Cara Mematikan Aplikasi Latar Belakang di iPhone & iPad

Bagi pengguna iOS iPhone dan iPadOS iPad yang merasakan daya tahan baterainya sedikit menurun, ada kemungkinan penyebabnya datang aplikasi terutama aplikasi sosial media, yang seringkali berjalan sendiri dilatar belakang tanpa kalian sadari, sehingga berdampak pada menurunnya daya tahan baterai.


Tetapi tidak perlu khawatir, kalian bisa menggunakan cara-cara di bawah berikut untuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Namun perlu diketahui juga bahwa apabila aplikasi dinonaktifkan dilatar belakang ada kemungkinan aplikasi tidak dapat mengambil data dan mengirim informasi terbaru. Hal ini cocok diterapkan pada aplikasi yang memang jarang kalian gunakan.


Baik kalau begitu langsung saja berikut caranya :

Nonaktifkan fitur Segarkan App di Latar

Fitur " Segarkan App di Latar " berfungsi agar aplikasi dapat menyegarkan, mengambil dan memberikan infromasi kepada kalian secara terus menerus dilatar belakang. Untuk menonaktifkan fitur ini kalian bisa mengikuti cara berikut.

#1 : Masuk ke aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian pilih Umum > Segarkan App di Latar 

#3 : Sekarang kalian bisa melihat daftar aplikasi yang bisa berjalan dilatar belakang

#4 : Selanjutnya silahkan nonaktifkan aplikasi yang kalian inginkan agar tidak dapat berjalan dilatar belakang


#5 : Atau kalian bisa menonaktifkan semuanya melalui menu Segarkan App di Latar lagi kemudian pilih Mati


Jika sudah sekarang aplikasi-aplikasi tersebut tidak akan lagi berjalan dilatar belakang.

Nonaktifkan Fetch Data Email

Apabila kalian menggunakan email melalui aplikasi Mail bawaan iPhone, sebaiknya pertimbangkan untuk menonaktifkan fitur Fetch Data Baru. Sebab fitur yang berfungsi agar iPhone terus-menerus mengambil data email terbaru, dapat menguras baterai yang cukup terasa. Untuk menonaktifkan fitur tersebut silahkan ikuti caranya berikut ini.

#1 : Masuk ke aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Kata Sandi & Akun

#3 : Jika sudah pilih menu Fetch Data Baru

#4 : Yang terakhir matikan menu PUSH, ubah menu fetch menjadi Secara Manual dan yang terakhir pada masing-masing akun pilih semuanya menjadi Manual contohnya bisa kalian lihat gambar berikut


Nonaktifkan Update Aplikasi Otomatis App Store

Secara bawaan iPhone akan mengupdate aplikasi apabila tersedia pembaruan secara otomatis, untuk menonaktifkan fitur ini kalian bisa menggunakan cara berikut.

#1 : Masuk ke aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian pilih menu iTunes & App Store

#3 : Lalu matikan semua menu Musik, App, Buku & Buku Audio dan Pembaruan Aplikasi


Nonaktifkan Backup Data Otomatis

iPhone akan membackup data-data kalian secara otomatis ke layanan iCloud dalam kondisi tertentu, untuk menonaktifkan fitur ini kalian bisa mengikuti cara berikut.

#1 : Masuk ke aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian tap akun iCloud kalian

#3 : Jika sudah pilih lagi menu iCloud

#4 : Setelah itu pilih dan matikan menu Cadangan iCloud


#5 : Apabila kalian tidak ingin membackup foto secara otomatis kalian bisa memilih menu Foto kemudian matikan menu Foto iCloud


Nonaktifkan Notifikasi Aplikasi

Selanjutnya kalian bisa menonaktifkan notifikasi aplikasi yang tidak diinginkan, dengan begitu aplikasi tersebut tidak akan berjalan dan mengirimkan kalian notifikasi. Caranya?

#1 : Masuk ke aplikasi Pengaturan

#2 : Kemudian masuk ke menu Pemberitahuan

#3 : Sekarang cari aplikasi yang inign kalian nonaktifkan notifikasinya

#4 : Kemudian matikan menu Izinkan Pemberitahuan


Jika sudah sekarang aplikasi yang sudah kalian nonaktifkan notifikasinya tadi tentu saja tidak akan mengirimkan notifikasi lagi.

Gunakan Mode Daya Rendah

Mode Daya Rendah berfungsi untuk menghemat penggunaan baterai pada iPhone dan iPad kalian. Mode Daya Rendah bekerja dengan cara mematikan proses-proses tidak penting dilatar belakang, menonaktifkan download atau backup otomatis dan mengurangi penggunaan performa iPhone. Untuk mengaktifkan Mode Daya Rendah bisa dilakukan dengan dua cara.

Cara #1 : Buka aplikasi Pegaturan > Baterai > Mode Daya Rendah

Cara #2 : Buka Pusat Kontrol kemudian tap icon baterai


Kesimpulan...

Salah satu aplikasi yang paling boros dalam menggunakan baterai adalah aplikasi sosial media dan juga chatting. Menghapus aplikasi tersebut apalagi yang sudah tidak digunakan adalah salah satu hal baik yang dapat membantu baterai pada iPhone agar lebih tahan lama.

Selain itu perhatikan juga kesehatan baterai pada iPhone kalian dan rutin-rutinlah mengupdate aplikasi melalui App Store dan juga mengupdate iOS kalian ke versi terbaru.


Baik sekian informasi cara mematikan aplikasi atau proses latar belakang di iPhone, iPad dan iPod touch. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.