Cara Rekam Layar iPhone & iPad dengan Suara Eksternal (Mic) dan Internal

Bagi kalian yang ingin merekam layar di iPhone, iPad ataupun iPod touch beserta dengan suara eksternal ( suara dari mic, ada suara kita / kalian sendiri saat merekam ) caranya sangatlah mudah. Disini kalian dapat menggunakan Mic dari iPhone atau iPad itu sendiri sebagai suara eksternal untuk merekam suara dari kalian sendiri, namun tenang saja suara internal juga ikut terekam kok.


Kalau begitu langsung saja berikut cara merekam layar di iPhone, iPad, iPod touch beserta suara internal dan eksternal ( dari mic ).

#1 : Pertama buka Pusat Kontrol pada iPhone, iPad atau iPod touch kalian 

#2 : Selanjutnya silahkan tap dan tahan pada menu Perekaman Layar


Apabila tombol merekam belum ada silahkan buka Pengaturan > Pusat Kontrol > Sesuaikan Kontrol kemudian tap tanda + pada menu Perekaman Layar.

#3 : Jika sudah silahkan nyalakan menu Mikrofon


#4 : Terakhir tap menu Mulai Merekam untuk merekam layar iPhone atau iPad kalian beserta dengan suara internal dan eksternal ( mic )

Baik itu dia caranya, sekarang perekaman layar kalian sudah diiringi oleh suara dari internal dan eksternal (mikrofon). Dengan menggunakan suara internal dan eksternal kalian bisa ngevlog bermain game atau membuat tutorial apapun itu dengan ditambah suara kalian sendiri. Kalian juga bisa menghubungkan earphone, earbuds, headset atau apapun itu yang memiliki Mic untuk digunakan sebagai microfon audio eksternal.

Oh ya satu lagi, kalian tidak bisa merekam suara dari aplikasi musik ya, tak terkecuali musiknya itu berasal dari luar ( terekam oleh mic ) dan bukan diputar dari dalam aplikasi musik iPhone.

Baik sekian informasi cara merekam layar di iPhone, iPad & iPod touch yang ada suara internal dan suara eksternal ( suara kita sendiri ). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.