Cara Lengkap Menghapus Total Jailbreak di iPhone pada iOS versi Berapapun

Bagi kalian pengguna iPhone yang sudah di-Jailbreak dan ingin menghapus Jailbreak tersebut (un-jailbreak), kalian dapat melakukannya dengan mudah dengan cara melakukan restore atau menghapus total iPhone kembali ke pengaturan pabrik.


Tidak sedikit pengguna yang ingin menghapus jailbreak karena banyak alasan seperti aplikasi banking yang sulit di-bypass, takut data keamanan bocor, lebih boros baterai, mau digaransikan, atau mungkin mau dijual.

Baca Juga : Cara Mengunci Catatan di iPhone Menggunakan Password, Fingerprint & Face ID

Sebelum melanjutkan silakan backup data-data penting pada iPhone terlebih dahulu seperti foto, video, kontak, catatan, data aplikasi dan lain sebagainya. Do With Your Own Risk!

Metode yang akan digunakan disini adalah dengan menginstall ulang iOS pada iPhone menggunakan file firmware iOS / IPSW. Cara ini Admin gunakan karena lebih ampuh dalam menghapus total iOS yang telah terjailbreak untuk diganti total ke iOS yang masih fresh / baru.

Install Ulang iOS pada iPhone melalui IPSW

1. Pertama-tama download file Firmware iOS (IPSW) yang sesuai dan cocok untuk perangkat iPhone kalian

2. Caranya silakan buka link berikut : IPSW.me lalu cari dan download IPSW yang kompatibel dengan iPhone kalian atau gunakan menu Identify my Device

3. Ingat saat memilih IPSW pastikan versi iOS tersebut masih dalam status Signed (jangan yang unsigned karena tidak akan bisa diinstall)


4. Sebelum melanjutkan, silakan matikan terlebih dahulu fitur Cari iPhone Saya dari dalam iPhone, caranya masuk ke Pengaturan > Account Apple ID > iCloud > Cari iPhone Saya kemudian Matikan.

5. Jika sudah langsung saja sambungkan perangkat kalian ke dalam komputer yang sudah terinstall iTunes (khusus Mac gunakan Finder) menggunakan kabel data

6. Setelah itu buka aplikasi iTunes dan pastikan iPhone telah terdeteksi

7. Jika sudah silakan Tekan dan Tahan tombol SHIFT pada keyboard kemudian klik menu Restore iPhone...


8. Sekarang cari letak file IPSW yang tadi sudah kalian download lalu klik Open.


9. Jika muncul peringatan sebagai berikut klik saja Restore.


10. Tunggu hingga proses Restorenya selesai biasanya sekitar 30 menit - 1 jam (Extracting, Preparing, Restoring, Verifying), saat proses restore perangkat kalian akan restart berulang-ulang dan itu nomal.


11. Setelah proses restore selesai iTunes akan menampilkan noifikasi seperti berikut


12. Lanjutkan dengan mengatur perangkat kalian seperti biasa, untuk di iTunes sendiri silakan pilih mau merestore data yang tadi kalian sudah backup atau ingin melanjutkan dengan data kosong tanpa backup.


13. Terakhir, silakan klik Continue. Selesai..

Sekarang iPhone sudah seperti baru lagi dan jailbreak telah musnah dari iPhone kalian, untuk jailbreak ulang silakan lakukan seperti biasa dan pastikan jailbreaknya sudah tersedia ya.. untuk informasi ketersediaan terbaru jailbreak bisa dicek pada link berikut: Info Jailbreak

Bagaimana gampang kan? jika ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan seputar tutorial di atas, silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah, Terima Kasih!

Baca Juga : Penting! Lakukan Hal Ini Sebelum Menjual iPhone Agar Tidak Menyesal