Cara Mengaktifkan Suara Hujan di iPhone

Melalui update iOS 15 yang lalu Apple menghadirkan fitur baru yakni Bunyi Latar Belakang atau Background Sounds untuk pengguna iPhone, iPad, dan iPod touch.

Fitur ini akan memutar simulasi suara seperti Suara Hujan di latar belakang seperti layaknya sedang hujan sungguhan, sehingga dapat membantu pengguna lebih fokus atau tenang saat sedang mengerjakan sesuatu misalnya belajar, hingga membantu lebih nyenyak ketika akan berisitirahat.


Bagi yang penasaran langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengaktifkan Suara Hujan di iPhone.

Cara Mengaktifkan Suara Hujan di iPhone

Cara ini membutuhkan setidaknya iPhone, iPad, atau iPod touch dengan iOS/iPadOS 15 dan lebih baru.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Audio/Visual > Bunyi Latar Belakang


3. Selanjutnya aktifkan menu Bunyi Latar Belakang (Background Sounds) kemudian tap pada menu Bunyi lalu pilih menu Hujan


4. Sekarang bunyi latar belakang layaknya simulasi suara sedang Hujan secara otomatis akan diputar

Sebagai catatan, biasanya beberapa menu bunyi perlu didownload lagi (hanya sekali saja) jadi untuk berjaga-jaga saja jangan lupa siapkan koneksi internet.

Untuk mengatur kecil/besar suara Hujan tersebut silakan kembali ke menu utama Bunyi Latar Belakang lalu atur/geser menu Volume.

Selain itu kalian juga dapat mengatur Volume suara Hujan ketika kalian sedang memutar media seperti lagu atau video. Caranya silakan aktifkan menu Gunakan Saat Media Diputar lalu atur/geser volume yang diinginkan.

Tambahkan Pintasan di Pusat Kontrol (Control Center)

Nah, agar nanti tidak harus repot-repot masuk ke aplikasi Pengaturan untuk sekedar mengaktifkan/menonaktifkan fitur di atas, kalian dapat menambahkan pintasan di Pusat Kontrol (Control Center) dengan mengikuti cara-cara berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Pusat Kontrol

3. Lalu cari dan tambahkan menu Pendengaran


4. Jika sudah silakan buka Pusat Kontrol lalu tap pada icon Pendengaran (gambar telinga/kuping)


Penutup...

Dengan hadirnya fitur ini bagi kalian yang sebelumnya sering memutar simulasi suara-suara hujan di internet, kini tidak perlu repot-repot lagi.

Jadi, bagaimana menurut kalian, apakah fitur ini cukup membantu istirahat kalian menjadi lebih nyaman atau lebih fokus dan rileks saat bekerja? silakan tinggalkan pendapat kalian melalui kolom komentar di bawah ya.