Cara Fake GPS / Location di iPhone Tanpa Jailbreak

Melakukan Fake Location / GPS di iPhone bukanlah hal yang mustahil dilakukan walaupun tanpa akses Jailbreak, fake location / gps sendiri biasanya digunakan dan berfungsi untuk mengubah lokasi kita yang sebenarnya ke lokasi tertentu yang diinginkan, fake gps ini dapat kalian gunakan diberbagai aplikasi contoh saja Apple Maps, WhatsApp, Instagram dan masih banyak lagi aplikasi yang menggunakan akses lokasi kita.


Baru-baru ini admin menemukan cara Fake Location / GPS di iPhone tanpa harus melakukan Jailbreak! bagaimana keren kan? caranya tidak rumit tapi tidak bisa dilakukan tanpa bantuan Komputer, Mac atau Laptop, jadi pastikan kalian memiliki akses ke komputer.
Sebelum melanjutkan saya ingin memperingatkan bahwa saya tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang disebabkan oleh penggunaan Fake GPS ini, jadi silahkan gunakan dengan bijak ya.

Langkah Pertama Siapkan Hal-Hal Berikut

Baik pertama siapkan dulu hal-hal yang kita butuhkan :

> iPhone / iPad / iPod itu sendiri
> Komputer atau Laptop
> Kabel Data
> Sambungan Internet

Kalau sudah langsung saja berikut caranya :

Cara Fake GPS Tanpa Jailbreak

#1 : Pertama silahkan download dan install aplikasi dibawah ini jika belum terinstall ( kalau bisa dahulukan install iTunes setelah itu baru 3uTools )


#2 : Setelah kedua aplikasi diatas terinstall silahkan sambungkan perangkat kalian menggunakan kabel usb data dan buka aplikasi 3uTools

#3 : Pastikan 3uTools mendeteksi perangkat kalian kemudian klik menu Toolbox kemudian pilih VirtualLocation, untuk contohnya silahkan lihat gambar berikut :


#4 : Setelah itu maka akan muncul jendela VirtualLocation seperti pada gambar dibawah, selanjutnya silahkan klik lokasi pada peta yang kalian ingin gunakan.


#6 : Jika sudah dipilih lokasi yang diinginkan pada map, sekarang buka iPhone kalian dan masuk ke homescreen / layar depan ( jangan sampai mati layarnya ), setelah itu sekarang tekan tombol Modify virtual location yang ada disebelah kiri


*Catatan : Jika mengalami error seperti gambar di bawah, baca kembali baik-baik langkah ke #6 di atas

#7 : Tunggu hingga prosesnya selesai..

Baca Juga : Cara Mudah Menampilkan Layar iPhone ke Laptop atau Macbook Dengan Kabel USB



#8 : Jika sudah selesai maka akan dapat peringatan seperti yang ditunjukan pada gambar berikut :



Sekarang cek perangkat kalian dan lihat hasilnya! lokasi kalian sudah berubah pada titik yang sudah kalian tentukan di atas, sekarang silahkan cabut kabel data dari perangkat kalian :)

Untuk mengganti lokasi fake gps silahkan tentukan lagi lokasi lainnya kemudian klik Modify virtual location lagi.

Penting! Akibat Kalibrasi GPS yang secara otomatis dilakukan oleh iPhone, Fake GPS tidak permanen dan dapat hilang. Untuk iOS 12 atau lebih lama Fake GPS dapat bertahan hingga 2 hari, sedangkan untuk iOS 13 Fake GPS dapat bertahan sekitar 3 hingga 6 jam saja.

Apabila Muncul Error Google Maps

Cara #1 : Pastikan aplikasi 3uTools kalian sudah versi yang terbaru, jika sudah langkah pertama apabila muncul error Browser Harus Diupdate agar bisa menggunakan Google Maps. Silahkan ubah Maps yang kalian gunakan ke OpenStreetMap, caranya :


Cara #2 : Jika OpenSteeetMap error juga kalian bisa kembali ke Google Maps dan memasukkan lintang dan bujur lokasi map yang akan di fake secara manual ke dalam menu Longitude ( garis bujur ) dan Latitude ( garis lintang ). Caranya?

  • Buka Google Maps melalui browser apa saja, berikut linknya : https://www.google.co.id/maps
  • Setelah itu silahkan pilih lokasi yang akan digunakan untuk fake ( diklik kiri saja )
  • Jika sudah perhatikan di bagian bawah maps, akan muncul menu yang menunjukkan Longitude dan Latitude dari lokasi yang kalian pilih


Ingat Longitude dan Latitude dipisahkan dengan tanda koma ( , ) seperti contoh gambar diatas menunjukkan Longitude ( -91.192191 ) dan Latitude ( 39.592623 ).

  • Jika sudah masukkan angka bujur Longitude dan Latitude tersebut ke dalam kolom Longitude dan Latitude yang ada di aplikasi 3uTools, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut :


Terakhir, silahkan klik menu Modify virtual location dan tunggu hingga prosesnya selesai. Apabila error kemungkinan Longitude dan Latitude yang kalian masukkan salah ( tidak ditemukan ) atau tertukar posisi, coba tukar posisi angka yang kalian masukkan antara Longitude dan Latitude atau cari lokasi lainnya.

Contoh Hasil Fake GPS Tanpa Jailbreak

" Hasil Fake GPS di aplikasi Apple Maps "


Hasil Fake GPS di aplikasi WhatsApp "


Hasil Fake GPS di aplikasi Google Maps "


Cara Menormalkannya Kembali

Untuk menonaktifkan Fake GPS ini caranya sangatlah mudah yaitu silahkan Restart perangkat kalian dan setelah restart maka lokasi GPS kalian akan kembali seperti normal.

Atau jika masih tersambung ke laptop atau pc silahkan klik tombol Restore true location di dalam menu VirtualLocation


Kemudian klik lagi Reboot


Setelah itu perangkat kalian akan restart dengan sendirinya dan lokasi kalian pun kembali ke dalam keadaan normal.

Baik sekian dulu postingan kali ini semoga dapat bermanfaat, jangan lupa tinggalkan pertanyaan atau komentar kalian di bawah ya.. dan nantikan trik dan tips lainnya seputar dunia iOS, Terima Kasih :)

Baca Juga : Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah di Bongkar atau Service