Penting! Lakukan Hal Ini Sebelum Menjual iPhone Agar Tidak Menyesal

Dalam menjual sebuah iPhone milik pribadi ada beberapa hal penting yang harus kalian lakukan sebelum menyerahkan iPhone tersebut ke tangan si pembeli, hal-hal ini mencakup segala yang telah kalian lakukan pada iPhone tersebut agar tidak hilang atau di salahgunakan oleh orang lain, dan pada akhirnya tidak jarang orang menyesal dengan tidak melakukan hal-hal berikut ini :


Membackup Data Penting

Membackup / Mencadangkan data dalam iPhone adalah hal yang penting, misalnya saja data kenangan seperti foto dan video yang mungkin tidak akan terulang kembali, beberapa data lainnya juga seperti Musik, Podcast, Catatan, Kontak dan lain sebagainya bisa kalian pertimbangkan untuk di backup juga.

Saya menyarankan untuk membackup file foto dan video kalian melalui iTunes ( jika banyak ) dan untuk data kontak, catatan dan lain sebagainya bisa kalian backup melalui menu Pengaturan > ( nama akun kalian ) > iCloud kemudian centang semua data yang akan di backup misalnya Kontak, Kalender, Pengingat, Catatan, Kesehatan, Siri dan lain sebagainya.

Backup Data Aplikasi

Sering melakukan editing video? bermain game petualangan? jika kalian tidak membackup semua hal di atas maka kalian akan kehilangan proses yang sudah kalian lakukan, saran saya gunkan pencadangan iCloud pada aplikasi dan games jika mendukung, jika tidak silahkan backup manual menggunakan aplikasi iTunes di komputer, dengan backup menggunakan iTunes seluruh file dalam iPhone kalian akan di backup.

Backup Chat Aplikasi

Jika kalian menggunakan aplikasi chat seperti WhatsApp silahkan backup chat penting kalian terlebih dahulu, caranya buka aplikasi WhatsApp > Pengaturan > Chat > Cadangan Chat > Cadangkan Sekarang.

Screenshot Layout dan Daftar Aplikasi yang di Install

Yang ini opsional ya.. walaupun kalian bisa menemukan aplikasi yang pernah kalian download dan install melalui menu Purchased di App Store, tetapi tetap saja kalau saya sih biasanya melakukan hal ini untuk mengetahui aplikasi apa saja yang saya install sekarang agar tidak repot-repot lagi nantinya :)

Logout Akun iCloud

Hal ini sangatlah penting untuk kalian dan si pembeli, silahkan logout akun iCloud kalian terlebih dahulu melalui menu Pengaturan > ( nama akun kalian ) > Keluar, jika tidak maka iPhone tersebut bisa terkunci dan hanya pemegang akun saja yang dapat membukanya.


Hapus Konten & Pengaturan

Jika seluruh data-data penting sudah kalian backup silahkan hapus seluruh data dan pengaturan ( termasuk password ) pada iPhone tersebut hingga menjadi kosong seperti baru, caranya masuk ke Pengaturan > Umum > Atur Ulang > Hapus Konten & Pengaturan.


Atau kalian dapat memformat seluruh iPhone menggunakan fitur Restore dan memilih menu Set up as new iPhone melalui aplikasi iTunes di komputer.

Hapus Daftar Perangkat di iCloud

Kalian juga bisa menghapus daftar iPhone kalian dengan login ke iCloud kemudian pilih Cari iPhone Saya / Find My iPhone setelah itu hapus iPhone / Perangkat.

Cek Kelengkapan iPhone

Sebelum menyerahkan iPhone kalian ke si pembeli cek juga kelengkapan iPhone tersebut misalnya seperti Charger, Earphone, Dus, Nota Pembelian kalau perlu dan lain-lain.

Cabut Kartu SIM

Yang terakhir jangan lupa cabut kartu sim kalian ya..

Bagaimana apa saja langka-langkah yang sudah kalian persiapkan? sekian dulu tips yang dapat saya bagikan, jika ada yang ingin di tanyakan, sampaikan atau bahkan ada yang mau di tambahkan? silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah, Terima Kasih!