Cara Edit Foto di iPhone dengan Tulisan, Coretan, Tanda (Markup) dll Tanpa Aplikasi

Ingin mengedit foto di iPhone dan iPad dengan berbagai macam efek tulisan / teks, coret-coret, membuat tanda tangan, menandai bagian foto dengan beragam efek alat seperti pensil, spidol, penghapus, penggaris dan lain sebagainya? tenang saja bagi yang belum tahu pada postingan ini admin akan memberikan caranya, bahkan tanpa perlu aplikasi tambahan alias menggunakan aplikasi foto bawaan iPhone.


Ya, memang menu mengedit foto seperti yang admin jelaskan diatas lokasinya agak sedikit tersebunyi. Namun sekedar informasi saja menu untuk mengedit seperti yang admin jelaskan diatas dinamakan dengan " Markah atau Markup ". Hal ini bisa kalian gunakan untuk mengedit semua foto yang kalian inginkan termasuk screenshot.

Baik kalau begitu langsung saja berikut caranya :

Cara Edit Foto di iPhone dan iPad dengan Tulisan (Teks), Coretan, Tanda (Markup) Menggunakan Aplikasi Foto Bawaan

( bagi pengguna iPad apabila punya, silahkan gunakan Apple Pencil untuk hasil yang lebih bagus dan presisi )

#1 : Pertama buka aplikasi Foto kemudian cari foto yang akan diedit

#2 : Setelah itu tap pada menu Edit dipojok kanan atas foto lalu tap lagi icon bulat 3 titik yang ada dipojok kanan atas juga. Contohnya bisa kalian lihat gambar di bawah berikut :


#3 : Setelah itu pilih menu Markah / Markup, namun apabila muncul peringatan seperti gambar kedua di bawah berikut pilih saja OKE


#4 : Sekarang silahkan gunakan menu pensil, marker atau apapun itu yang berada di bagian bawah foto untuk mengeditnya sesuka kalian.


#5 : Apabila sudah selesai diedit tap menu Selesai ( dipojok kanan atas ) kemudian tap lagi Selesai ( dipojok kanan bawah )


Tips dan Trik Menggunakan Markah / Markup

#1 : Menambahkan Teks, Tanda Tangan dll

Caranya sangat mudah, silahkan tap icon tanda tambah dipojok kanan bawah, kemudian pilih menu yang kalian inginkan.


#2 : Mengatur Ukuran dan Ketebalan Alat

Untuk merubah ukuran ataupun ketebalan dari alat yang dipilih silahkan tap pada salah satu alat, misalnya pensil. Kemudian tap kembali pada alat tersebut untuk menampilkan pengaturan ukuran dan ketebalan.


#3 : Merubah Warna Alat

Untuk merubah warna alat ( pensil, spido dll ), silahakn tap menu Bulat yang tepat berada disamping icon tanda tambah.


#4 : Menggunakan Penggaris

Gunakan penggaris untuk membuat garis lurus, caranya mudah, silahkan tap menu Penggaris kemudian posisikan penggaris ditempat yang akan kalian gambar. Jika sudah silahkan cara alat yang akan kalian gunakan lalu seret diujung penggaris layaknya menggunakan penggaris didunia nyata :)


#5 : Menghapus Tanda yang Salah

Untuk menghapus tanda yang salah gunakan menu Penghapus seperti yang ditujukkan gambar berikut, kemudian usap ke tanda yang akan dihapus. Atau gunakan menu Revert apabila ingin menghapus langkah sebelumnya.


Baik sekian cara mengedit foto di iPhone dengan beragam efek tulisan / teks, coret-coret, tanda tangan dan lain sebagainya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.