Jailbreak iPhone iOS 14 menggunakan Checkra1n Resmi Dirilis + Cara Jailbreak

Belum seminggu sejak dirilisnya iOS 14 oleh Apple, aplikasi jailbreak Checkra1n secara resmi telah mengumumkan dukungan jailbreaknya untuk iOS 14. Hal ini sekaligus menandakan bahwa aplikasi Checkra1n merupakan aplikasi jailbreak pertama yang menyediakan jailbreak iOS 14 untuk publik.


Nah bagi yang menginginkan jailbreak di iOS 14, tentu saja untuk saat ini kalian dapat menggunakan aplikasi Checkra1n. Namun ada beberapa hal penting yang perlu kalian perhatikan mengenai aplikasi Checkra1n.

Jailbreak Checkra1n Terbatas untuk iPhone Tertentu Saja

Ya, salah satu hal yang mungkin cukup mengecewakan dari aplikasi Checkra1n adalah dukungan jailbreak yang terbatas untuk iPhone tertentu saja. Dan berikut adalah daftar iPhone yang didukung oleh aplikasi jailbreak Checkra1n:

  • iPhone 5S
  • iPhone 6
  • iPhone 6 Plus
  • iPhone 6S
  • iPhone 6S Plus
  • iPhone SE 2016
  • iPhone 7
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone X

Jailbreak checkra1n saat ini hanya terbatas pada perangkat yang menggunakan Chipset Apple A7 hingga Apple A11 (iPhone 5S - iPhone X). Jadi bagi kalian pengguna iPhone Xr, Xs, 11, SE 2020 atau lebih baru tentu aplikasi Checkra1n bukanlah untuk kalian.

Update 09/11/20: Aplikasi Checkra1n belum sepenuhnya mendukung jailbreak iOS 14 - iOS 14.2 untuk iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X (Apple A11), pada aplikasi Checkra1n kalian diharuskan mengatur menu Options > Skip A11 BPR check untuk dapat melakukan jailbreak, namun konsekwensinya akan menghilangkan fungsi Face ID dan Password.

Bersifat Semi-Tethered

Aplikasi jailbreak Checkra1n bersifat Semi-Tethered. Bagi yang belum tahu apa maksudnya, berikut adalah gambaran mengenai sifat Semi-Tethered.

Semi-Tethered menandakan bahwa jailbreak tersebut tidak bersifat permanen, dalam artian iPhone akan kembali ke mode normal (non-jailbreak) ketika perangkat masuk ke dalam keadaan mati termasuk direstart.

Selain itu untuk melakukan jailbreak ulang kalian memerlukan bantuan dari komputer. Namun tidak perlu khawatir seluruh perubahan, tweak, tema atau apapun itu yang telah kalian install selama masih dalam status jailbreak tidak akan hilang sampai iPhone kembali masuk dalam kondisi jailbreak.

Membutuhkan Komputer (Mac & Linux)

Sampai saat postingan ini ditulis aplikasi Checkra1n masih belum tersedia untuk pengguna Windows (rumornya mungkin akan tersedia tahun ini). Jadi bagi kalian yang ingin melakukan jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n, siapkan komputer Mac atau Linux untuk melakukannya.

Sudah Mendukung Penuh Jailbreak iOS 14

Aplikasi Checkra1n kini sudah mendukung penuh jailbreak untuk iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X, iOS 14.0 atau lebih baru.

Cara Jailbreak iOS 14 Menggunakan Aplikasi Checkra1n

Untuk pengguna Mac kalian cukup download dan menjalankan aplikasi Checkra1n kemudian mengikuti instruksi yang ditampilkan, untuk pengguna Linux caranya agak sedikit rumit.

Bagi yang ingin melakukan jailbreak langsung saja ikuti cara-cara lengkapnya pada postingan yang sudah admin buat sebelumnya: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n

Baik itu saja informasi jailbreak iOS 14 menggunakan aplikasi Checra1n yang dapat admin bagikan. Bagi pengguna yang belum kebagian jatah jailbreak (iPhone Xr atau lebih baru), pastikan kalian tidak mengupdate iOS 14.0 kalian ke versi terbaru sampai ada pemberitahuan selanjutnya.