Fungsi dan Cara Kerja Fitur Pengisian Daya Optimal pada iPhone

Pengoptimalan Daya iPhone atau Optimized Battery Charging adalah salah satu fitur pada iPhone yang berfungsi untuk membatasi pengisian daya hingga ke angka 80% saja sebelum iPhone perlu digunakan lagi. Tujuannya untuk memperpanjang usia dan menjaga kesehatan baterai iPhone agar tetap sehat.


Pengisian Daya Optimal Tidak Bekerja

Disamping itu banyak pengguna iPhone yang melaporkan bahwa fitur ini tidak bekerja dan iPhone mereka tetap mengisi daya hingga ke angka maksimal 100%.

Lalu apa penyebabnya? mengapa iPhone tidak langsung membatasi pengisian daya ke 80% saja?

Cara Kerja Pengisian Daya Optimal

Dari keterangan yang didapatkan dari halaman bantuan Apple, bahwa fitur ini ternyata bekerja hanya untuk menunda pengisian baterai dimulai dari angka 80% sampai pada waktu yang telah dipelajari oleh iPhone.

Ini artinya ketika pengisian daya telah mencapai 80%, maka pengisian hingga penuh akan ditunda dan akan kembali dilanjutkan pada waktu sebelum kalian mulai menggunakan iPhone tersebut lagi.

Hal ini untuk mencegah baterai berada pada angka 100% untuk jangka waktu yang lama, apalagi jika kalian sering melakukan pengisian daya pada iPhone semalaman.

Jadi iPhone tidak benar-benar membatasi pengisian pada level 80% saja, namun hanya menunda atau memperlambat saja.

Cara Memastikan Pengisian Daya Optimal Bekerja

Untuk memastikan bahwa fitur Pengisian Daya Optimal ini bekerja dengan baik, kalian perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

#1 : Pastikan Fitur Pengisian Daya Optimal sudah Diaktifkan

Pertama-tama pastikan juga fitur Pengisian Daya Optimal telah diaktifkan, silakan cek melalui aplikasi Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

#2 : Nyalakan fitur Layanan Lokasi terutama untuk Layanan Sistem

iPhone akan mempelajari siklus pengisian daya melalui lokasi yang sering kalian tempati. Hal ini akan membantu iPhone dalam mempertimbangkan untuk mengaktifkan fitur Pengisian Daya Optimal. Silakan pastikan fitur Layanan Lokasi telah diaktifkan melalui Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi.

#3 : Update ke iOS versi Terbaru

Untuk memastikan fitur ini dapat berjalan dengan optimal pastikan juga iPhone kalian selalu menggunakan iOS versi terbaru. Untuk cek dan install update terbaru silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

Mengaktifkan Fitur Pengisian Daya Optimal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa fitur ini tidak dapat diaktifkan dan dijalankan secara manual. iPhone akan mempelajari terlebih dahulu siklus pengisian daya yang kalian lakukan agar tidak merugikan kalian apabila memang sedang membutuhkan daya iPhone 100% dalam waktu yang cepat.

Biasanya faktor yang membuat fitur ini aktif adalah siklus waktu pengisian daya yang telah menjadi kebiasaan selama beberapa hari atau minggu belakangan. Sehingga iPhone dapat memperhitungkan bahwa fitur pengisian daya optimal dapat diaktifkan karena tidak mengganggu apabila pengguna membutuhkan baterai penuh dalam waktu yang dekat.

Kesimpulan

Intinya fitur Pengisian Daya Optimal iPhone tidak benar-benar membatasi pengisian daya pada 80% saja, melainkan hanya menunda kenaikan dimulai dari angka 80%, namun perlahan-lahan tetap mengisi hingga 100% saat sudah berdekatan dengan waktu dimana iPhone akan mulai kembali digunakan.

Tujuannya agar baterai iPhone dapat bertahan selama mungkin pada level 80% yang merupakan level maksimal terbaik untuk baterai lithium ion.

Bagi yang ingin membatasi iPhone mengisi daya hingga ke 80% saja, untuk saat ini tidak ada cara lain selain melakukannya secara manual dengan bantuan aplikasi atau sesekali memeriksa apakah baterai sudah hampir mencapai 80% atau belum.

Nah bagaimana apakah sudah mengetahui mengapa fitur Pengisian Daya Optimal iPhone ternyata tidak bekerja? silakan tinggalkan pendapat kalian soal fitur ini pada kolom komentar di bawah ya.