Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n

Pada postingan kali ini admin akan membagikan tutorial lengkap cara Jailbreak semua versi iOS yang tersedia hingga saat ini menggunakan aplikasi Checkra1n.

Wah memang bisa semua versi iOS min? bisa dong, namun hanya terbatas pada beberapa perangkat saja, yaitu perangkat yang menggunakan Chipset Apple A7 hingga Apple A11 (iPhone 5S hingga iPhone X).


Checkra1n merupakan aplikasi jailbreak bersifat Semi-Tethered yang menggunakan eksploit "checkm8" hardware-based sehingga tidak dapat dipatch oleh Apple melalui update iOS, hal inilah yang membuat aplikasi Checkra1n dapat dengan mudah menyediakan akses jailbreak pada perangkat yang terdampak pada iOS versi berapapun.

Baca Juga : Perbedaan Jailbreak Semi-Untethered, Untethered, Semi-Tethered dan Tethered

Beberapa perangkat yang terdampak / didukung oleh aplikasi Checkra1n yakni mulai dari iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. 

Kompatibilitas Jailbreak

  • Semua versi iOS sampai iOS 14.3 (update 03/04/21: dikonfirmasi telah mendukung jailbreak hingga iOS 14.4.2)
  • iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X
  • Untuk saat ini aplikasi Checkra1n hanya dapat dijalankan pada macOS dan Linux (untuk Windows akan segera menyusul)

Informasi Penting! Update 03/03/21

  • Khusus pengguna iPhone 8, iPhone 8 Plus, dan iPhone X yang berada di iOS 14 perlu menonaktifkan password dan mengaktifkan menu "Skip A11 BPR Check" pada pengaturan aplikasi Checkra1n.
  • Cara-cara untuk Mac tidak berlaku untuk Mac denga chip buatan Apple (M1)

Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan


***Do with your own risk!***

Cara Jailbreak Menggunakan Checkra1n di Linux

1. Sambungkan iPhone ke dalam komputer menggunakan kabel data / usb (jangan lupa tap trust atau percayai dulu jika diminta)

2. Kemudian buka website checkra1n berikut: https://checkra.in/linux dan perhatikan menu "Using the repo".


3. Jika sudah langsung saja buka aplikasi Terminal di Linux

4. Selanjutnya salin dan masukkan satu-per-satu baris perintah yang terdapat pada menu Using the repo pada website checkra1n di atas ke dalam aplikasi Terminal kemudian tekan tombol Enter, berikut contohnya:


Sebagai catatan, setelah memasukkan perintah terakhir, yakni sudo apt-get install checkra1n dan muncul perintah seperti berikut, silakan masukkan huruf Y kemudian tekan enter kembali.


5. Jika sudah selesai maka kalian akan menemukan aplikasi Checkra1n telah terinstall, langsung saja buka aplikasi Checkra1n tersebut


6. Apabila iPhone telah berhasil terdeteksi oleh aplikasi Checkra1n, silakan klik tombol Start

Penting! jika versi iOS tidak atau belum didukung / support oleh Checkra1n (tombol Start tidak bisa ditekan), pengguna bisa mencoba melanjutkan jailbreak (do with your own risk), dengan cara masuk ke menu Options lalu aktifkan menu Allow Untested iOS/iPadOS/tvOS versions.

Menu tersebut mengizinkan aplikasi Checkra1n untuk menjailbreak versi iOS yang belum secara resmi didukung, jadi sebelum melanjutkan perlu diperhatikan bahwa tidak ada jaminan jailbreak akan berjalan dengan baik, sekali lagi do with your own risk!.


Jika sudah lanjutkan dengan mengklik tombol Start


7. Selanjutnya klik Next lalu pada tahap seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut, silakan perhatikan instruksi yang ditampilkan oleh aplikasi Checkra1n untuk memasukkan iPhone ke dalam mode DFU, jika sudah siap langsung saja klik Start


8. Apabila berhasil maka Checkra1n akan mulai melakukan proses jailbreak, selama proses jailbreak jangan melepas sambungan iPhone ke komputer

9. Setelah berhasil "All Done


10. Langsung saja buka iPhone kemudian buka aplikasi Checkra1n yang terinstall (pastikan iPhone memiliki akses internet) kemudian tap menu Cydia untuk menginstall aplikasi Cydia.


11. Selesai...

Cara Jailbreak Menggunakan Checkra1n di Mac

1. Langsung saja sambungkan iPhone menggunakan kabel Data USB (jangan lupa tap Trust / Percayai pada iPhone jika diminta)

2. Selanjutnya download aplikasi Checkra1n untuk Mac melalui link berikut : https://checkra.in/

Pada Mac, buka dulu System Preferences > Security & Privacy > Click the lock to make Changes dan pastikan pada menu Allow apps downloaded from kalian memilih App Store & Identified developers agar dapat menjalankan aplikasi Checkra1n.

3. Sekarang jalankan aplikasi Checkra1n dan klik tombol Start untuk memulai proses jailbreak


4. Penting! jika versi iOS tidak atau belum didukung / support oleh Checkra1n (tombol Start tidak bisa ditekan), pengguna bisa mencoba melanjutkan jailbreak (do with your own risk), dengan cara masuk ke menu Options lalu aktifkan menu Allow Untested iOS/iPadOS/tvOS versions.

Menu tersebut mengizinkan aplikasi Checkra1n untuk menjailbreak versi iOS yang belum secara resmi didukung, jadi sebelum melanjutkan perlu diperhatikan bahwa tidak ada jaminan jailbreak akan berjalan dengan baik, sekali lagi do with your own risk!.


5. Jika sudah klik kembali tombol Start

6. Selanjutnya klik Next lalu pada tahap ini silakan perhatikan instruksi yang ditampilkan oleh aplikasi Checkra1n untuk memasukkan iPhone ke dalam mode DFU, jika sudah siap langsung saja klik Start

7. Apabila berhasil maka aplikasi Checkra1n akan mulai melakukan proses jailbreak, selama proses jailbreak jangan melepas sambungan iPhone ke Mac

8. Setelah berhasil aplikasi Checkra1n akan menampilkan pesan "All Done

9. Sekarang buka iPhone lalu buka aplikasi Checkra1n yang terinstall (pastikan iPhone kalian terhubung ke koneksi internet)

10. Kemudian tap aplikasi Cydia untuk mendownload dan menginstall aplikasi Cydia


10. Selesai..

Bagaimana tidak terlalu sulit kan?

Sebagai catatan, apabila iPhone dimatikan otomatis jailbreak juga akan masuk ke keadaan nonaktif, untuk mengaktifkan kembali jailbreak kalian perlu mengulangi langkah-langkah diatas kembali kecuali untuk proses menginstall Cydia.

Namun tidak perlu khawatir, tweak-tweak dan aplikasi jailbreak yang sudah diinstall tidak akan terhapus ketika melakukan jailbreak ulang, saat jailbreak kembali aktif otomatis semua tweak yang sebelumnya terinstall akan kembali lagi.


Baik sekian tutorial jailbreak semua versi iOS mulai dari iOS 12, iOS 13 dan versi iOS terbaru yang akan datang nantinya (khusus pengguna iPhone 5S hingga iPhone X).