Cara Mengubah Icon Aplikasi di iPhone dengan Foto Sendiri

Bak Android, Sejak dirilisnya iOS 14 kini banyak pengguna iPhone yang mulai mempercantik tampilan layar utama / home screen iPhone mereka. Selain dari Widget yang dapat ditempatkan dimana saja, tidak sedikit juga pengguna iPhone yang mulai mengubah gambar icon aplikasi menjadi foto / gambar yang mereka inginkan (mungkin foto wajah sendiri lebih keren).


Nah bagi kalian yang berniat untuk mengubah icon aplikasi di iPhone menjadi gambar atau foto kalian sendiri (bebas). Pada postingan kali ini admi akan membagikan trik dan cara-caranya.


Namun perlu diperhatikan, cara ini memiliki sedikit kekurangan yaitu icon aplikasi sebenarnya tidak diubah secara langsung melainkan kita hanya membuat pintasan (shortcut) aplikasi tersebut menggunakan aplikasi Pintasan.

Penasaran? langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengubah Icon Aplikasi di iPhone dengan Foto Sendiri

#1 : Siapkan foto atau gambar yang akan dijadikan icon aplikasi, bebas yang mana saja pakai foto sendiri juga boleh biar lebih..*tambahkan sendiri dikolom komentar*

#2 : Jika sudah langsung saja buka aplikasi Pintasan kemudian buat pintasan baru (tap icon tanda '+') lalu pilih lagi menu Tambah Tindakan


#3 : Setelah itu silakan pilih menu Pembuatan Skrip lalu pilih lagi menu Buka App


#4 : Selanjutnya tap pada menu Pilih kemudian silakan pilih ingin mengubah / membuat pintasan untuk aplikasi yang mana


#5 : Apabila sudah tap menu 3 titik di pojok kanan atas


#5 : Jika sudah tap menu Tambah ke Layar Utama 


#6 : Selanjutnya jika ingin mengubah nama aplikasi langsung saja tap pada menu nama aplikasi


#7 : Jika sudah langsung saja tap pada icon pintasan kemudain pilih menu Pilih Foto



#8 : Jika sudah silakan pilih foto yang diinginkan kemudian atur posisinya hingga kalian rasa sudah pas dan langsung saja tap menu Pilih kemudian yang terakhir tap pada menu Tambah


#9 : Terakhir silakan keluar ke halaman utama / home screen iPhone kalian dan lihat hasilnya :)


Bagaimana gampang kan? Sekarang supaya lebih keren silakan pindahkan aplikasi asli yang telah dibuat pintasannya ke perpustakaan app, caranya silakan tap dan tahan pada aplikasi yang asli kemudian pilih Hapus App lalu pilih lagi Hapus dari Layar Utama. Sekarang aplikasi yang aslinya telah dihapus dari layar utama, dan tentu bisa kalian akses melalui Perpustakaan App.

Untuk mengubah icon aplikasi lainnya kalian cukup mengikuti cara-cara di atas kembali :)


Sedikit kekurangan yang mungkin mengganggu dari cara-cara ini, yaitu saat membuka aplikasi sekilas akan terbuka aplikasi Pintasan kemudian baru terbuka aplikasi yang sesungguhnya. Meskipun begitu hal ini tetap dapat menjadi alternatif terbaik tanpa harus melakukan jailbreak.

Baik itu saja cara-cara mengubah icon aplikasi di iPhone dengan foto sendiri, apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)