Skor Performa Antutu dan Geekbench Apple A13 Bionic pada seri iPhone 11

iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max baru saja di umumkan beberapa hari yang lalu, membawa peningkatan performa dengan mengusung Chipset terbaru dari Apple yaitu A13 Bionic dengan ukuran 7nm Pro / + yang mengandung 8.5 miliyar transistor hasil manufaktor bersama TSMC.


Untuk urusan performa kali ini Chipset Apple A13 Bionic rancangan Apple memiliki 6 Core / Inti yang terbagi tugas menjadi :

> 2 Core untuk Performa penuh, dan di klaim lebih cepat 20% dan lebih hemat daya 30% di banding pendahulunya Apple A12 Bionic.

> 4 Core untuk Efisiensi, di klaim lebih cepat 20% dan lebih hemat daya hingga 40% di banding pendahulunya.

Sedangkan untuk sektor GPU / Unit Pemroses Grafis, Apple mengoptimalkan METAL ( sejenis OpenGL ) sekarang dengan 4 Core yang 20% lebih cepat dan 40% lebih rendah dalam mengkonsumsi daya.

Tidak ketinggalan Apple juga meningkatkan teknologi A.I nya yaitu Neural Engine yang sekaran di sokong dengan 8 Core yang 20% lebih cepat dan 15% lebih hemat daya.

Jika di lihat dari performa yang di bawa Apple A13 Bionic rupanya Apple lebih menekankan pada penghematan konsumsi daya ketimbang mempercepat performa dan tentu saja Apple A13 Bionic akan menjadi monster terbaru saat ini hingga Snapdragon 865 memberikan kejutannya pada desember mendatang.

Dan berikut adalah hasil bocoran Benchmark terbaru dari Apple A13 Bionic :


Untuk perbandingan berikut adalah skor dari Apple A12 Bionic :


Untuk Perbandingan berikut adalah skor dari Kirin 990 milik Huawei


Dan gambar di bawah menunjukan hasil benchmark Antutu dari Apple A13 Bionic :


[ Sumber Referensi Gambar : tme.net ]

Bagi yang penasaran berikut adalah spesifikasi dari Chipset Apple A13 Bionic :


  • CPU : Dual-cluster hexa-core (2x Lightning cores @2.66 GHz 4x Thunder efficiency cores)
  • GPU : Apple-designed quad-core
  • NPU : Octa-core Neural Engine
  • RAM : LPDDR4X
  • MODEM : LTE

Walaupun begitu buat kalian yang menggunakan iPhone Xr, Xs dan Xs Max dengan chipset Apple A12 Bionic saya rasa tidak perlu melakukan upgrade, karena peningkatan kali ini tidaklah terlalu besar dan hanya membuang-buang uang saja.

Tetapi jika kalian datang dari iPhone 6, 6S atau 7, maka kali ini adalah kesempatan yang baik untuk upgrade, di samping performa yang kalian dapatkan akan sangat terasa kalian juga akan mendapatkan fitur-fitur terbaru yang selama ini tidak kalian dapatkan.