Cara Mempertebal / Memperbesar Ukuran Teks di iPhone & iPad

Tampilan layar iPhone yang semakin besar namun memiliki ukuran teks yang terkesan kecil dan tipis, membuat sebagian pengguna merasa cukup kesulitan dalam membaca, terutama saat membaca pesan teks, chat di WhatsApp hingga menu-menu dalam aplikasi.


Namun tidak perlu khawatir, iOS sendiri sudah menyediakan fitur yang dapat kalian gunakan untuk mempertebal teks atau tulisan dan memperbesarnya sesuai keinginan kalian. Baik kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini.

Cara Mempertebal Ukuran Teks di iPhone & iPad

#1 : Silahkan buka aplikasi Pengaturan kemudian masuk ke menu Akesibilitas > Layar & Ukuran Teks ( bisa juga melalui Pengaturan > Tampilan & Kecerahan )

#2 : Jika sudah sekarang silahkan nyalakan menu Tebalkan Teks dan Tambah Kontras



#3 : Terakhir silahkan lihat hasilnya.


Cara Memperbesar / Memperkecil Ukuran Teks di iPhone & iPad

#1 : Masuk ke menu yang sama seperti diatas yaitu, Akesibilitas > Layar & Ukuran Teks ( bisa juga melalui Pengaturan > Tampilan & Kecerahan )

#2 : Setelah itu tap menu Perbesar Teks


#3 : Selanjutnya nyalakam menu Ukuran yang Lebih Besar lalu seret icon bula di bagian bawah ke arah kiri untuk memperkecil atau arah kanan untuk memperbesar ukuran teks tulisan


Bagaimana gampang kan? selain itu apabila iPhone atau iPad tersebut digunakan untuk membaca dalam jangka waktu yang lama, disarankan untuk menyalakan fitur layar True Tone, caranya? masuk ke Pengaturan > Tampilan & Kecerahan setelah itu nyalakan fitur True Tone, apabila tidak ada berarti perangkat kalian tidak mendukung fitur True Tone.

Selanjutnya kalian bisa menggunakan fitur Kecerahan Otomatis agar iPhone dapat menyesuaikan kecerahan tergantung situasi lingkungan sekitar. Yang mana hal ini akan membantu mata agar tidak mudah lelah, caranya? masuk ke menu Pengaturan > Aksesibilitas > Layar & Ukuran Teks > Kecerahan Otomatis.

Baik sekian informasi cara mempertebal atau membesar teks tulisan di iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditayakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.