Cara Respring iPhone Menggunakan Perintah Terminal

Bagi "advanced users" iOS / iPadOS iPhone dan iPad yang sudah menjelajahi dunia Jailbreaking, pasti tidak asing lagi dengan istilah Respring atau Restart SpringBoard. Ya, perintah tersebut seringkali ditemukan setelah selesai menginstall tweak ataupun saat ingin menerapkan pengubahan pada tweak tertentu.


Apa itu Respring?

Respring atau Restart SpringBoard merupakan istilah yang merujuk untuk memulai kembali SpringBoard (SpringBoard.app) pada iOS.

SpringBoard sendiri merupakan proses atau aplikasi yang bertugas untuk mengatur GUI (graphical user interface) pada iOS. Sederhananya tugas dari SpringBoard adalah untuk mengatur segala pengaturan tampilan pada iPhone.

Contohnya saja seperti mengatur tampilan tanda notifikasi pada aplikasi, tampilan saat berpindah aplikasi, tampilan dock, tampilan jam, kalender, widget dan lain sebagainya.

Nah jadi untuk alasan inilah mengapa aplikasi dan tweak jailbreak yang kalian install atau ubah pengaturannya seringkali meminta untuk melakukan Respring.

Cara Respring Menggunakan Perintah Mobile Terminal

Bagi kalian pengguna iPhone yang ingin melakukan Respring secara manual entah ingin menetapkan pengubahan atau apapun itu tanpa perlu menginstall tweak tambahan, pada postingan kali ini admin akan membagikan perintah sederhana yang dapat kalian gunakan pada aplikasi Shell / Terminal seperti NewTerm2 atau Mobile Terminal.

Jika sudah siap langsung saja untuk melakukan Respring kalian cukup memasukan perintah:

sbreload


Kemudian tap Kembali / Enter / Return dan secara otomatis iPhone kalian akan melakukan Respring.

Bagaimana sederhana kan? sebagai tambahan kalian jug dapat menyegarkan icon-icon tanpa melakukan respring hanya dengan memasukan perintah: uicache

Meskipun terkesan sedikit lebih rumit dibandingkan menggunakan menu / perintah dari tweak tertentu, setidaknya Respring menggunakan terminal dapat diandalkan dalam kondisi terdesak entah karena terjadi freeze atau bug tertentu yang menyebabkan tweak tidak bisa berjalan.

Baik itu saja informasi cara melakukan Respring di iPhone menggunakan perintah Terminal. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)