Skor 3uTools Bisa Diedit dan Dibuat Hijau Lagi

Bagi pengguna iPhone untuk saat ini harap untuk tidak mengandalkan aplikasi 3uTools 100% untuk memastikan apakah iPhone pernah diservis, ganti part/komponen, dll. mengapa? berikut penjelasannya.


Sedikit diawali dengan sedikit cerita. Kembali ke awal-awal tahun 2019 yang lalu di mana blog ini (serta kenhondar.com yang lebih lama lagi namun sudah tidak aktif). Mungkin adalah salah satu blog yang mempopulerkan penggunaan aplikasi 3uTools untuk melakukan pengecekan apakah iPhone pernah dibongkar, service, ganti part, dll. (di sini artikelnya: Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service).

Sayangnya, seiring dengan semakin populer dan dipercayanya aplikasi 3uTools, kini skor 3uTools dapat dimanipulasi agar seolah-olah menampilkan hasil bahwa iPhone tidak pernah diservis/ganti part, alias jadi hijau atau skor jadi 100 lagi.


Skor 3uTools Tidak Dapat Dipercaya 100%

3uTools sendiri menentukan apakah komponen pada iPhone masih asli atau tidak, dengan cara mencocokan informasi nomor seri komponen yang tersimpan secara permanen pada iPhone dengan nomor seri komponen yang terbaca saat dicek.

Apabila cocok, pertanda komponen masih asli bawaan iPhone tersebut dan 3uTools akan menampilkan status Normal (berwarna Hijau). Tetapi jika nomor seri tidak cocok maka 3uTools akan menampilkan status ...may be changed (berwarna merah).

Berikut contohnya, melalui gambar di bawah ini kalian bisa melihat bahwa komponen baterai pada iPhone tersebut sudah tidak asli lagi karena nomor seri yang terbaca sudah berbeda.


Hasilnya 3uTools akan mengurangi juga Testing Skor menjadi 95 saja. Semakin banyak komponen yang diganti, rusak, atau mengalami masalah akan semakin rendah juga skornya.

Skor 3uTools Bisa Diedit dan Dibuat Hijau Lagi!

Sebelumnya Admin sudah pernah membahas bahwa ada alat khusus yang digunakan untuk memanipulasi skor 3uTools ini, selengkapnya bisa kalian baca melalui artikel berikut: Hati-Hati Skor 3uTools Bisa Diubah Dengan Mudah

Update! Battery Health iPhone serta komponen lainnya bisa dimodifikasi/palsukan datanya melalui alat khusus, sehingga terlihat dan berfungsi layaknya seperti masih asli bawaan iPhone tersebut. Selengkapnya: Battery Health iPhone Bisa Dipalsukan, Ini Rahasianya

Nah, selain menggunakan alat khusus yang mungkin agak merepotkan, salah satu trik umum yang dicurigai digunakan untuk memanipulasi skor 3uTools adalah dengan mengedit atau mengubah nomor seri komponen pengganti agar sama dengan nomor seri pada komponen bawaan iPhone.

Hal ini membuat 3uTools mengira bahwa komponen pengganti tersebut masih asli bawaan pabrik iPhone dan memberikan skor normal atau hijau.

Berikut adalah salah satu contoh produk baterai yang Admin temukan yang ternyata bisa request modifikasi nomor seri lho.. hehe :)



Ciri-Ciri iPhone yang Diedit Skor 3uTools atau Dibuat Hijau Lagi

Agak sulit untuk mengetahui apakah skor 3uTools telah dimanipulasi, namun komponen baterai dan layar dapat menjadi indikator utamanya.

1. Cek Baterai

Salah satu contoh paling mudah untuk mengetahui iPhone Second yang skor 3uToolsnya terindikasi sudah tidak akurat, bisa dilihat dengan mudah melalui komponen baterai.

Caranya cek jumlah pengisian daya atau "Charge Times" yang ditampilkan oleh aplikasi 3uTools (klik Details pada menu Battery Life).


Aneh bukan jika iPhone Second/Bekas pakai memiliki charge times yang rendah misalnya hanya 1 hingga 10 kali dicharge saja?

Untuk kasus pada iPhone yang pernah Admin beli, Battery Health turun dari 100% ke 93% dalam waktu kurang dari 2 minggu, padahal baru dicharge sebanyak kurang lebih 10x. Ini buktinya:


Jadi untuk gejala seperti yang iPhone Admin alami, ada kemungkinan yang sangat besar bahwa baterai iPhone tersebut sudah diganti serta diikuti dengan modifikasi nomor seri.

Oh ya, satu lagi, karena sebenarnya iPhone tidak dapat membaca Battery Health pada baterai pengganti yang tidak resmi dari Apple, dengan melakukan modifikasi nomor seri pada baterai pengganti agar sama dengan nomor seri baterai bawaan, mungkin iPhone jadi bisa membaca Battery Health pada baterai pengganti tersebut.

Tetapi meskipun iPhone dapat membaca kesehatan baterai namun karena komponen pengganti dicurigai tidak resmi dari Apple, maka ada kemungkinan besar iPhone tidak dapat membaca Battery Health dengan benar/optimal.

2. Cek Layar

Khusus untuk iPhone 8, X, XR, XS, atau lebih baru sudah mendukung fitur True Tone yang dapat dicek melalui aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.

Namun, apabila menu atau fitur True Tone ini tidak tersedia ada kemungkinan besar komponen layar pada iPhone sudah pernah diganti sebelumnya.

Selain itu iPhone dengan Face ID seperti X, XR, XS, dan lainnya yang sudah pernah diganti ke layar secara tidak resmi dari Apple, akan menonaktifkan Fungsi Face ID.

3. Komponen Lainnya

Untuk komponen lainnya seperti Kamera, Charging Port, dan lain sebagainya, memang agak sulit diketahui tanpa melihatnya indikasinya secara langsung. Terutama bagi yang sebelumnya belum pernah menggunakan iPhone atau tidak ada iPhone serupa sebagai pembanding.

Penutup...

Pada intinya untuk saat ini khususnya bagi yang ingin membeli iPhone Second, jangan percaya skor 3uTools 100% lagi, sebab skor 3uTools dapat diedit dan dibuat hijau dengan sangat mudah alias dimanipulasi.

Oke, itu saja informasi singkat yang dapat Admin bagikan. Semoga postingan ini dapat membantu kalian yang ingin membeli iPhone Second. Jika masih ragu, kalian dapat mempertimbangkan membeli iPhone dalam kondisi benar-benar baru dan memiliki garansi resmi dari Apple.