Apakah Layar LCD iPhone 6, 6 Plus, 6S, 6S Plus, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus Sama Dan Dapat Ditukar?

iPhone 6, iPhone 6S, iPhone 7 dan iPhone 8 menggunakan ukuran layar yang sama yaitu 4,7 inci sedangkan untuk seri besarnya iPhone 6 Plus, iPhone 6S Plus, iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus memiliki ukuran yang sama juga yaitu 5,5 inci. Namun apakah model-model layar tersebut dapat digunakan satu dengan yang lain?


Sayang sekali jawabannya TIDAK BISA, beberapa model layar dari iPhone tersebut memiliki perbedaan dari segi konektor, kabel ribbon / fleksibel, tombol home button hingga perbedaan housing ( tata letak layar ). Sehingga membuat penempatan dan penyambungan dari layar ke dalam mesin iPhone tidak dapat dilakukan.

Dalam beberapa kasus contohnya saja layar yang digunakan oleh iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus memiliki teknologi 3D Touch yang berfungsi sebagai sensor tekanan pada layar dan memiliki konektornya sendiri. Walaupun sama-sama mendukung 3D Touch tetap saja semuanya tidak dapat digunakan satu sama lain, karena disetiap perilisan Apple selalu mengubah tata letak dan konektor pada layar mengikuti fitur yang dibawa iPhone tersebut.

Namun apabila kalian perhatikan layar yang digunakan khusus untuk iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPhone 8, iPhone 8 Plus memiliki kemiripan yang hampir sama begitu juga dengan konektornya. Walaupun berhasil dipasang tetapi hasilnya tidak akan berujung bahagia, menurut beberapa pengalaman orang yang sudah mencobanya mengganti layar LCD iPhone 7 / Plus dengan iPhone 8 / Plus ataupun sebaliknya menghasilkan Stuck di logo Apple, mungkin karena iPhone 8 / 8 Plus mendukung fitur True Tone? entahlah.. contohnya bisa kalian lihat pada video berikut :


Kesimpulannya...

Jadi inti dan kesimpulannya, kalian tidak dapat menggunakan, mengganti, memasang atau menukar layar iPhone 6, iPhone 6S, iPhone 7 dan iPhone 8 satu sama lain begitu juga dengan seri iPhone 6 Plus, iPhone 6S Plus, iPhone 7 Plus dan iPhone 8 Plus.

Apabila kalian ingin mengganti layar LCD iPhone kalian yang rusak sangat disarankan untuk menggantinya dengan part original yang khusus untuk model iPhone tersebut, setidaknya apabila tidak original yang penting harus sama dan dikhususkan untuk iPhone yang ingin diganti layar. Hal serupa sebelumnya juga pernah saya posting yaitu perbedaan diantara layar iPhone 5, iPhone 5C dan iPhone 5S apakah bisa dipakai satu sama lain, dan hasilnya pun sama yaitu Tidak Bisa.

Baik sekian informasi perbedaan, persamaan dan pencocokan layar iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, apabila ada informasi yang masih kurang jelas dan ingin ditanyakan silakan tinggalkan pada kolom komentar dibawah, Terima Kasih!