Apa itu LiDAR Scanner yang ada pada iPhone dan iPad Pro terbaru?

Apple baru saja merilis iPad Pro Generasi ke 4 yang membawa sejumlah fitur dan peningkatan  dibandingkan dengan iPad Pro generasi sebelumnya. Selain fitur dukungan untuk TrackPad, ada satu hal yang menjadi fokus perhatian dari iPad Pro Gen-4, dan hal tersebut adalah LiDAR Scanner.

Gambar : Apple

Lalu apa itu LiDAR Scanner?

Menurut Wikipedia LiDAR Scanner atau ( Light Detection and Ranging ) merupakan salah satu teknologi pengukuran ( peraba ) optik jarak jauh, yang mengukur properti cahaya sekitar untuk menemukan informasi jarak atau target. Metode untuk menentukan jarak pada objek adalah dengan menggunakan pulsa laser.

Sama juga seperti LiDAR Scanner yang terdapat pada iPad Pro Gen-4 terbaru, fitur ini dimanfaatkan untuk mengukur objek dengan jarak sekitar 5 meter dan bekerja di dalam maupun di luar ruangan.

Gambar : Apple

Hasil akhirnya, teknologi LiDAR Scanner pada iPad Pro dan iPhone dapat menambah pengalaman lebih nyata dan akurat dalam menjalankan AR (augmented reality), pengukuran objek menjadi lebih cepat (contohnya mengukur tinggi badan seseorang), pengukuran objek menjadi lebih terperinci dan lain sebagainya.

Meskipun untuk saat ini LiDAR Scanner masih eksklusif untuk iPad Pro Generasi ke-4, tetapi tidak menutup kemungkinan teknologi terbaru yang pertama kali hadir untuk perangkat seluler ini, juga akan dihadirkan pada perilisan iPhone 12 mendatang.