Home Screen iPhone 6+, 6S+, 7+, dan 8+ Tidak Bisa Miring/Landscape?

iPhone 6 Plus, iPhone 6S Plus, iPhone 7 Plus, dan iPhone 8 Plus adalah daftar iPhone yang bisa mengubah tampilan Home Screen atau layar utama ke dalam mode Landscape atau miring.


Namun, tidak sedikit laporan dari pengguna bahwa tampilan Home Screen di iPhone seri Plus mereka tiba-tiba tidak bisa miring/landscape. Sebagian melaporkan bahwa hal ini terjadi setelah update ke iOS 14.

Lalu, apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Penyebab dan Cara Mengatasi Home Screen iPhone 6 Plus, 6S Plus, 7 Plus, dan 8 Plus Tidak Bisa Miring/Landscape

1. Nonaktifkan Mode Lock Portrait

Mode Portrait mengunci layar iPhone agar tetap dalam posisi tegak/berdiri. Apabila diaktifkan hal ini akan mencegah Home Screen iPhone untuk dapat miring atau masuk dalam mode Landscape.

Silakan nonaktifkan Mode Portrait ini melalui Pusat Kontrol/Control Center lalu tap pada icon gembok.


2. Pastikan Zoom Tampilan diatur ke Standar

Apabila kalian mengubah tampilan iPhone menjadi Zoom (lebih besar) maka untuk dapat memiringkan layar home screen kalian harus menggunakan tampilan Standar.

Untuk mengatur atau memastikannya silakan cek melalui aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan > Lihat.


3. Hapus Widget di Home Screen

Nah, khusus bagi pengguna iOS 15 atau lebih baru untuk dapat mengubah home screen ke mode miring/landscape, kalian harus menghapus seluruh widget yang ada pada home screen.


Cukup disayangkan namun begitulah syaratnya.

4. Restart iPhone

Selanjutnya coba restart iPhone atau secara sederhana matikan kemudian nyalakan kembali dan lihat hasilnya.

5. Update ke iOS versi Terbaru

Apabila cara-cara di atas tidak membuahkan hasil coba update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Selain itu pertimbangkan juga untuk me-reset pengaturan iPhone apabila dibutuhkan.

Penutup...

Bagaimana apakah sudah berhasil? Admin harap dan seharusnya begitu ya..

Namun, perlu diingat lagi bahwa home screen yang bisa dimiringkan hanya untuk saat ini hanya dapat dilakukan di iPhone seri Plus seperti iPhone 6 Plus, iPhone 6S Plus, iPhone 7 Plus, dan iPhone 8 Plus.

Jadi untuk iPhone lainnya, cara ini tentu tidak bisa diterapkan karena Home Screen di iPhone kalian memang tidak bisa masuk dalam mode miring/landscape.