Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service

Sebelum membeli smartphone apalagi iPhone Second ada baiknya kita mengetahui apakah iPhone tersebut sudah pernah dibongkar / service ( ganti komponen, mesin, baterai ) alias refurbished, atau iPhone tersebut memang masih benar-benar Asli dan Original alias belum pernah sama sekali dibongkar.


Mengetahui iPhone Sudah Pernah di Bongkar

Lalu bagaimana cara mengetahuinya? selain kejujuran dari si penjual kita bisa menggunakan metode pendeteksian dan pencocokan serial number disetiap komponen pada iPhone dengan yang seharusnya ( aslinya ), apakah masih sama seperti aslinya atau sudah berubah. Pendeteksian ini menggunakan software bernama 3uTools, penasaran bagaimana caranya? langsung saja ikuti cara berikut ini :

Hal pertama siapkan sebuah Komputer bisa juga Laptop atau Macbook, kemudian siapkan juga kabel data usb dan sambungan internet untuk mendownload aplikasi 3uTools.

Cara Cek Menggunakan Aplikasi 3uTools

#1 : Pastikan kalian sudah menginstall iTunes, jika belum silahkan download dan install terlebih dahulu melalui link berikut :

DOWNLOAD iTunes

#2 : Setelah iTunes terinstall sekarang download dan install aplikasi 3uTools melalui link berikut :

DOWNLOAD 3uTools

#3 : Selanjutnya sambungkan perangkat iPhone, iPad atau iPod kalian yang ingin di cek menggunakan kabel data usb

#4 : Sekarang buka aplikasi 3uTools dan klik pada menu View Verification Report, contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah


#5 : Kemudian akan muncul jendela seperti pada gambar berikut pilih saja Authorize to View


#6 : Tunggu hingga prosesnya selesai ( sekitar 15 - 20 detik ) kemudian akan muncul jendela 3u Tools iDevice Verification Report yang berisikan informasi iPhone kalian apakah mesinnya masih Original atau sudah pernah di Ganti atau Service.


Bisa kalian lihat pada gambar di atas, aplikasi 3uTools akan membaca nomor seri dari mesin pada iPhone kalian dan mencocokannya dengan nomor serial asli bawaan pabrik dari mesin tersebut, jika hasil test menandakan Normal maka mesin tersebut asli.


Fungsi kolom :

  • Kolom Ex factory Value menampilkan nomor serial bawaan pabrik yang seharusnya
  • Kolom Read Value menampilkan nomor serial mesin iPhone kalian sekarang
  • Kolom Test Result menampilkan apakah mesin kalian dalam keadaan Normal atau sudah penah di ganti

Penanda status :

  • Untuk status Normal menandakan mesin tersebut normal dan belum pernah di ganti ( masih bawaan pabrik )
  • Untuk status May be changed menandakan mesin tersebut kemungkinan sudah pernah di ganti karena tidak sesuai dengan bawaan pabrik
  • Untuk status Apple Replaced Device seperti gambar di ats menandakan bahwa iPhone tersebut merupakan hasil dari garansi Apple
  • Untuk status May be damaged menandakan bahwa mesin tersebut kemungkinan mengalami masalah atau kerusakan

Bagaimana mudah kan? cara diatas sangat efektif dan mudah dalam menentukan dan membaca nomor seri dari komponen, walaupun cara di atas belum 100% akurat tapi bisa dijadikan acuan dalam menentukan mesin apakah masih original atau tidak, apakah perangkat merupakan barang refurbished atau tidak dan lain-lain.

Baik sekian dulu postingan kali ini semoga dapat bermanfaat, jika ada yang ingin disampaikan atau tanyakan silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!