Cara Mengatasi Checkra1n Linux Stuck di Right before trigger

Checkra1n merupakan salah satu aplikasi Jailbreak paling fenomenal berkat eksploit Checkm8 yang dirilis oleh axi0mX. Kenapa fenomenal? karena seperti yang kita ketahui checkra1n dapat melakukan jailbreak semi-tethered seumur hidup disemua versi iOS pada iPhone 5S hingga iPhone X.


Namun kadangkala proses jailbreak tidak berjalan sesuai harapan, begitu juga dengan Checkra1n. Banyak pengguna yang mengeluhkan bahwa saat proses jailbreak berlangsung mereka stuck / tersangkut pada proses " Right berfore trigger (this is the real bug setup ) ", hal ini terjadi khususnya bagi pengguna yang menjalankan checkra1n melalui sistem operasi Linux.


Ya, admin pun diawal pertama kali mencoba mendapatkan pesan seperti diatas, sudah coba mematikan password iPhone, logout iCloud, mengotak-atik pengaturan bios, mencoba beberapa distro linux lainnya namun tetap nihil.

Tetapi tidak perlu khawatir, admin mendapatkan cara memperbaiki masalah tersebut dengan sangat mudah. Cara ini admin dapatkan dari salah satu YouTuber ( link videonya ada dibagian paling bawah ). Nah kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut untuk memperbaiki Checkra1n Stuck di Right before trigger.

#1 : Silahkan buka aplikasi Terminal ( tutup dulu checkra1n apabila masih terbuka )

#2 : Kemudian masukkan perintah berikut kemudian tekan Enter dan tunggu hingga prosesnya selesai

sudo apt-get remove checkra1n


#3 : Jika sudah selesai masukkan lagi perintah berikut kemudian tekan Enter dan tunggu hingga prosesnya selesai

sudo apt-get install libirecovery3


#4 : Jika sudah masukkan kembali perintah berikut kemudian tekan Enter dan tunggu hingga prosesnya selesai

sudo apt-get install checkra1n


#5 : Apabila diminta untuk mengkonfirmasi ( do you want to continue? [Y/n] ) masukkan huruf y kemudian tekan Enter dan tunggu hingga prosesnya selesai


#6 : Apabila sudah selesai silahkan buka menu aplikasi di Linux kalian ( pojok kiri bawah ) kemudian cari dan buka aplikasi Checkra1n yang terinstall


#7 : Setelah aplikasi Checkra1n terbuka silahkan lakukan jailbreak seperti biasa dan lihat hasilnya :)


Oh ya, jangan lupa apabila kalian menggunakan versi iOS yang belum secara resmi disupport oleh Checkra1n, silahkan masuk dulu ke Options kemudian nyalakan Allow untested iOS/iPadOS/tvOS versions agar dapat melanjutkan ke tahap jailbreak selanjutnya.

Baik sekian informasi cara mengatasi Checkra1n di Linux yang stuck di Right berfore trigger (this is the real bug setup ). Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silahkan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih & good luck!