Cara Mengatasi iPhone Boros Baterai Setelah Jailbreak

Seperti yang kita ketahui, Jailbreak merupakah salah satu proses yang membuka fitur keamanan pada iPhone, iPad maupun iPod touch sehingga kita bebas dalam menggunakan iPhone tanpa adanya batasan-batasan yang telah ditetapkan oleh Apple sebelumnya. Namun dibalik kebebasan tersebut selalu ada resiko ketidakstabilan yang timbul saat memutuskan untuk melakukan jailbreak, hal inilah yang menjadi alasan mengapa Apple tidak mengizinkan penggunannya untuk melakukan jailbreak.


Ya salah satu dampak yang sering dialami pengguna iPhone setelah melakukan jailbreak adalah daya tahan baterai yang menjadi jauh lebih boros, dan dalam kasus terburuknya iPhone menjadi tidak stabil dan mudah panas. Lalu kenapa hal tersebut dapat terjadi? dan bagaimana cara untuk mengatasinya?

Penyebab Baterai Menjadi Boros Setelah Jailbreak

> Banyak Tweak Terinstall Yang Memakan Daya Baterai

Menginstall tweak-tweak untuk mempercantik tampilan iPhone memang merupakan salah satu tujuan dari jailbreak. Namun perlu diperhatikan jika kalian menginstall terlalu banyak tweak yang memakan banyak daya baterai, sebagai contoh tweak yang menggunakan tampilan sebagai nilai jualnya ( animasi bergerak, proses yang berjalan terus-menerus dilatar belakang ) tentu dapat membuat baterai pada iPhone kalian menjadi cepat habis dan iPhone menjadi lebih panas, karena iPhone bekerja lebih berat ataupun tidak berhenti bekerja untuk menjalankan tweak tersebut.

> Ada Beberapa Tweak Jailbreak Yang Bentrok

Dalam kasus tertentu bisa saja tweak yang kalian install bentrok antara satu dengan yang lain sehingga membuat kinerja iPhone menjadi terkuras.

> Tweak Tidak Stabil

Tweak yang tidak stabil bahkan tidak kompatibel dengan iOS yang kalian gunakan juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Sebelum membeli dan menginstall tweak pastikan tweak tersebut sudah kompatibel dengan perangkat dan iOS yang kalian gunakan.

> Jailbreak Tidak Stabil

Cara yang digunakan untuk mendapatkan jailbreak adalah dengan mencari dan mengeksploitasi celah keamanan pada perangkat. Namun tidak semua celah yang digunakan dapat bekerja dengan konstan dan stabil, maka dari itu hal yang dapat kalian lakukan adalah dengan menunggu update dari developer jailbreak tersebut, biasanya hal ini terjadi karena aplikasi jailbreak yang masih tergolong baru.

> Cek Kesehatan Baterai

Meskipun begitu proses jailbreak tidak bisa disalahkan seutuhnya, kalian bisa mengecek juga apakah kesehatan baterai pada iPhone kalian sudah mulai menurun atau tidak. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa baca pada postingan berikut : Cara Lengkap Mengatasi Baterai iPhone yang Boros / Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Boros Setelah Jailbreak

> Kurangi Jumlah Tweak Yang Memakan Banyak Daya Baterai

Beberapa tweak yang memakan banyak baterai biasanya merupakan tweak animasi yang dapat merubah tampilan iPhone menjadi lebih keren. Namun konsekwensinya tweak-tweak tersebut dapat memakan banyak daya baterai karena memakan banyak daya kinerja ataupun bekerja terus menerus dilatar belakang.

> Restart dan Jailbreak Ulang

Apabila kalian menggunakan jailbreak yang bersifat Semi-Untethered, Semi-Tethered atau Tethered silahkan restart perangkat kalian kemudian lakukan jailbreak ulang. Untuk yang menggunakan jailbreak Untethered silahkan direstart saja. Jika sudah silahkan lihat hasilnya.

> Update Source Jailbreak

Pastikan kalian rutin dalam mengupdate paket-paket tweak maupun resource dari jailbreak itu sendiri.

> Hindari Tweak Bajakan

Tweak Bajakan juga bisa menjadi salah satu penyebab baterai pada iPhone menjadi lebih boros, kenapa begitu? karena biasanya peretas melakukan beberapa teknik tertentu yang memakan daya baterai dalam membajak tweak tersebut. Disamping itu juga ada resiko malware yang dapat dipaketkan dalam tweak bajakan yang dapat merugikan kalian. So sebisa mungkin hindari tweak bajakan.

> Hapus atau Nonaktifkan Sementara Tweak Tidak Digunakan

Apabila kalian tidak mau menghapus tweak yang tidak digunakan tersebut, kalian dapat menonaktifkannya sementara agar tidak berjalan dilatar belakang. Bila tidak ada pilihan untuk menonaktifkan tweak tersebut kalian dapat menonaktifkannya secara paksa melalui aplikasi iCleaner Pro, caranya baca pada postingan berikut : Cara Menonaktifkan / Disable Tweak Jailbreak Tanpa Menghapusnya

> Bersihkan Cache dan Log pada iPhone Kalian Menggunakan iCleaner Pro

Semua log, cache, file sampah dan lain sebagainya dapat menumpuk pada iPhone kalian seiring dengan waktu. Karena perangkat kalian sudah di jailbreak kalian dapat menggunakan tweak aplikasi iCleaner Pro untuk membersihkan semua file-file yang tidak lagi digunakan tersebut, caranya? silahkan baca pada postingan berikut : Cara Install Aplikasi iCleaner Pro di iPhone dan iPad Jailbreak

Solusi Terakhir...

Apabila cara-cara diatas tidak juga membuahkan hasil ada beberapa hal terakhir yang bisa kalian lakukan, pertama cek kesehatan baterai pada iPhone kalian kalau memang terbukti sudah buruk ( dibawah 70% bahkan 60% ) ada baiknya untuk diganti. Namun apabila baterai health masih terbukti bagus dan tidak ada masalah bahkan sebelum jailbreak dilakukan, disini kalian punya dua pilihan yang pertama menunggu update dari developer jailbreak atau yang kedua menghapus jailbreak tersebut.

Baca Juga : Cara Lengkap Menghapus Total Jailbreak di iPhone pada iOS versi Berapapun

Baik sekian informasi penyebab dan cara memperbaiki iPhone, iPad ataupun iPod touch yang menjadi boros baterai dan cepat panas setelah melakukan jailbreak. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mungkin ada yang mau menambahkan? silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!