Cara Boot Linux Ubuntu Secara Portable Menggunakan Flash Drive

Ubuntu merupakan salah satu sistem operasi distribusi dari Linux yang dapat kalian gunakan secara bebas dan tentu saja gratis. Kenapa Ubuntu? sebab bagi kalian yang terbiasa menggunakan Windows atau macOS, pasti tidak akan kesulitan menggunakan Ubuntu karena tampilan dan navigasinya yang mudah dipahami dan cukup familiar. Selain itu Ubuntu juga tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk dapat berjalan dengan baik.


Nah pada postingan kali ini admin akan membahas bagaimana cara boot atau menggunakan Ubuntu langsung melalui flash drive tanpa harus mengistallnya secara permanen. Jadi kalian bisa melakukan boot Ubuntu dimana saja kapan saja hanya dengan menggunakan flash drive yang kalian miliki.

Baik kalau begitu langsung saja berikut cara boot Ubuntu menggunakan Flash Drive :

Bahan yang Harus Dipersiapkan :

  • Flash Drive, HDD eksternal atau penyimpanan lainnya yang harus dalam keadaan kosong
  • Koneksi Internet untuk mendownload beberapa program yang akan kita gunakan

Baik kalau sudah langsung saja ikuti caranya berikut ini :

#1 : Silahkan download OS Ubuntu dan aplikasi Rufus melalui link berikut :


#2 : Setelah itu hubungkan Flash Drive kalian ke dalam PC ( pastikan flash drive dalam keadaan kosong )

#3 : Sekarang buka program Rufus kemudian atur menu Boot selection ke FreeDOS dan pastikan menu Device telah menggunakan Flash Drive yang kalian inginkan untuk menjalankan Ubuntu. Jika sudah klik menu SELECT lalu pilih file Ubuntu yang sudah kalian download tadi.


#4 : Jika sudah silahkan klik tombol START


#5 : Lalu pilih lagi menu " Write in ISO Image mode (Recommended) " kemudian klik OK


#6 : Apabila muncul peringatan seperti berikut klik saja OK


#7 : Sekarang tunggu hingga proses installasi Ubutu ke Flash Drive selesai


#8 : Apabila sudah sekarang klik CLOSE


Sampai tahap ini Ubuntu telah terinstall di Flash Drive kalain. Untuk melakukan Booting atau menjalankan ubuntu silahkan Boot Flash Drive pada PC kalian melalui pengaturan BIOS pada komputer atau laptop masing-masing. Berikut caranya :

Cara Mengatur Booting Flash Drive untuk Menjalankan Ubuntu melalui BIOS

#1 : Pertama silahkan restart PC kalian kemudian masuk ke menu BIOS dengan cara menekan tombol F2 atau DELETE pada keyboard secara terus menerus selama proses restart berlangsung

#2 : Jika sudah cari menu Boot kemudian ubah menu Priority Boot, Boot Option atau First Boot atau apapun itu namanya (setiap bios memiliki nama menu berbeda), yang bertujuan untuk membuat komputer kalian melakukan booting ke Flash Drive yang sudah terinstall Ubuntu terlebih dahulu.


#3 : Jika sudah silahkan simpan perubahan kemudian lihat hasilnya..

Apabila gagal dan kembali masuk ke Windows, kalian bisa mencoba menggunakan menu Boot Overide pada BIOS ( ingat, tidak semua bios memiliki fitur ini ).


Masuk ke Tampilan Ubuntu

Apabila langkah-langkah diatas sudah berhasil, seharusnya kalian akan melihat tampilan menu Ubuntu seperti gambar berikut.


Silahkan pilih Try Ubuntu untuk menggunakan OS Ubuntu tanpa menginstallnya. Jika sudah selamat, kalian sudah bisa menggunakan OS Ubuntu portable tanpa menginstallnya :)


Bagaimana apakah sudah berhasil? oh ya satu lagi, ingat ya bahwa file yang kalian download dan simpan melalui OS Ubuntu ini akan hilang ketika kalian melakukan restart, dalam artian tidak permanen. Untuk menggunakan Ubuntu seperti normal kalian harus melakukan installasi secara penuh.

Baik sekain informasi cara menginstall / boot linux ubuntu secara portable melalui Flash Drive. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.