Cara Membuat Beragam Widget dengan Widgetsmith di iPhone iOS 14

Salah satu fitur menarik yang hadir di iOS 14 adalah Widget yang kini dapat ditempakan di halaman utama / home screen iPhone. Namun untuk saat ini Widget-widget yang tersedia sangatlah terbatas, terutama bagi yang ingin mempercantik tampilan halaman utama iPhone dengan beragam kustomisasi unik dan menarik.

Sebagai solusinya kalian dapat menggunakan aplikasi Widgetsmith, yang mana dalam aplikasi tersebut kalian dapat membuat, mengedit, mengkostum, mengubah widget sesuka hati kalian.


Aplikasi Widgetsmith menyedian beragam pilihan yang dapat kalian gunakan untuk membuat Widget, misalnya menjadikan foto sebagai Widget, membuat teks menjadi Widget, cuaca, jam, langkah kaki dari aplikasi kesehatan, mengubah background widget dan masih banyak lagi.

Bagi yang belum tahu bagaimana cara menggunakan aplikasi Widgetsmith, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Membuat Beragam Widget dengan Widgetsmith di iOS 14

#1 : Pertama-tama silakan download terlebih dahulu aplikasi Widgetsmith melalui App Store: Download

#2 : Jika sudah silakan buka aplikasi Widgetsmith lalu pilih dan tap pada ukuran Widget yang diinginkan kemudian tap lagi pada menu Widget yang dipilih tersebut untuk memulai proses edit


#3 : Selanjutnya silakan pilih model, bentuk dan gaya widget yang diinginkan, seperti contoh gambar di bawah admin memilih untuk membuat widget menggunakan teks. Setelah itu apabila tersedia silakan pilih berbagai macam kustomisasi yang diinginkan seperti style, warna, warna background dll.


#4 : Jika sudah selesai silakan tap menu Kembali (nama widget dipojok kiri atas) kemudian tap Save untuk menyimpan


#5 : Untuk menambahkan kreasi Widget lainnya, kalian cukup tap pada menu Add (small/medium/large) Widget kemudian silakan buat kembali kreasi Widget yang diinginkan :)


Menambahkan Widget ke Layar Utama / Home screen

Untuk menambahkan Widget yang sudah kalian buat pada aplikasi Widgetsmith tersebut silakan ikuti cara-cara berikut ini.

#1 : Seperti biasa silakan masuk ke menu untuk menambahkan Widget dengan cara tap dan tahan pada sembarang tempat kemdian tap icon tanda tambah yang muncul dipojok kiri atau kanan atas


#2 : Jika sudah silakan pilih menu Widgetsmith kemudian pilih ukuran Widget sesuai dengan yang tadi sudah kalian buat pada aplikasi Widgetsmith lalu tap Tambah Widget


#3 : Apabila Widget sudah ditambahkan untuk memilih model Widget silakan tap pada Widget tersebut (atau tap dan tahan kemudian pilih Edit Widget) lalu pilih menu Widget


#4 : Sekarang silakan pilih Widget yang akan digunakan :)


#5 : Terakhir silakan lihat hasilnya :)


Bagaimana gampang kan? untuk selanjutnya silakan berkreasi sendiri sesuai keinginan masing-masing :)

Untuk menghapus kreasi Widget pada aplikasi Widgetsmith kalian cukup swipe / usap menu Widget ke arah kiri kemudian pilih Hapus.

Baik itu saja informasi cara menggunakan atau membuat widget teks, foto, cuaca atau apapun itu menggunakan aplikasi Widgetsmith. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)

Cek Juga: