Hati-Hati Skor 3uTools Bisa Diubah Dengan Mudah

3uTools adalah aplikasi yang umum digunakan saat ini untuk memeriksa apakah komponen pada iPhone tersebut masih asli bawaannya atau sudah pernah diganti sebelumnya.

Sayangnya tidak jarang ditemukan iPhone yang telah dimanipulasi (ubah, edit, ganti, modifikasi) skor 3uToolsnya, yakni komponen yang seharusnya sudah diganti terdeteksi malah tidak pernah diganti.

Ilustrasi skor 3uTools

Hal ini menimbulkan banyak kekhawatiran pengguna yang ingin membeli iPhone terutama dalam kondisi bekas/second, serta mengurangi kepercayaan pada skor aplikasi 3uTools.


Metode Memanipulasi Skor 3uTools

1. Dengan Bantuan Alat

Memanipulasi skor 3uTools iPhone tidak dilakukan dengan memodifikasi aplikasi 3uTools secara langsung, melainkan salah satunya dengan bantuan alat tertentu dilakukan perubahan informasi nomor seri komponen asli yang tersimpan dalam chip/memory NAND iPhone, untuk diganti dengan nomor seri komponen pengganti.

Sederhananya dengan bantuan alat tertentu dilakukan modifikasi informasi seputar identitas hardware asli/bawaan yang dibawa iPhone tersebut, dalam hal ini nomor seri.

Contoh aplikasi alat yang digunakan untuk mengubah informasi pada chip/memory NAND iPhone.

Salah satu tujuannya agar nomor seri komponen bawaan iPhone yang dibaca oleh aplikasi 3uTools nantinya atau Ex-Factory Value menjadi sama dengan Read Value atau nomor seri komponen pengganti.

Jika menu Ex-Factory Value terdeteksi cocok dengan Read Value maka 3uTools akan menganggap bahwa komponen tersebut asli. Padahal dalam praktik di atas Ex-Factory Value sebenarnya sudah diubah/modifikasi sebelumnya menyesuaikan dengan nomor komponen pengganti yang ditampilkan menu Read Value.

Ilustrasi skor 3uTools sempurna (tidak ada yang pernah diganti)

Sayangnya, diketahui metode melalui alat ini hanya terbatas untuk iPhone 5S hingga iPhone X saja.

Update! terdapat alat khusus untuk memodifikasi data pada Battery Health iPhone serta komponen lainnya, sehingga terlihat dan berfungsi layaknya seperti masih asli bawaan iPhone tersebut. Selengkapnya: Battery Health iPhone Bisa Dipalsukan, Ini Rahasianya

Baca Juga: Berapa Score 3uTools yang Bagus?

2. Mengubah Nomor Seri Komponen Pengganti

Selain metode di atas, metode untuk memanipulasi skor 3uTools dapat dilakukan dengan mengubah nomor seri pada komponen pengganti agar mengikuti nomor seri komponen bawaan iPhone. Cara ini tergolong umum dan sangat sering dijumpai pada iPhone second (ex inter) yang beredar saat ini.

Selengkapnya untuk metode yang kedua ini sudah dibahas lengkap melalui postingan berikut: Skor 3uTools Bisa Diedit dan Dibuat Hijau Lagi

Mengapa Tidak Semua iPhone Bisa Dimanipulasi dengan Cara Pertama?

Seperti yang umum diketahui bahwa iPhone sendiri adalah perangkat dengan keamanan yang sangat kuat, Admin pun awalnya berpikir bisa-bisanya ya chip/memory NAND iPhone diubah dengan mudah melalui aplikasi tertentu.

Namun, dari hasil penemuan Admin sendiri yang didukung juga dari banyaknya kejanggalan yang Admin temukan seperti dukungan perangkat yang bisa dimanipulasi. Tidak salah lagi bahwa exploit Checkm8 yang digunakan juga oleh aplikasi Checkra1n untuk mendapatkan akses jailbreak permanen pada iPhone 5S hingga iPhone X, kemungkinan besar yang menjadi pintu masuknya.


Sekilas Tentang Exploit Checkm8

Checkm8 (dibaca "checkmate") adalah exploit atau celah keamanan hardware-based (bootroom), yang ditemukan pada salah satu komponen di iPhone dengan Chipset A5 hingga A11 pada tahun 2019 lalu oleh hacker atau peneliti keamanan @axi0mX.

Karena bersifat hardware-based atau ditemukan pada salah satu hardware (perangkat keras), exploit ini tidak bisa dipatch/perbaiki oleh Apple melalui update Software.


Bisa dibilang juga exploit ini tergolong cukup berharga dan powerfull untuk memodifikasi perangkat yang terdampak. Bahkan exploit ini memungkinkan proses jailbreak dilakukan hanya dengan bantuan dongle saja (tanpa komputer), melakukan proses bypass (iCloud, jaringan, dll.), ekstraksi data perangkat terkunci, menginstall sistem operasi Android, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, alat yang digunakan untuk memodifikasi chip/memory NAND ini menurut Admin menggunakan exploit dari Checkm8. Apalagi proses ini umumnya memang harus melewati mode DFU yang juga merupakan syarat proses yang digunakan untuk jailbreak iPhone dengan aplikasi Checkra1n.


Bagaimana Cara Mendeteksi Apakah 3uTools Sudah Dimodifikasi dengan Alat?

Admin sendiri pun masih belum mengetahui secara pasti apakah modifikasi tersebut bersifat permanen atau tidak. Namun, karena modifikasi dilakukan pada data yang tersimpan langsung pada memori/chip NAND iPhone, tepatnya memodifikasi SysCfg (System Configuration) atau partisi pada chip/memory NAND yang menyimpan informasi nomor seri komponen, bisa jadi modifikasi ini bersifat permanen.

Jika modifikasi bersifat sementara seharusnya dengan restore/flash ulang iOS dengan IPSW sudah cukup mengembalikan semuanya ke semula.

Jika tidak maka solusi jitu satu-satunya yakni dengan melihat tanda-tanda apakah iPhone tersebut pernah dibongkar atau diganti komponen sebelumnya atau tidak.


Contoh tandanya seperti renggangnya layar dengan bodi iPhone (pertanda besar kemungkinan iPhone pernah dibongkar), 3uTools memberikan skor hijau namun Battery Health iPhone tidak turun-turun atau turun secara tiba-tiba, jumlah charge times sangat sedikit namun Battery Health 100%, dan lain sebagainya.


Apa Sih Alat yang Digunakan untuk Modifikasi Tersebut?

Untuk nama alatnya sendiri beragam namun yang pasti alat ini digunakan untuk memodifikasi chip/memory NAND pada iPhone seperti mengubah nomor seri komponen, model negara, dan lain sebagainya.

Berikut contoh produknya:

iBox Mini DFU Tool


Sebagai informasi saja alat tersebut dijual secara bebas dan kalian pun sebenarnya dapat menggunakan atau mencobanya sendiri.

Penutup...

Nah, menurut kalian sendiri bagaimana?

Kalau menurut Admin untuk saat ini jangan percaya 100% terhadap skor 3uTools ya. Sebaiknya cek secara detail kondisi fisik serta fungsi dari iPhone yang dibeli. Jadikan 3uTools sebagai indikator sampingan.

Jika masih ragu juga ada baiknya untuk mengambil iPhone dalam kondisi baru dan resmi dari Apple yang belum diaktivasi, sebab untuk penggunaan jangka panjang tentu akan lebih terjamin.