Berapa Battery Health iPhone Second yang Wajar dan Layak Dibeli?

Sebelum membeli iPhone Second (bekas/pre-loved) penting untuk memperhatikan kondisi layar, kamera, jaringan, serta fungsi lainnya pada iPhone tersebut, apakah berjalan normal atau tidak.


Namun, ada satu hal yang tidak kalah penting dan seringkali diabaikan oleh banyak pengguna, yaitu Kesehatan Baterai atau Battery Health (BH).

Apa itu Battery Health iPhone?

Battery Health (disingkat BH) atau Kesehatan Baterai merupakan fitur pada iPhone yang digunakan untuk memantau dan mengawasi kesehatan komponen Baterai.

Salah satu indikator penting dari BH iPhone adalah "Kapasitas Maksimum" baterai. Semakin rendah Kapasitas Maksimum baterai berarti semakin rendah juga daya tampung baterai tersebut, dalam arti sudah mengalami penurunan dari kapasitas asli yang dapat ditampungnya.


Apabila sudah turun cukup jauh (drastis) iPhone akan mengalami sejumlah masalah, contohnya sulit dicharge, cepat panas, daya baterai yang turun tiba-tiba, ngelag, dan lain sebagainya.

Berapa Battery Health iPhone Second yang Wajar dan Layak Dibeli?

iPhone dalam kondisi baru memiliki Battery Health sebesar 100%, sedangkan iPhone second tergantung seberapa lama iPhone tersebut digunakan dan perawatan yang dilakukan oleh pengguna sebelumnya.

Nah, bagi yang ingin membeli iPhone second terutama apabila akan digunakan sebagai hp utama dalam jangka waktu yang lama, disarankan untuk mencari setidaknya iPhone dengan Battery Health di atas 90% atau alangkah baiknya jika di atas 95%.

Ingat, 80% adalah batas minimal di mana baterai akan mulai kehilangan kemampuannya secara signifikan sehingga dapat menyebabkan beragam masalah.


Mengapa Battery Health Bisa Menurun?

Seiring dengan bertambahnya umur kimia pada baterai lithium-ion yang digunakan oleh iPhone maupun banyak smartphone lainnya, kemampuan baterai dalam menyimpan daya akan berkurang dan hal ini sudah menjadi sifat mutlak dari baterai itu sendiri.

Secara sederhana tidak ada cara yang dapat dilakukan untuk mencegah agar BH iPhone tidak menurun, bahkan ketika iPhone tidak digunakan sama sekali BH iPhone akan tetap menurun secara perlahan-lahan.

Tetapi tidak perlu khawatir dalam penggunaan normal BH iPhone dapat menurun dalam jangka waktu yang sangat lama sebelum perlu diganti, yakni berkisar antara 2 hingga 3 tahun.

Waktu tersebut mungkin akan bervariasi tergantung lama penggunaan, generasi iPhone (semakin baru semakin awet), serta kapasitas baterai (semakin besar semakin awet).


Tips Agar Battery Health iPhone Tidak Cepat Turun


Penurunannya memang tidak bisa dicegah namun kita bisa mengusahakan agar BH iPhone tidak turun cepat selama digunakan.

Apabila diterapkan dengan benar tips-tips di bawah ini dapat secara signifikan mengurangi laju penurunan Battery Health hingga 2x lipat lho..

1. Terapkan Pengisian Daya 20-80

Tidak jarang kita memang sengaja membiarkan hp dicharge terus agar tetap bertahan di angka 100% supaya dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama nantinya.

Padahal tahukan kalian bahwa saat daya yang ditampung baterai tersebut tergolong tinggi sebut saja antara 90%-100% baterai akan sangat terbebani, jika dibiarkan terus-menerus hal ini dapat secara signifikan mengurangi BH iPhone.

Sebaliknya juga, membiarkan daya baterai bertahan di angka yang sangat rendah misalnya 5%-15% atau bahkan hingga mati karena baterai kosong, dapat secara signifikan mengurangi BH iPhone.

Nah, untuk mengatasinya silakan terapkan pengisian daya 20-80, yakni isi daya iPhone maksimal hingga 80% saja dan segera charge apabila menyentuh angka 20%.

Mungkin memang tidak perlu sering-sering diterapkan namun apabila memungkinkan cara-cara ini sudah terbukti sangat ampuh dalam menjaga BH iPhone agar tetap awet.

Bahkan Apple sendiri melalui fitur "Pengisian Daya Optimal" membatasi iPhone mengisi daya hingga 80% saja di waktu-waktu tertentu, dengan tujuan agar baterai tidak berada di angka yang tinggi dalam jangka waktu yang lama. Selengkapnya: Fungsi dan Cara Kerja Fitur Pengisian Daya Optimal pada iPhone

2. Hindari Panas Berlebih

Panas berlebih juga dapat menyebabkan BH iPhone turun secara signifikan, untuk menguranginya silakan ikuti beberapa tips berikut:

  • Kurangi kecerahan layar
  • Hindari menggunakan iPhone secara berlebihan ketika sedang dicharge
  • Gunakan iPhone di tempat yang sejuk terutama saat digunakan untuk tugas berat seperti bermain game
  • Jangan taruh iPhone di bawah sinar matahari atau dekat sumber yang dapat memancarkan panas
  • Hindari juga terlalu sering menggunakan Fast Charging atau Wireless Charging
  • Lepas case iPhone apabila terasa panas ketika dicharge

3. Gunakan Mode Daya Rendah

Untuk menghemat penggunaan baterai dengan harapan agar iPhone tidak sering-sering dicharge serta meredam panas berlebih, kalian dapat mengaktifkan Mode Daya Rendah.

Meski begitu perlu diketahui bahwa Mode Daya Rendah akan menonaktifkan proses download dan backup otomatis, mengurangi kecerahan layar, mengurangi performa maksimal, dan proses-proses latar belakang lainnya yang berpotensi menguras daya baterai.

Disarankan untuk mengaktifkan mode ini ketika sedang bepergian dan jauh dari sumber pengisian daya saja.

4. Hapus Aplikasi yang Tidak Lagi Digunakan

Hapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan lagi yang berpotensi berjalan di latar belakang sehingga membuat baterai menjadi lebih cepat habis.

5. Gunakan Charger yang Asli dan Berkualitas

Untuk memastikan daya yang dialirkan sesuai dan aman, selalu gunakan charger yang berkualitas atau asli. Hal ini juga berlaku untuk Power Bank.

Penutup

Pada intinya karena faktor-faktor yang sudah Admin jelaskan di atas tadi, 90% adalah batas minimal Battery Health iPhone yang baik untuk penggunaan jangka panjang, beruntung jika mendapatkan 95% atau lebih tinggi.

Namun apabila pada akhirnya BH iPhone telah mencapai 80% disarankan untuk segera mengganti baterai iPhone tersebut ke authorized service center Apple di Indonesia atau jasa perbaikan profesional lainnya yang sudah terpercaya.