Cara Simple Membersihkan RAM pada iPhone, iPad dan iPod

RAM atau Random Access Memory adalah komponen yang digunakan untuk menampung data sementara yang akan diproses nantinya, RAM sangat berperan penting dalam menampung jalannya aplikasi apalagi jika digunakan untuk bermain games.


Beruntung, di iPhone, iPad dan iPod kalian tidak perlu pusing-pusing memikirkan soal manajemen RAM, misalnya saja harus rajin dibersihkan, dikosongkan ataupun dikurangi penggunaannya. iOS / iPadOS yang ada pada iPhone, iPod dan iPad sendiri sudah dirancang sedemikian rupa optimalnya oleh Apple, sehingga apapun aplikasi dan games yang kalian jalankan tidak akan terasa lemot karena manajemen RAM canggih yang dilakukan secara otomatis oleh iOS tergantung kebutuhan kalian.

Walaupun tidak ada aplikasi khusus yang disediakan untuk membersihkan RAM pada iPhone ( karena memang tidak bisa dan tidak diizinkan ) ternyata ada trik khusus yang berfungsi untuk membersihkan RAM pada iPhone, iPad dan iPod. Triknya sangatlah sederhana, kalau begitu langsung saja berikut caranya.

Cara Mudah Membersihkan RAM pada iPhone, iPod dan iPad

Untuk iPhone dan iPod dengan tombol Home seperti iPhone 4, 4S, 5S, 6, 7 atau 8

> Tekan dan Tahan tombol Power ( lock ) hingga muncul peringatan untuk menonaktifkan iPhone, setelah itu silahkan tap Batalkan, dan RAM pada iPhone kalian secara otomatis sudah dibersihkan

Untuk iPhone tanpa tombol Home seperti iPhone X, XR, XS, 11, 11 Pro Max

> Tekan dan Tahan tombol Volume Atas bersamaan dengan tombol Power ( lock ) hingga muncul peringatan untuk menonaktifkan iPhone, jika sudah tap menu Batalkan dan secara otomatis RAM pada iPhone kalian sudah dibersihkan.


Proses pembersihkan RAM dengan metode ini akan membuat iPhone meminta kembali akses password kalian, jadi silahkan masukkan password pada iPhone kalian untuk mengaktifkan kembali fungsi Touch ID / Face ID.


Bagaimana gampang kan? oh ya sebenarnya cara membersihkan RAM ini aslinya bukan ditujukan untuk membersihkan RAM, namun untuk mengunci iPhone kita secara otomatis ( mengharuskan memasukkan kembali password ) apabila ada seseorang yang ingin mencoba mengakses iPhone kalian secara paksa, jadi apabila kalian mengalami hal tersebut cara diatas dapat kalian terapkan untuk menyelamatkan privasi kalian, keren kan?

Baik sekian informasi cara membersihkan RAM pada iPhone, iPod dan iPad, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan silahkan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih! :)