Cara Mengubah Nama Aplikasi di iPhone dan iPad Sesuai Keinginan

Setelah dirilisnya iOS 14, banyak pengguna iPhone yang mulai mendesain halaman utama (home screen) dengan beragam Widget menarik. Namun tidak hanya terbatas pada Widget saja, beberapa pengguna juga mengubah icon aplikasi dengan gambar sendiri dan mengubah namanya sesuai keinginan.


Jika beberapa waktu yang lalu admin sudah pernah membahas bagaimana cara mengubah icon aplikasi dengan gambar sendiri, pada postingan kali ini admin akan fokus membahas bagaimana cara mengubah nama aplikasi yang ada di iPhone dan iPad sesuka hati kalian.


Tetapi perlu diperhatikan, disini kita tidak benar-benar mengubah nama aplikasi tersebut melainkan hanya membuat pintasannya saja menggunakan aplikasi Pintasan (shortcuts). Selain itu kalian juga perlu menyiapkan gambar icon untuk pintasan tersebut karena saat Pintasan dibuat secara otomatis tidak ikut menyertakan icon asli aplikasi.

Intinya kalian perlu menyiapkan gambar / icon yang akan digunakan untuk pintasan aplikasi yang akan dibuat. Jika tertarik langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengubah nama aplikasi di iPhone dan iPad sesuai keinginan.

Cara Mengubah Nama Aplikasi di iPhone dan iPad Sesuai Keinginan

Sebelum melanjutkan pastikan kalian telah menyiapkan gambar yang akan dijadikan icon pintasan aplikasi.

#1 : Pertama silakan buka aplikasi Pintasan (shortcuts) kemudian tap icon tanda tambah "+" dipojok kanan atas kemudian pilih menu Tambah Tindakan.


#2 : Selanjutnya tap pada menu Pembuatan Skrip lalu Buka App


#3 : Lalu tap pada menu Pilih kemudian cari aplikasi yang akan kalian inginkan


#4 : Apabila sudah silakan tap menu 3 titik yang ada dipojok kanan atas


#5 : Selanjutnya silakan tap menu Tambah ke Layar Utama


#6 : Kemudian tap pada kolom nama seperti yang ditunjukan oleh gambar di bawah untuk mulai mengubah nama pintasan aplikasi


#7 : Jika sudah tap pada icon pintasan lalu tap menu Pilih Foto


#8 : Selanjutnya silakan pilih foto yang akan kalian jadikan icon untuk pintasan aplikasi tersebut

#9 : Jika sudah tap menu Tambah kemudian Selesai


#10 : Terakhir silakan cek di home screen kalian dan lihat hasilnya :)


Bagaimana menurut kalian? supaya lebih keren kalian dapat memindahkan aplikasi asli yang telah dibuatkan pintasan tersebut agar hanya tampil di perpustakaan app saja. Caranya silakan tap dan tahan pada aplikasi yang aslinya, kemudian tap Hapus App lalu pilih lagi Hapus dari Layar Utama. Sekarang aplikasi yang aslinya telah dihapus dari layar utama, dan tentu masih bisa kalian akses melalui Perpustakaan App.

Untuk mengubah nama dan icon aplikasi lainnya kalian cukup mengulangi cara di atas menggunakan pintasan baru.


Jika diperhatikan memang ada kekurangan yang sangat jelas dari cara-cara membuat pintasan di atas, yaitu ketika pintasan dibuka iPhone akan sekelibat menampilkan tampilan aplikasi Pintasan sebelum aplikasi yang dimaksudkan terbuka.

Meski begitu cara ini tetap lebih baik ketimbang harus melakukan jailbreak dan menerima segala kekurangannya.

Baik itu saja cara-cara mengubah nama aplikasi di iPhone dan iPad beserta iconnya, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)