Apa Penyebab Layar iPhone Renggang?

Tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan bahwa layar di iPhone mereka renggang atau tidak rapat, yakni terdapat celah antara layar dan bodi samping/rangka iPhone.

Lalu apa saja sih yang menyebabkan layar iPhone bisa renggang dan bagaimana solusi mengatasinya?

Penyebab Layar Renggang


1. Terjatuh/Terbentur

Ya, benturan yang keras adalah salah satu faktor yang dapat membuat layar iPhone keluar dari posisi aslinya.

Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan pembongkaran atau melepas bagian layar secara hati-hati dan memasangnya kembali.

2. Sudah Pernah Dibongkar

Membeli iPhone dalam keadaan bekas/second? kemungkinan besar iPhone tersebut sudah pernah dibongkar/servis sebelumnya, dan pemasangan yang dilakukan terindikasi kurang rapih atau tidak menggunakan lem adhesive sehingga menyebabkan renggang pada layar.


Hal ini cukup umum ditemukan pada iPhone rekondisi (refurbished) yakni iPhone yang sudah pernah diservis kemudian dijual kembali.

3. Baterai Menggelembung

Baterai iPhone yang telah mengalami kerusakan yang cukup parah dapat menggelembung/membesar sehingga menekan layar keluar dari rangkanya.

Meski begitu kondisi baterai menggelembung sudah sangat jarang terjadi khususnya untuk iPhone keluaran terbaru seperti iPhone 7, 8, X, dan seterusnya. Tak terkecuali baterai pada iPhone tersebut sudah tidak asli bawaannya lagi.

4. iPhone Bengkok

Bodi/Rangka iPhone yang bengkok juga salah satu faktor yang menyebabkan layar renggang. Silakan cek dengan baik apakah iPhone kalian bengkok atau tidak.

5. Housing iPhone Sudah Diganti Sebelumnya

Biasanya rangka iPhone yang mengalami kerusakan parah misalnya bagian kaca retak atau bengkok diperbaiki dengan mengganti rangka alias housing iPhone tersebut.

Menggunakan housing/rangka pengganti berkualitas rendah atau dapat disebabkan juga oleh kurang rapihnya pemasangan, dapat menyebabkan kerenggangan antara layar dan rangka iPhone.

Solusi Mengatasi Layar iPhone Renggang


Untuk mengatasi layar iPhone yang renggang perlu diketahui terlebih dahulu penyebabnya.

  • Apabila disebabkan oleh benturan (terjatuh) maka solusinya adalah dengan mencoba melepaskan bagian layar kemudian memasangnya kembali.
  • Apabila disebabkan oleh pembongkaran atau pemasangan yang kurang rapih, kalian dapat mencoba membongkar dan memasangnya kembali dan yang paling penting jangan lupa gunakan adhesive tape untuk merekatkan bagian layar dengan rangka iPhone.
  • Apabila disebabkan oleh baterai yang membesar sehingga menekan layar solusinya tentu saja dengan mengganti baterai dengan yang baru.
  • Apabila disebabkan oleh iPhone yang ternyata dalam posisi bengkok, hal ini agak cukup sulit untuk diperbaiki karena berisiko merusak komponen yang ada di dalamnya, jadi silakan bawa ke ahlinya untuk dicarikan solusi.
  • Apabila disebabkan oleh penggantian rangka maka kalian dapat mencoba sama seperti solusi kedua di atas.


Penutup...

Bagi yang tidak mau repot memperbaiki layar iPhone yang didapati renggang, kalian dapat mengakalinya dengan menggunakan case yang bisa menutup atau menekan sisi-sisi bagian layar dengan rangkanya.

Selama iPhone dapat berfungsi dengan normal sepertinya tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi yang baterainya menggelembung/membesar ya. Jangan memaksakan menekan layar sebab dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut atau bahkan baterai menjadi korsleting sehingga terbakar.