Cara Mengatasi Pesan Pencadangan iPhone Gagal di Pengaturan

Menemukan Pesan Pencadangan iPhone Gagal atau iPhone Backup Failed di dalam aplikasi Pengaturan? lalu apa sih artinya dan bagaimana cara mengatasi atau menghilangkan pesan tersebut?

Munculnya pesan Pencadangan iPhone Gagal disebabkan oleh kapasitas penyimpanan iCloud kalian yang sudah penuh atau telah mencapai batas. Apple sendiri memberikan pencadangan iCloud secara cuma-cuma sebesar 5 GB.

Sedangkan tanpa kalian sadari iPhone secara rutin melakukan backup data-data kalian termasuk foto, data aplikasi, catatan dan lain sebagainya ke dalam penyimpanan iCloud. Nah ketika iCloud gratis dengan kapasitas penyimpanan 5 GB tersebut sudah penuh, munculah peringatan Pencadangan iPhone Gagal.


Cara Mengatasi Pencadangan iPhone Gagal

Untuk mengatasi masalah ini kalian memiliki dua buah pilihan, yang pertama menghapus dan menonaktifkan pencadangan data-data ke iCloud secara otomatis atau yang kedua apabila penyimpanan di iCloud cukup penting buat kalian, kalian bisa membayar tambahan kapasitas penyimpanan iCloud. Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut :

Cara #1 : Mematikan dan Menghapus Pencadangan data iCloud

Perta kalian bisa menghapus dan mematikan pencadangan data secara otomatis ke iCloud. Caranya :

1. Silakan buka aplikasi Pengaturan

2. Kemudian tap akun ID Apple, iCloud, iTunes & App Store kalian di bagian paling atas

3. Jika sudah silahkan tap menu iCloud

4. Lalu tap menu Cadangan


5. Tap lagi menu Perangkat kalian ( jika menggunakan banyak perangkat dalam satu akun, jika tidak skip ke langkah ke #6 )


6. Sekarang kalian bisa memilih untuk menghapus dan mematikan pencadangan otomatis pada aplikasi tertentu atau mematikan dan menghapus semua data pencadangan.

Data pencadanga di bawah tidak mempengaruhi data game yang kalian mainkan dan simpan melalui akun iCloud


7. Apabila kalian memutuskan untuk mematikan salah satu aplikasi saja, kemungkinan aplikasi lainnya akan mencadangkan datanya kembali dan efeknya sewaktu-waktu penyimpanan iCloud bisa penuh kembali. Tetapi apabila kalian tidak mementingkan pencadangan data kalian bisa menghapus dan mematikan semua pencadangan data melalui menu Hapus Cadangan.

8. Jika sudah silahkan kembali ke menu awal Pengaturan, seharusnya setelah menghapus beberapa pencadangan pesan tersebut sudah menghilang. Apabila belum menghilang juga silahkan buka kembali menu tersebut untuk merefresh data pesan atau Restart iPhone kalian ( matikan kemudian nyalakan kembali )

Sebagai tambahan, matikan juga pencadangan Foto secara otomatis (jika kalian mau) melalui menu iCloud > Foto kemudian matikan menu Foto iCloud.

Cara #2 : Membeli Tambahan Kapasitas Pencadangan iCloud

Apabila berniat kalian dapat membeli kapasitas pencandangan iCloud tambahan melalui menu Pencadangan iPhone Gagal tersebut atau melalui pengaturan iCloud.


Ingat harga tersebut di hitung dan di tagih rutin setiap bulannya (langganan), Apabila kalian telat membayar kapasitas berlangganan iCloud, data kalian akan dihapus setelah 30 hari terhitung sejak layanan tidak dibayar.

Baik sekian informasi cara mengatasi pesan Pecadangan iPhone Gagal ( iCloud Backup Failed ). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.