk platform iOS saja sampai saat ini seperti Grid:AutoSport, Dust: An Elysian Tail, Inside dan lain-lain yang akan saya post pada postingan terpisah.

Untuk saat ini 50 daftar di atas dulu ya.. untuk game-game populer pada PC lainnya yang hadir di iPhone dan Android akan saya tambahkan nanti.

Menurut kalian berapa banyak judul game apalagi yang kurang?