Cara Install Ulang iOS iPhone Menggunakan Mode Recovery

Restore iPhone / iOS adalah istilah yang di gunakan untuk maksud dan tujuan menginstall ulang software iOS ke dalam perangkat sehingga menjadi seperti baru, metode restore ios ini biasa di gunakan untuk memperbaiki berbagai macam masalah pada iOS seperti bug, stuck, brick, stuck atau error karena jailbreak maupun untuk sekedar untuk update fresh iOS ke versi terbaru.


Jika sebelumnya saya sudah membahas Cara Restore iOS iPhone Menggunakan iTunes, pada postingan kali ini saya akan membahas Cara restore iOS menggunakan metode mode Recovery.

Apa itu mode Recovery?

Seperti namanya mode Recovery sendiri adalah mode pemulihan yang memang merupakan fitur yang di tanamkan Apple di setiap perangkat iPhone, iPod dan iPad yang berfungsi untuk menginstall ulang sistem iOS yang rusak karena berbagai hal termasuk tidak bisa masuk ke dalam homescreen.

Untuk cara restorenya hampir sama seperti cara simple yang menggunakan iTunes hanya saja ada beberapa proses khusus yang harus di terapkan pada metode recovery, kalau begitu langsung saja simak caranya berikut ini :

Siapkan Juga...

Sebelum melanjutkan siapkan dulu hal-hal berikut :

Laptop / Komputer / Mac
Aplikasi iTunes yang sudah terinstall - Download
> Koneksi Internet
Kabel Data
> Baterai pada perangkat minimal ada 50%
> Logout iCloud jika bisa di lakukan
> Backup data-data penting kalian dulu karena proses restore akan menghapus seluruh data pada perangkat.

Jika sudah langsung saja...

Install Ulang iOS via Mode Recovery

#1 : Buka aplikasi iTunes dan sambungkan perangkat kalian menggunakan kabel data

#2 : Sekarang kita akan masuk ke dalam Recovery mode, simak dan ikuti cara berikut dengan baik :

> Untuk seri iPhone 8, X, Xr, Xs, Xs Max :

#1 : Tekan tombol Volume Atas kemudian lepas
#2 : Tekan tombol Volume Bawah kemudian lepas
#3 : Tekan dan tahan tombol Power hingga iTunes menampilkan menu Recovery.

Untuk seri iPhone 7 : tekan dan tahan Volume Bawah dan Tombol Power secara bersamaan hingga muncul tampilan recovery pada iTunes

> Untuk seri iPhone 6S ke bawah : tekan dan tahan tombol Home dan Power secara bersamaan hingga muncul tampilan recovery pada iTunes

#3 : Setelah iTunes mendeteksi perangkat kalian masuk ke dalam recovery mode 


#4 : Sekarang klik tombol Restore dan ikuti instruksi yang di berikan iTunes, kecepatan proses restore bergantung pada kecepatan internet saat mendownload dan kecepatan komputer itu sendiri, proses ini biasanya memakan waktu dari 1 hingga 2 jam lebih.

#5 : Setelah selesai kalian akan di hadapi dengan tampilan kira-kira seperti berikut


#6 : Silahkan pilih menu Restore from this backup jika sebelumnya kalian sudah membackup data melalui iTunes atau pilih Set up as new iPhone untuk melewati backup data dan menyiapkan iPhone kosong seperti baru, jika sudah klik tombol Continue.

#7 : Setelah selesai silahkan cek iPhone kalian dan ikuti instruksi persiapan yang ada pada tampilan layar.

Bagaimana mudah kan? pengalaman yang pernah menimpa saya ketika dulu saya sempat salah menginstall tweak yang tidak kompatibel dengan versi iOS yang saya miliki dan hasilnya perangkat saya bootloop terus menerus dan berhasil di pulihkan kembali ke stock iOS menggunakan cara ini.

Sekian dulu pembahasan kali ini jika ada yang ingin di sampaikan atau tanyakan seputar post ini silahkan tinggalkan pada kolom komentar dan akan saya usahakan di balas secepatnya! terima kasih dan nantikan info-info menarik dan bermanfaat lainnya.