Kenapa Baterai iPhone Boros Banget? Berikut Penyebabnya

Baterai iPhone kalian terasas boros? mungkin ada beberapa faktor yang tidak disadari dapat menjadi penyebabnya.


Nah berikut adalah alasan kenapa baterai iPhone terasa sangat boros dan cepat habis :

Baca Juga : Dampak dan Pengaruh dari Penurunan Kesehatan Baterai iPhone

Usia dan Kesehatan Baterai

Baterai pada iPhone bukanlah komponen abadi, mereka dapat terdegradasi (mengalami penurunan kualitas dan kapasitas) seiring dengan berjalannya waktu. Baterai sendiri adalah komponen yang memiliki jumlah cycle (pengisian / cas) yang terbatas. Normalnya baterai pada iPhone hanya dapat melakukan cas hingga 300 - 500 kali sebelum kapasitas aslinya semakin menurun drastis.

Maka dengan itu mulai dari iOS 11 Apple menanamkan fitur Battery Health / Kesehatan Baterai yang dapat kalian gunakan untuk memantau kapasitas baterai terbaru dan performa pada iPhone.

Usia iPhone

Kenapa usia iPhone yang sudah lama mempengaruhi baterai? ya hal ini disebabkan oleh kemampuan performa iPhone lama yang harus menangani beban aplikasi-aplikasi sekarang yang semakin lama semakin berat, jadi iPhone model lama dengan performa terbatas akan berusaha semaksimal mungkin untuk menangani aplikasi-aplikasi berat tersebut yang berimbas pada penggunaan daya yang jauh lebih boros.

iOS Terbaru

Tidak dipungkiri walaupun Apple mengatakan akan mempercepat dan mengoptimalkan perangkat model lamanya dengan update iOS terbaru tapi tetap saja dimana ada penambahan fitur dan tampilan baru, pasti kinerja iPhone lah yang akan terbebani, tentu saja dengan kinerja yang berat iPhone akan memakan lebih banyak daya baterai.

Baca Juga : Cara Fake GPS di iPhone Tanpa Jailbreak

Aplikasi Sosial Media

Aplikasi Sosial Media yang menumpuk adalah mimpi buruk bagi baterai iPhone, hal tersebut dikarenakan Aplikasi Sosial Media setiap detiknya selalu mengupdate dan mengambil informasi terbaru yang berimbas pada penggunaan daya baterai yang tidak ada henti-hentinya.

Panas!

Jika kalian sering memainkan (misalnya : gaming) iPhone di saat temperatur / suhu ruangan sedang panas, tentu saja hal tersebut akan berimbas pada komponen baterai pada iPhone yang juga ikut memanas. Panasnya baterai akan cepat menguras daya yang ada di dalamnya.

Kualitas Jaringan

Hal ini hanya berlaku bagi pengguna iPhone yang sering berselancar di Internet menggunakan data seluler, kualitas jaringan yang buruk akan membuat iPhone selalu bekerja keras untuk mendapatkan sinyal yang terbaik dan konsekwensinya adalah peningkatan jumlah penggunaan baterai.

Backup dan Update Otomatis

Tanpa disadari iPhone sering melakukan update Aplikasi dan backup file secara otomatis hal inilah yang membuat baterai pada iPhone menjadi boros.

Fitur Tidak Digunakan Selalu Menyala

Jika kalian menggunakan WiFi, Bluetooth, atau Layanan Lokasi pada waktu tertentu saja sebaiknya setelah pakai langsung dimatikan pada menu pengaturan, menyalanya fitur-fitur tidak diperlukan tersebut dapat menguras daya baterai karena akan terus menerus berjalan.

Kecerahan Layar

Kecerahan layar pada iPhone yang terlalu terang akan sangat berpengaruh pada penggunaan baterai yang jauh lebih boros, kalian dapat menghemat hingga 30% penggunaan baterai harian kalian dengan hanya mengurangi kecerahan pada layar atua menggunakan Auto-Brightness (kecerahan otomatis).

Tips dan Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang Boros!

Untuk Tips dan Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang boros silakan buka link berikut : Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang Boros / Cepat Habis

Baca Juga : Cara Mencegah Penurunan Angka Kesehatan Baterai iPhone